BAB 2 - UNANISASI

13.4K 1.6K 325
                                    

"Hati gua bergejolak melihat cem-ceman sama cewek lain."

—Eugenia Alnira

***

"Sudah mengerti dengan materi yang Bapak ajarkan?"

"Sudah, Pak," sahut anak-anak singkat supaya Bapak Sulaiman atau yang sering dipanggil Pak Sulay cepet pergi dari kelas. Belajar sama beliau enak sih, cuma gitu gak cepet nempel di otak. Kalau ngajar anak-anak belibet banget, muter-muter dan gak ada cara versi mudahnya.

Yang dianugerahin otak cerdas, cemerlang dan cepet nangkep kaya Jevan atau Jiyo mungkin bukan masalah besar. Yang jadi masalah adalah kalau anak-anaknya kaya Una gini. Mau nanya males, kalau nanya juga ujungnya sama tetep gak ngerti juga. Nanya berkali-kali keliatan gobloknya, dong?

Jadi percuma aja, sumpah.

"Kebiasaan si Sulay," dumel Una pas Pak Sulaiman udah keluar dari kelas. "Kalau otak gua pinter sih gak apa-apa. Lah ini nyerep pelajaran aja nggak, udah dikasih ulangan buat besok."

"Lo gak usah ngeluh," kata Yuna selaku temen sebangku, menyemangati. "Besokkan tinggal nyontek, kalem."

"Oh iya, bener juga lo."

"Bener dong," sahut Yuna. "Gua beli permen nih tadi di kantin, mau gak?"

"Lo seharusnya gak usah tanya, ya pasti gua mau." Una nyengir pas Yuna ngeluarin beberapa permen ceri dari dalam saku seragam OSIS. Una ngambil sebiji, terus ngucapin makasih. Abis itu dia pamit ke Yuna karena mau nyamperin CS Kentelnya yang duduk di bangku pojok kanan depan kelas. Siapa lagi kalau bukan Jevan?

Anak-anak bebas berkeliaran, jalan-jalan di dalam kelas asal gak keluar sampai bel istirahat berbunyi. Sisa sepuluh menit lagi, jadi dibanding gabut mendingan Una gangguin Jevan aja.

Una jalan ke meja paling depan, terus dia nekuk lutut dan naro dagunya di meja Jevan dengan kedua tangan terlipat rapi. "Hari ini bawa bekel gak, Jev?"

Jevan yang awalnya lagi ngobrol sama temen sebangkunya, Jimmy, sekarang noleh ke sumber suara. "Ngapa lo nanya-nanya?"

"Ih galak amat, cuma tanya juga," ucap Una sambil cemberut, udahannya dia natap Jimmy yang ngeliatin dia dengan tatapan tanpa ekpresi.

"Lo lagi, lo lagi. Bosen gua liatnya," dumel Jimmy. "Sekali-kali kek gitu yang nyamperin ke sini cecan, lah ini buntelan kentut terus yang gentayangan ke mari."

"Heh, gua ke sini juga nyamperin Jevan ya bukan lo!"

"Ya kan lo lewat depan mata gua, otomatis gua juga lihat lo, dong!" Jimmy gak mau kalah.

"Halah banyak omong, bilang aja kan lo demen sama gua?"

"Idih, pede buluk lo."

"Udah-udah, jangan berteman." Jevan menengahi Una dan Jimmy yang keliatan rukun. "Lagi dong lagi, suka nih gua kalau ada yang gelut."

"Masih gua pantau," ucap Una, senyum satu sudut. "Gua juga bawa lauk nih mulai sekarang, ngikutin lo. Abis kalau makan berdua sama lo mulu kasian takut gak kenyang."

"Ya udah."

"Mama gua bawa lauk lebih, katanya sih suruh bagi dua sama lo. Tapi jangan diambil, ya? Buat gua aja lauknya."

"Serah lo," Malah Jimmy yang nyaut, suka heran sama cewek yang satu itu. Una itu tipikal cewek langka yang bikin bingung harus dilestarikan atau dipunahin aja.

Saat bel istirahat berbunyi, Una kembali ke mejanya untuk membereskan buku dan memasukkannya ke kolong meja, lalu ngambil bekas yang ada di dalam tas.

CS Kentel✔Where stories live. Discover now