Lima

468 18 4
                                    

Dear me…,

“Don’t waste words on people who deserve your silence. Sometimes the most powerful you can say is nothing at all.” – Mandy Hale

“Jangan membuang waktu menjelaskan pada mereka yang tidak pantas menerimanya. Kadang, diam adalah hal terbaik yang bisa kamu lakukan.”

Terasa sangat melelahkan. Berkali-kali berusaha menjelaskan penjelasan yang sama lebih-lebih pada orang yang sama juga. Serupa menghantam karang dengan tangan kosong, semakin keras pukulanmu semakin terluka dirimu, dan batu itu tetap bergeming.

Apa yang kamu pahami tidak semuanya mesti diberitahu pada orang lain. Begitu juga apa yang kamu pahami tidak selamanya ingin dipahami orang lain. Kamu sadari atau tidak, beberapa orang tidak menerima alasan. Apa yang buruk menurut mereka akan tetap buruk saja, tidak peduli apa pun pembelaanmu.

Tapi jangan biarkan semua itu memberi resah di hatimu.

Jika kamu sudah benar-benar yakin tidak melakukan kesalahan, maka itu sudah cukup. Berikan penjelasan seperlunya saja. Tidak perlu mendebat sampai semua orang mengerti situasimu. Semua orang hanya akan memahami apa yang ingin hatinya pahami. Terimalah keadaan itu.

Kalau pun keadaan-tak-dimengerti itu memberimu tekanan hebat, kumohon jangan memaki. Sebisa mungkin jangan memaki. Karena setiap kata-kata kasar yang terucap itu, belum tentu membawa keburukan bagi mereka, tapi pasti memberi goresan di hatimu sendiri. Jika tidak bisa untuk mereka, lakukanlah untuk dirimu sendiri. Diam dan tinggalkan saja.

Dear me, please be strong…
😊😊😊

Dear Me [Quotes] Where stories live. Discover now