Tugas Utama Rasulullah Muhamad SAW

326 8 1
                                    


Hal ini berkaitan dengan turunnya Surat Muddatsir ayat 1-7 di Gua Khira yang artinya : Hai orang yang berselimut, bangun dan berilah peringatan !

Besarkanlah nama ( Tuhanmu ), Bersihkanlah pakaianmu, jauhilah perbuatan ma'siat, janganlah kamu memberi karena hendak memperoleh yang lebih banyak. Dan hendaklah kamu bersabar untuk memenuhi perintah Tuhanmu.

Dapat disimpulkan tugas Muhammad Saw, agar mereka meninggalkan agama berhala beralih kepada agama Tauhid yang tujuannya tidak lain adalah memperbaiki dan menyempurnakan akhlak manusia, karena pada waktu itu akhlak manusia sudah sangat bejat ( rusak ) dan jamannya terkenal dengan sebutan Jahiliyah.

Apa relevansinya tugas Rasulullah Saw dengan keadaan bangsa kita, yang mayoritas penduduknya 80% beragama Islam. Banyaknya Pesantren,banyaknya para Ulama ( Kyai ). Tetapi sekarang ini, perbuatan yang betul-betul sangat tercela bisa kita jumpai dimana-mana dan rata-rata pelakunya orang Islam. Hal ini pasti ada sebabnya, mari kita cari sebab tersebut antara lain :

1. Apakah ajaran Islam yang telah ditinggal Muhammad Saw 14 abad lebih yang silam telah terjadi penyimpangan ajaran atau pemahaman yang salah. Ingat pesan Rasulullah Saw dalam sebuah hadits : Bahwa umatku akan terpecah menjadi 73 golongan dan yang benar hanya satu.

2. Apakah terjadi krisis Akhlak para Ulamanya, yang kemungkinan hanya pandai bicara tentang agama, tetapi tidak bisa memberi contoh nyata atau teladan bagi umatnya.

3. Apakah kita sudah lupa pesan Rasulullah Saw setelah perang Badar, bahwa masih ada perang yang lebih besar yaitu : Perang melawan hawa nafsu. Mengingat sekarang ini zaman Millenium yang mana perlombaan mencari materi menjadi patokan utama,sehingga derajad seseorang hanya di ukur karena banyaknya materi yang diperoleh.

Kalau kita pikirkan dan sesuai dengan keadaan sekarang, maka tiga sebab tersebut sudah nyata kita rasakan. Dan sebagian besar umat kita rupanya tidak tahu caranya yang tepat untuk melawan hawa nafsu. Terutama tiga hal yang meruntuhkan iman seseorang yaitu HARTA, TAHTA dan WANITA. Rupanya tugas Rasulullah Saw masih harus kita perjuangkan untuk mengakhlakkan kembali umat Islam. Tugas ini sebetulnya cukup berat karena sasarannya adalah seseorang yang pintar-pintar atau mengaku pintar, karena sudah merasa Alim. Sehingga tidak mudah meluruskan pemakaian ilmu, karena mereka sedang terdinding dengan ilmu yang dipakai.

Pedoman Penerus Ahklak RasulullahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang