Mbok Mar.

21.2K 444 19
                                    

Teriknya matahari telah menyengat dan aktivitas di pasar tradisional itu mulai berkurang. Agak aneh memang, namun begitulah kegiatan pasar itu. Ini di karenakan pasar itu di mulai pada pukul  pasar itu pula mbok Mar, wali Miki, berjualan sayuran segar yang di pasok dari salah satu kebun milik orang tua kandung gadis yang telah di asuhnya sejak 17 tahun lamanya. Bagi mbok Mar, Miki layaknya anak sendiri. Wanita paruh paya itu telah mencurahkan seluruh hidupnya hanya untuk Miki, sesuai janjinya kepada sang majikan kesayangannya yang telah memiliki firasat akan mengalami hal buruk sesaat sebelum sang majikan berangkat ke luar negeri.

“loh beneran mbok Mar kan?” orang tua itu terlonjak kaget saat suara yang amat di kenalnya menyapanya. Suara yang telah lama di carinya demi amanah majikannya.

“non Nana? Ini teh beneran non Nan? Masya Allah, akhirnya kita teh di pertemukan.” Dengan spontan mbok Mar memeluk wanita itu.

“mbok Mar kemana aja? Nana cariin kemana-mana pas kabar Alika sama Aldi meninggal sampe sama kami, eh tau-tau mbok Mar udah ilang aja.” Yah dia adalah Annastasya atau yang akrab di sapa Nana oleh mbok Mar karena bunda Nando itu dari jaman SMA sudah sering mendatangi rumah besar keluarga Pasha.

“maaf non saya teh hanya menjalankan amanah non Lika buat bawa anaknya, si Miki, pergi jauh kalau ada terjadi sesuatu dengan dia dan den Aldi. Aduh tidak enak bicara di sini, bagaimana kalau non Nana ke rumah yang di tinggali mbok sama si Miki aja. Di sana lebih leluasa ceritanya.” Mbok Mar langsung menawarkan tempat yang nyaman untuk bernostalgia sekaligus menceritakan rahasia yang sudah 17 tahun disimpannya dengan rapat.

“boleh mbok, sekalian Nana pengen tau alamat si mbok.” Setelah mendapat persetujuan, mbok Mar menyuruh salah satu tukan angkutnya untuk membereskan dagangannya dan pulang menggunakan mobil Nana.

****

“sebenarnya Nana udah kenalan sama Miki. Dia mirip banget sama Aldi tapi sifatnya keseluruhan milik Alika. Ternyata dia pacaran sama Nando, anak Nana.” Ungkap Annastasya sambil menyesap teh panas yang di sajikan untuknya.

“loh ternyata si Nando teh anaknya non Nana. Dia mah hampir tiap hari datang kemari cuman buat ketemu si Miki. Pernah dia kagak mau pulang karena si Miki ngak keluar kamar, eh si Nando nekat masuk lewat jendela.” Mbok Mar terkikik jika mengingat kejadian itu.

“oh iya non, berhubung akhirnya kita dipertemukan, saya harus menyampaikan amanah non Alika dan den Aldi. Saya sudah lama nyari  keberadaan non Nana sama den Andrew. Waktu itu saya ke rumah non yang di Bintaro ternyata udah rumah itu udah lama kosong.” Ucap mbok Mar.

“emang apa amanah Alika dan Aldi, mbok? Sampe nyari kami ke Bintaro.” Tanya Annastasya penasaran tingkat dewa.

“ waktu itu seminggu sebelum non Alika sama den Aldi berangkat ke luar negeri, non Alika udah punya pirasat bakal kena musibah. Non Alika berpesan sama saya, kalau sampe terjadi sesuatu sama mereka, saya harus bawa si Miki ke rumah keluarga non Nana. Ternyata pirasat itu teh bener. Sehari sebelum keberangkatan mereka, den Aldi, yang juga punya pirasat, ngasih saya surat yang isinya, kalau saya ngak bisa nemuin non Nana setelah satu minggu kematian mereka, saya tidak boleh menyerahkan Miki ke siapapun, termasuk den Yuko.”

Kenapa nama Yuko terseret?

“loh mbok, bukannya Yuko itu satu-satunya keluarga Alika yang masih hidup? Kenapa Miki ngak boleh di serah ke Yuko?” Tanya Annastasya penasaran.

“karena den Yuko itu orangnya jahat non, dia pernah nyoba mau perkosa non Alika saat non Alika mengandung si Miki. Dia juga berusaha merebut apa yang bukan haknya dia. Makanya sebelum terlambat saya bawa duluan si Miki ke rumah yang udah di siapkan sama den Aldi. Yah rumah ini. Den Aldi ternyata diam-diam udah mengalihkan hartanya ke tangan si Miki, tapi cuman bisa di miliki saat umur si Miki 20 tahun. Tapi buat kelangsungan hidup Miki, saya di kasih tabungan sama kebun di daerah puncak buat makan sehari-hari, yah yang saya pake buat jualan ntuh non. Saya juga yang nyuruh Miki ambil beasiswa di sekolahnya ntuh, dia mah pintarnya pake kebangetan. Saya teh bangga non, ternyata si Miki mewarisi kepintaran orang tuanya. Oh iya saya teh hampir lupa. Kata den Aldi, Miki itu udah di jodohin sama anaknya non Nana. Ternyata memang jodoh mereka mah, sudah pacaran duluan tanpa harus dijodohin.” Annastasya hanya manggut-manggut mendengar penjelasan mbok Mar.

Ananta Story : Lovely MilkWhere stories live. Discover now