Sewindu Lalu di Gunung Salak

5K 118 4
                                    


Entah kenapa kemaren malem gue mimpi kisah gue di salak sewindu yang lalu. Entah disuruh ke salak lagi atau sekedar mengingatkan. Jadi ceritanya, sewindu yang lalu setelah pembagian rapot kenaikan kelas gue, sama 4 temen gue yaitu ishak, asqa dan (alm) angga memutuskan untuk pergi mendaki ke gunung salak. Kita naik dari jalur Cidahu. Selama perjalanan naik nggak ada kendala sedikitpun. Semua aman dan tanpa ada gangguan sama sekali seperti apa yang pendaki lain alami ketika naik ke gunung Salak. Singkat cerita setelah kita udah muncak ke puncak manik kita nyantai dulu ngopi ngerokok sambil ngobrol-ngobrol ringan. Sekitar jam 12 atau 1 siang kita packing dan siap-siap turun dan pulang balik ke Jakarta. Disini awal mula semua terjadi.

Setelah jalan mungkin hampir 2 jam kita ketemu percabangan yang sebelumnya kayanya ngga ngelewatin pas naik kemaren. Ishak dan angga terlibat dalam perdebatan yang cukup alot dan nggak nemuin kesepakatan. Gue yang coba masuk ke dalam perdebatan itu dengan maksud untuk menyudahi perdebatan yang nggak ada gunanya, akhirnya berhasil melerai mereka. Akhir dari semua itu kita voting untuk menentukan jalur menurut feeling kita masing-masing.

Asqa yang emang sedikit pendiam akhirnya memilih jalur yang sama dengan yang gue pilih. Disitu feeling gue sebenernya nggak terlalu kuat dan gue bilang ke Asqa, "Lu yakin ikut apa yang gue pilih??"tanya gue, "iya gue ikut aja," jawabnya. Dan Ishak pun yang sebelumnya berdebat kuat sama Angga juga ikut jalur yang gue pilih. Sudah tentu angga yang nggak punya kubu mungkin dengan terpaksa ikut gue juga. Akhirnya kita menuju jalur yang gue pilih dengan gue yang buka jalur alias paling depan.

Jalurnya bener-bener sempit karena rumput-rumput tumbuh tinggi disepanjang jalur. Feeling gue yang agak ragu ketika memilih jalur ini akhirnya terbukti. Semakin jauh kita jalanin jalur tersebut makin tertutup pula jalur tersebut. Ketika gue mulai ragu dan mau balik ke jalur awal pun susah akhirnya gue bilang ke temen-temen gue, "blay ini makin malem makin jauh makin ngga keliatan juga jalurnya. kita nemu lapak agak lebar dikit gelar tenda aja ya, lanjutin besok pagi."

Mereka setuju dengan mengangguk dan tanpa sepatah kata pun keluar. Udara semakin dingin dan malem makin gelap bikin rasa capek lebih berasa lagi. Kira-kira setengah jam dari tadi gue ngomong ke temen-temen gue akhirnya nemu lapak yang agak datar dan lebar. Gue putusin untuk break istirahat dan gelar tenda disitu. Pas tenda udah ke gelar dan kita mau masak, Asqa yang kedapetan bawa logistik berat bilang, "blay makanan kita tinggal dikit, besok udah sampe basecamp kan?" dengan kata-kata putus asa dan muka lesu Asqa nanya ke gue, gue yang bingung kita ini dimana cuma bisa bilang "Insya Allah blay".

Gue beruntung punya temen yang peka dan sedikit "brengsek" kaya ishak yang bisa mencairkan suasana, "yaudah kita sambil main gaple aja gimana?? sembari masak mending main gaple pake pinggiran kan seru," ini nih yang kadang bikin kangen naik bareng mereka. Kangen Ishak, manusia paling nggak bisa diem dan teramat sangat jahil ke siapapun. Kangen Asqa, manusia pendiem dan bahan lelucon kita-kita kalo lagi naik yang sekarang udah berkeluarga. Kangen Alm Angga, semoga lu dapet tempat terbaik disisi Allah SWT ya blay :(.

Gue lost contact sama mereka berdua, terakhir ketemu pas di pemakaman Angga 3 tahun lalu. jaman canggih kaya sekarang pun gue ngga bisa kontak dengan mereka meskipun cuma lewat sosmed. Balik lagi ke cerita gue. setelah kita makan dan main gaplek sebentar kita tidur dan gue ngeset alarm di hp gue. Gue bangun jam setengah 5 an sebelum matahari terbit. Maksudnya untuk ngelihat dimana posisi matahari biar tau arah kemana kita harus jalan, karena kebetulan waktu itu kita nggak ada yang bawa kompas.

Akhirnya matahari terbit dan gue bangunin temen-temen gue buat siap-siap jalan lagi. Setelah semua selesai kita jalan nyusurin jalur itu. Sampe ketemu malem lagi kita ngga sampe-sampe di basecamp dan gue sadar kita udah nyasar jauh dari jalur pendakian. Gue bingung, temen-temen gue juga cuma bisa diem sepanjang jalan dan nggak ada yang ngomong sedikitpun.

Horror StoryTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang