5: MACAM-MACAM "JAHAT"

777 57 15
                                    

Internet rumah mati (nggak nanya), jadi cuma bisa nulis ini lewat hape yang paketan internet. Bagi yg nunggu lanjutan EB, dimohon bersabar (lagi) ya x.x

~

Moralitas, atau dikenal juga sebagai moral, adalah cara seseorang mengukur mana yang salah, mana yang benar, dan segala hal yang berada di tengah-tengahnya. Dalam dunia fiksi, tentunya nggak semua orang memiliki moral yang sama... (terutama villain), iya kan?

Oh my God topik tentang moralitas ini luas banget nggak bakal selesai dalam satu bab x.x

Untungnya, TVTopes telah membantu banyak c: jadi saya bisa ngekategoriin urutan-urutan moralitas dari yang paling "...ouch" sampai yang paling "...wew".

~

(Part 1: Evil Alignments)

~

CHAOTIC EVIL

[Ex: The Joker dari The Dark Knight Rises]

Sesuai namanya, karakter dengan moral Chaotic Evil bakal bikin kalian lari tunggang-langgang ke kantor polisi atau rumah sakit jiwa. Tokoh ini biasanya nggak pengen terikat aturan, bermain semaunya sendiri, nggak mempedulikan perasaan orang lain, dan... jahat. Dia pengen nyakitin orang lain tanpa peduli apa konsekuensi atau bahkan gunanya buat dirinya sendiri. Biasa dimiliki oleh tokoh yang kerasukan arwah jahat (contoh: anak kecil di The Exorcist), atau pembunuh serial yang menghabisi orang just for the lulz. Tokoh ini juga biasanya bakal "ngamuk" kalo disuruh patuh terhadap aturan, karena dia percaya bahwa hanya nafsunya yang benar.

Namun, jenis-jenis Chaotic Evil sendiri juga beragam. Bisa jadi dia cuma cannon fodder yang kurang lebih lemah dan gampang dikalahkan, kayak zombi. Bisa jadi dia seorang villain yang penuh perhitungan dan dapat menjatuhkan lawan dalam sekali pukulan, kayak... well, silahkan bayangkan sendiri. Ingat bahwa "chaotic" di sini nggak selalu berarti "nggak punya aturan", tapi lebih ke "membuat aturannya sendiri".

Beberapa contoh tokoh Chaotic Evil:

- Zombi

- Pembunuh serial yang ngebunuh tanpa aturan, just for lulz

- Pembunuh dengan masalah kejiwaan, sehingga dia nggak bisa berpikir jernih [tergantung jenis penyakitnya sih]

- Orang yang dicuci otak dan sekarang jadi mindless monster [kayak yg di atas]

- Perompak/pirates, terutama yang jahat

- Killer robots!

- ... pikirin sendiri.

Menurut saya karakter ini susah, susah banget dikembangkan oleh penulis. Karena kalau salah-salah, jatuhnya malah tokoh tipe jahat yang klise. Pokoknya contoh terbaik Chaotic Evil itu The Joker, deh.

~

NEUTRAL EVIL

[Ex: Loki dari Marvel & DC Comics]

Oh, Neutral Evil. How I love you. Kenapa saya paling suka ini? Karena tokoh dengan jenis moral ini paling mudah ditulis (menurut saya). Neutral Evil juga yang bakal paling banyak ditemukan di dunia nyata. Ingat, cuma karena ada kata "neutral" bukan berarti dia lebih baik dari "chaotic" lho ya.

Tokoh dengan Neutral Evil ini jahat. Dan untuk melampiaskan ide-ide cemerlangnya itu, mereka rela melakukan apa aja. Pura-pura jadi polisi demi mengedarkan ganja di blok penjara? Oke. Ngehabisin seisi perumahan demi ngebunuh satu orang yang dia lupa alamat tempat tinggalnya? Ayo. Dia jahat, tapi dia juga bisa "berbaikan" dengan peraturan, demi mencapai tujuannya tersebut. Apa aja boleh lah buat dia. Dia nggak picky.

"I obey the law only when it's on my side! Ha ha!" - every Neutral Evil character ever

Tipe-tipe Neutral Evil:

- Karakter yang memiliki ambisi kuat. Bisa jadi demi uang, kekuasaan, atau lainnya. Seringnya egois, stuck-up, smug.

