Big Bang

44 2 6
                                    

Setiap orang merupakan Tokoh Utama, setidaknya dalam hidup mereka masing masing. Dan, setidaknya, hal itulah yang kuyakini hingga saat ini. Sebagai Tokoh Utama, setiap orang memiliki ciri yang unik, yang tidak dimiliki orang lain. Setiap orang, memiliki kelebihan dan kekurangan dalam hidupnya. Sebagian dari orang-orang itu, memilih untuk menyembunyikan kekurangannya, dan menonjolkan kelebihannya. Sedangkan sebagian kecil lainnya, berusaha untuk tidak tampil mencolok, meski memiliki kelebihan yang luar biasa. Golongan kedua tersebut, dapat kita cirikan sebagai golongan yang bijak. Golongan yang menganut 'ilmu padi'. Namun, khusus untuk diriku, ehm, gue maksudnya. Gue kagak termasuk keduanya. Kenapa? SOALNYA... Gue ga tau kelebihan gue apa. Jadi, apa yang bisa gue tonjolin ato umpetin? Lagian juga, kenapa gue mikirin soal kelebihan ato kekurangan yang gue miliki. Yang penting kan, gimana kita menggunakan semua yang kita punya dan menjalani hidup dengan itu!!!

"Miarzi!!!" Terdengar suara yang menggelegar. Suara berat yang gue kenal.

Tapi suara siapa? pikir gue.

"Miarzi! Bangun kamu! Beraninya, tidur di saat Bapak menjelaskan tentang teori Big Bang!!" Sekali lagi terdengar suara yang sama.

Darimana? Semua terasa gelap buat gue. Apa gue lagi mimpi? Tapi dia bilang soal Teori Big Bang. Itu apaan ya? pikir gue, masih berada dalam alam bawah sadar gue.

BRAK!

Tiba-tiba ada yang memukul meja gue. Dan, dengan reflek gue buka mata. Dan, lagi, gue ngeliat, Pak Fikri, guru Físika gue yang kalo diem aja, bisa ngebunuh lalat pake tatapannya, ada di depan meja gue. Tangannya ada di atas meja gue. Gue ambil kesimpulan kalo dia yang tadi mukul meja gue. Tapi kenapa? Apa salah meja gue, sampe harus dipukul sedemikian kerasnya? Cuma, ngeliat dari situasinya, dimana gue = duduk di paling depan + ketiduran + ga bangun dengan teriakan Pak Fikri, hasilnya gw rasa bakal kurang bagus. Sangat ga bagus. Maka, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, gue coba berkomunikasi dengan makhluk yang sedang dilanda emosi umur 50an di depan gue ini.

"Eh, Bapak.. Tangannya, ga sakit itu Pak? Kan tadi ngegebrak mejanya, kenceng banget tuh Pak." tanya gue, sambil senyum-senyum najong. Gue inget perkataan dari seseorang, senyum itu Ibadah. Dan senyum itu, konon katanya, bahkan bisa bikin hewan liar jadi jinak. At least, mestinya gitu.

"MIARZI!!! UDAH TIDUR DI KELAS BAPAK!! MASIH BISA KAMU BECANDA!! SEKARANG, MAJU KE DEPAN, DAN JELASKAN SECARA SINGKAT MENGENAI TEORI BIG-BANG!!" Teriak guruku yang, ehm, tercinta (?) itu. Sigh, what a pain.. pikir gue. Dan ini membuktikan satu hal: Pak Fikri TIDAK termasuk golongan hewan liar.

Sementara itu, gue bisa ngedenger bisik-bisik temen-temen sekelas gue dari belakang. A real pain, eh? pikir gue lagi.

Gue, sebagai orang yang berani bertindak, berani bertanggung jawab, dan sebagai murid yang patuh terhadap perintah Guru, maju ke depan kelas, sambil terus mikir.. BIG BANG ITU APAANNNN???

Akhirnya, gue sampe di depan kelas, berusaha memasang wajah serius (soalnya tadi pasang wajah senyum, malah disuruh maju ke depan kelas. Gue ga berani ngebayangin, bakal disuruh maju kemana lagi kalo gue senyum lagi). Terus gue berbalik ke arah temen-temen sekelas gue, yang dari tampangnya, pada ngarepin gue nerangin tentang Big-Bang itu dengan bahasa gaul yang mudah dimengerti. Dan dari tampang guru gue itu, kayaknya dia ngarepin gue gagal, supaya bisa ngasih gue tugas sebanyak-banyaknya sebagai hukuman. Berhubung gue bukan orang yang suka ngecewain orang lain, gue bakal berusaha penuhin harapan semua orang. Hahaha... I'm a nice guy, right? pikir gue, lagi.

"Ehm, yak teman-teman sekalian, berhubung karena Pak Fikri memohon pada (Jleb! tatapan killer Pak Fikri mampir ke sudut mata gw, kayaknya jatah hidup gw bekurang 3 tahun...), eh, maksudnya, menugaskan pada saya untuk menerangkan kembali mengenai Teori Big-Bang pada teman-teman sekalian, karena itulah, saya disini sekarang." Gue ngebacot sebisa gue di kalimat pembuka. gue bener-bener berharap pada keajaiban, dimana tiba-tiba Pak Fikri tiba-tiba sakit perut terus ke WC ga balik-balik.

"Eh, ya... Seperti yang sudah diterangkan oleh Pak Fikri tadi, dengan sangat jelas, yang tentunya, teman-teman sekalian perhatikan tadi kan? (tapi sayangnya saya tidak... Gimana ini? pikir gue panik dalam hati) Untuk lebih jelasnya, Big-Bang itu sebenarnya bahasa Inggris, yang artinya adalah Ledakan Besar. Bukan Abang-abang yang besar ingat itu. (langsung terdengar 'hoo' dari teman-teman sekelas, dan tentu saja, tatapan maut dari Pak Fikri, lagi. Bagus, dalam 5 menit gue ngurangin kesempatan hidup gue selama bertahun-tahun. Asal jangan ntar keluar kelas tau-tau gue ditabrak bajaj aja. For Your Information, bajaj dilarang keras buat masuk teras kelas.)" Terlintas seketika di benak gue, kalo Big Bang artinya ledakan besar, dan ini lagi pelajaran fisika, mestinya gue menghubungkan 'ledakan besar' dengan 'fisika'. Dan di pelajaran fisika, ledakan besar itu...mestinya terjadi di luar angkasa. Kenapa? Biar keren. Ok, gue coba arahin kesitu, pikir gue, seakan menemukan pencerahan dalam masa kegelapan.

"Oke-oke, cukup becandanya, maaf pak, maksudnya supaya suasana rileks.." gue langsung diem, dan sadar, pembelaan gue justru bakal memperkeruh keadaan.

"Yak selanjutnya, dimanakah Big-Bang ini terjadi? Tentu saja di luar angkasa..." Gue coba diem sebentar, liat reaksi temen-temen dan yang terpenting, reaksi Pak Fikri. Dan mereka ga bereaksi apa-apa! Gue BENER!!! Yosh, Sekarang masalah berikutnya, gimana itu big-bang bisa terjadi.

"Ehm, Oke, ternyata benar kalau Big Bang itu terjadi di luar angkasa, dan penyebab terjadinya Big-Bang tersebut ialah.." Otak gue muter keras banget, sampe rasanya ada mur di kepala gw yang copot, tapi... GUE KAGAK TAU KENAPA BIG-BANG ITU BISA TERJADI!!! Mati gue... Mati gue... pikir gue, panik. Beneran. Ya emang daritadi panik, tapi sekarang panik lagi, maksudnya, lebih panik lagi.

"Ialah.. Ialah apa Miarzi?" Tanya Pak Fikri, yang tampaknya berusaha menyembunyikan senyum kemenangannya. Tapi beliau kagak tau, gue masih punya satu senjata rahasia terbesar. Sebuah jawaban yang menjawab semua pertanyaan dalam hidup.

"Ialah..." Kata gue ngegantung. Sengaja, biar lebih dramatis. Gue tau Pak Fikri dah pingin banget punya alasan, supaya hukuman gue lebih berat lagi. Sementara, temen-temen gue juga pada nahan napes, ga tau ada yang ga sengaja ngebuang gas emisi, atau kebawa suasana. Yang pasti, suasana di kelas ini, hening.

"Gimana Miarzi? Tau jawabannya tidak?" Senyum Pak Fikri, jelas-jelas melihat kemenangan di depan matanya.

"Ialah... Karena takdir Tuhan Pak!" Jawab gue yakin sambil mandang ke sekeliling kelas.

Pak Fikri diam. Kelihatan kayak nahan emosi. Tapi ga tau juga, bisa jadi emang dia lagi butuh ke belakang.

Teman-teman sekelas juga diam. Kelihatan sekali mereka bengong. Takjub. Heran. Entah apa lagi emosi yang terlukis di wajah mereka. Tapi yang paling memungkinkan ialah mereka heran karena pelajaran Fisika telah dengan sukses dibelokkan ke pelajaran Pendidikan Agama.

Short StoriesOpowieści tętniące życiem. Odkryj je teraz