Derap Langkah Misterius Gunung Cikuray

1.9K 43 0
                                    

Jadi gini ceritanya guk guk auuuuu (suara anjing blasteran serigala kek di cerita kismis di tv dulu) tapi sayang ini bukan malem jum'at dan nggak ditayangin di tv heheh. Waktu itu gue sama anak-anak ada rencana naik ke cikuray. Nentuin hari udah tanggal udah tinggal jalan, tapi berhubung beberapa orang dari kita ada yang kerja shift malem (maklumlah kuli kerja di PT), jadi kita bikin 2 kelompok. Kelompok 1 dan kelompok 2 bedanya kelompok itu cuma berangkatnya aja duluan dan belakangan. Berhubung gue orangnya solider abis, menjunjung rasa pertemanan yang tinggi, rajin menabung, baik hati, dan tidak sombong gue putusin buat ikut kelompok 2 jalan belakangan.

Jum'at sore kelompok 1 packing dan malemnya berangkat, berhubung kelompok 1 itu lebih banyak jadi barang bawaan berat lebih banyak dibawa mereka dan gue sama kelompok 2 bawa barang yang lebih ringan. Soalnya kelompok 2 itu terdiri dari 3 orang manusia yang baru pulang kerja pagi, belom tidur dan paginya langsung berangkat ngetrip kecuali gue yang udah tidur malemnya. Lo bisa bayangin kan? Belom tidur terus mao jalan naik gunung, rada ekstrem memang tapi yah mao gimana lagi namanya juga hidup (jangan ditiru!).

Dengan barang bawaan berat yang sebagian banyak udah dibawa kelompok 1 jadi kita cuma bawa 1 carrier, 2 daypack, dan 1 tas kamera dengan niat bisa rollingan dan waktu tempuh pendakian bisa lebih singkat karena bawaan ringan logistik yang kita bawa juga cuma makanan ringan aja. Berangkat sabtu jam 8 pagi dari rumah, lanjut bermacet-macet ria di busway. Akhirnya kita naik bis jam 10 pagi menuju garut dari terminal kampung rambutan. Kurang lebih jam 2 siang kita sampe di garut. Gue akui fisik yang lain sama sekali jauh dari kata fit karena belom tidur. You know lah tidur di bis gimana apalagi kalo lagi ada sela entah pengamen atau tukang asongan yang tiba-tiba ngasih barang dagangan secara cuma-cuma di pangkuan lo (kalo lo ambil atau makan tetep bayar nantinya) bakalan jadi cobaan berat. Yang pada akhirnya lo cuma bisa tidur ayam, kriep-kriep gimana gitu. Istirahat sebentar di masjid, solat, terus touch up lagi, dan kita lanjut nyari tempat makan. Selesai makan nyari angkot kita berangkat ke pos pemancar, kalo ngga salah kita start lewat cilawu. Jadi kita mulai dari nol nggak naik mobil sampe pos pemancar karena kita ini pendaki sejati hehe gaya dikit, padahal ngirit karena naik angkot waktu itu sampe cilawu cuma 4 ribu. Sampe di cilawu itu kira-kira kurang lebih jam 4 sore dan petualangan dimulai.

Ngobrol ngalor ngidul, nggak terasa kita sampe pos penjagaan yang kek gubuk-gubuk nggak jelas dan bayar tiket masuk. Padahal dulu pas pertama kali gue ke sini pos itu ngga ada apalagi sampe bayar, mungkin itu kebijakan pihak perkebunan yang menjadikan gunung cikuray jadi wisata yang komersil atau apalah alesannya terserah! (Iyalah kebon-kebon dia ngapa jadi elu yang repot). Ketawa-ketiwi nggak jelas, jalan terus pantang mundur mengantarkan kita kepada dua persimpangan.
"Yang mana nih?" Kata seorang temen
"Kanan apa kiri?" Nah lo gue bingung padahal udah pernah kesini sebelumnya
"Kayaknya kiri deh? Jalan pintas!
"Iya kali kiri yak" gue putusin sesaat, dengan santainya kita mengikuti jalan kiri yang agak turun. Dengan jalan itu pula gue ngerasa betapa dongonya gue pada saat itu karena mutusin milih jalan yang turun dan bisa sampe lupa jalan padahal sebelumnya gue udah pernah lewat situ jam 11 malem pula (yah namanya juga lupa kan ngga inget).

Dengan melupakan filosofi kalo naik itu keatas dan turun itu kebawah gue dan yang lain terus jalan. Padahal sebelumnya salah seorang teman yang udah ngetrip ke cikuray udah ngingetin buat ngambil jalur kanan. Alhasil jalur keren ke arah kiri dan agak menurun ini mengantarkan gue pada ujung kaki bukit dan gue putuskan dengan tempo sesingkat-singkatnya pada saat itu kita nyasar (sitmen!). Oke kita salah jalan dan harus kembali ke jalan yang benar jalan yang Allah ridhoi. Kita harus kembali ke bukit atas dengan cara motong jalan karena kalo kita balik ke jalan yang tadi bakalan waktu lama. Melintas sungai pake sempet salah seorang dari kita kecebur gegara kepleset, motong jalur lewat kebun teh membuat gue semakin yakin kalo gue ada didasar bukit. Akhirnya kita sampe di atas di jalan yang benar yang insya Allah ridhoi setelah menyebrang sebuah, sungai dan menaiki 2 bukit.

Horror StoryTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang