BAB 3 - MAKANYA BELAJAR, BURIK!

11.4K 1.5K 227
                                    

"Una tuh anaknya ngeremehin pelajaran banget, kalau ulangan aja kelabakan."

—Jevan Keandra Adiputra

***

Mereka selalu pulang-pergi bareng ke sekolah naik motor ninja merah Jevan yang dikasih nama Juki. Dia sayang banget sama si Juki, soalnya dia beli itu dari hasil nabung sejak SMP.

Keluarga Jevan selalu ngajarin anak-anaknya begitu. Gak Jevan, gak abangnya. Mereka diajarin buat nabung kalau emang mau dapetin sesuatu. Jaman SMP dulu, hematnya Jevan lebih nyerempet ke arah pelit bin medit bin koret. Dia sering puasa karena uangnya buat nabung, paling dikasih uang jajan dipake buat ongkos naik angkot aja. Badannya sampe kurus kering, disenggol dikit sama Una aja langsung letoy. Una jadi sering marah-marah ke Jevan karena dia terlalu maksain diri. Badan udah kaya galah berjalan masih aja jarang makan. Dulu, Una suka bawa susu kotak sama roti dari rumah cuma buat Jevan aja. Kasian liat Jevan pas SMP, sumpah. Udah ceking, item, gak ada ganteng-gantengnya. Beda banget sama pas dia udah masuk SMK sekarang.

Sekarang sih Jevan udah gak pelit lagi, kalau punya banyak uang ... dia suka traktir Una beli jajan di warung Oma yang letaknya ada di belakang sekolah. Tempat itu adalah tempat nongkrong sebagian besar anak-anak SMK 1997 kalau udah balik sekolah.

Karena rumah Una sama Jevan sebrang-sebrangan, jadi Jevan merelakan jok belakang Juki diduduki gadis itu setiap hari. Setiap jam enam lewat lima belas menit, Una harus udah stand by di depan pagar rumah sesuai peraturan Jevan. Beruntungnya meski Una pelor, tapi dia gak pernah bangun kesiangan karena ada Mama Irene yang jadi alarm alaminya tiap hari. Kesiangan dikit auto disiram air segayung nanti. Una juga gak mau membuang kesempatan dan dapat tumpangan gratis, kan lumayan kalau dibonceng Jevan bisa irit ongkos. Kalau naik ojol harus bayar sepuluh ribu, kalau dibonceng Jevan? Uang sepuluh ribunya bisa buat beli siomay di kantin terus dimakan berdua bareng dia.

Mantap.

Kalau pulang sekolah dan ada eskul atau ekstrakurikuler, biasanya mereka main tunggu-tungguan. Misalnya Una lagi eskul dance, Jevan memilih buat belajar di perpus atau nanya pelajaran yang belum terlalu dipahami ke ruang guru. Biasanya dia ngabisin waktu berjam-jam sama Pak Hariadi buat bahas soal pelajaran. Kalau Jevan yang lagi eskul basket atau rapat OSIS, Una milih buat molor di bagian pojok perpus, soalnya di sana AC-nya berasa banget. Biar gak ketahuan tidur di perpus, Una biasa nutupin bagian depan muka pakai buku atlas yang dia ambil di rak deket sana. Lumayan kan bukunya lebar, jadi gak keliatan kalau dibalik buku itu ada seonggok manusia pemalas bernama Eugenia Alnira.

Kalau orang sekolah rata-rata untuk menuntut ilmu, Una sekolah karena 50% cari temen buat bersosialisasi, 30% dapet uang jajan, 20% biar gak gabut aja. Meski dia keliatan sama madesunya sama Jun, salah satu anak cowok bandel di kelas, tapi cita-cita Una mulia. Dia mau nanti kalau udah besar bisa bikin panti asuhan dan sekolah buat anak-anak di pelosok. Hebat, kan?

Dia sebenernya gak suka ikut eskul, tapi gimana, ya? Eskul itu wajib banget karena bakalan jadi nilai tambahan. Gak usah banyak-banyak, minimal ikut satu eskul aja udah bagus. Tadinya Una mau pilih eskul tidur atau eskul menjadi orang kaya tanpa usaha, berhubung gak ada ... yaudah jadi dia ikut-ikutan Yuna. Pas dibagiin kertas eskul, Una ngelirik ke arah Yuna yang ngasih ceklis di sebelah tulisan eskul dance, berhubung Una bingung jadi dia ikutan Yuna aja masuk ke sana. Alasan masuk eskul pun si Una nyontek, mana abis itu dia nyuruh Yuna yang ngumpulin kertas eskul dia.

Untung Yuna sabar ngadepin si temen kucrutnya. Mereka kenal dari SMP, jadi udah temenan deket banget.

Pas pertama kali masuk eskul dance, Una sempet minder dan mau ganti eskul aja. Gila sih pada jago semua, bro. Karena pada dasarnya yang masuk ke sini emang orang yang udah punya basic dance, suka dance, dan banyak anak kpopers. Una ngerti kpop aja enggak, tahunya cuma Lee Min Ho karena muka cowok itu selalu ada di bungkus kopi kesukaan Mama Irene. Una heran, kopi luwak kok bungkusnya Lee Min Ho? Apa selama ini Lee Min Ho adalah siluman luwak?

CS Kentel✔حيث تعيش القصص. اكتشف الآن