- Karakter yang percaya bahwa dia yang paling benar. Dia tau bahwa orang lain memiliki moral yang berbeda dari dia, tapi menganggap moral tersebut "meh" dan hanya patuh hanya apabila hal itu berguna bagi dia. Villain Protagonist dan Anti-Hero banyak yang kayak begini.

- Karakter yang 'taat' terhadap suatu golongan jahat, entah dia pengikut setan atau lainnya. Berbeda dengan Lawful Evil, dia rela melakukan apapun demi meluluskan tujuannya terhadap golongan tersebut. Apapun.

Beberapa contoh Neutral Evil:

- Banyak banget, dan beragam juga. Semua contoh dari Chaotic dan Lawful Evil bisa masuk ke sini (kecuali buat zombi dan mindless monsters, kali ya). Kalo kamu pertama kali bikin novel Fantasi/Sci-fi/Petualangan/Laga, kemungkinan besar [saya sok tau dikit ya, hehe] villain dalam cerita kamu itu masuk dalam kategori ini, karena tokoh Lawful Evil kurang terkenal oleh penulis pemula.

~

LAWFUL EVIL

[Ex: Light Yagami/Kira dari Death Note, Darth Vader dari Star Wars]

Bring out your rotten politicians, they are all here!

Lawful Evil adalah tokoh yang paling terlihat nggak jahat di mata orang sekitarnya. Hell, dia mungkin terlihat lebih bermartabat dibanding beberapa hero. Tapi, yang jelas, kejahatannya nggak kurang mematikan dibanding tokoh Chaotic atau Neutral Evil. Paling mematikan, malah.

Kenapa? Because these bastards have standards. Mungkin mereka hanya ingin membunuh orang yang memang berdosa, mungkin mereka nggak ingin menyakiti darah dagingnya sendiri. Dan karena batasan-batasan inilah, orang lain (bahkan para pembaca!) jadi merasa simpatik. Mereka bakal berpikir, hey, this dude isn't that bad. Padahal kenyataannya yg namanya sekali jahat tetaplah jahat, hohoho.

Kalo peraturan-peraturan tersebut dia impose ke orang lain, maka kemungkinan besar tokoh tersebut adalah Lawful Evil tipe pemimpin. Presiden, vampire overlords, noble demons, you name it. Mereka percaya bahwa mematuhi peraturan itu benar dan diperlukan, tapi tujuan utamanya tetep aja nggak bener.

Ada dua varian nih.

- Dia benar-benar percaya bahwa peraturan itu harus ditegakkan. Biasanya sih tergolong Pragmatic Villain.

- Munafik lololol. Dia matuhin peraturan hanya biar orang lain simpatik / jual muka biar dibilang "baik". Contoh? Politikus. *liriklirikkoruptor*

Beberapa contoh Lawful Evil:

- Udah banyak saya sebutin di atas kayaknya. Oke, saya ulangin lagi.

- Pemimpin korup

- POLITIKUS grrrr (sorry guys)

- Pragmatic Villain, villain yg merasa kalo dia sebenarnya benar dan mungkin hal yg dilakukannya itu " benar", dalam sudut pandang tertentu (jenis2 villain banyak banget soalnya).

- Setiap pengikut / kaki tangan pemimpin yang Lawful Evil, sendirinya juga bakal Lawful Evil, karena dia cuma bakal ngelakuin hal yang disuruh bosnya.

- ... Sisanya silahkan pikir sendiri.

Tokoh dengan moral ini bakal lebih sedikit kalian jumpai di wattpad, karena alasan yg udah saya sebutkan tadi (ribet+kurang terkenal oleh penulis pemula). Tapi, kalo kamu bikin novel tentang dunia dystopia, kemungkinan besar pemimpin di dunia tersebut bakal termasuk Lawful Evil (tuh kan sok tau lagi maafkan saya peeeaace hehe ^^v)

~

Alright, kayaknya segitu aja. Kapan-kapan bakal dijelasin tipe-tipe moral yg lain (karena masih banyak). Maafin juga kalo ada salah-salah kata... Maksudnya typo, karena saya bukan ekspert nulis lewat keypad hape.

Selamat bikin tokoh kalian jahat (?) dan sampai jumpa!

This is Sciamachy, signing off.

Character Development Galore!Where stories live. Discover now