Bab 32: Riding

6.5K 430 64
                                    



Peringatan: terdiri dari 5226 kata. dapat menyebabkan mata mendadak tidak sinkron dan kebosanan akut. belum melalui tahap editing, maka bijaklah dalam berkendara!!!

Talagung berada di tempat terpencil yang spektakuler, dekat dengan Lumajang dan berpemandangan gunung-gunung utama Pulau Jawa. Saat cuaca cerah, dipastikan Mahameru dan Bromo begitu jelas dengan latar Arjuno – Welirang. Sementara saat melempar pandang ke arah Timur, tinggal Argopuro dan Raung yang membayang, dua gunung besar paling timur Pulau jawa. Mungkin dekat Klakah, atau Ledok Tempuro bahkan letak Talagung ini. Yang jelas Talagung sangat terpencil, berbeda dengan Kaliandra milik biro desain Morphosa, yang bergaya Palladian di Ledok yang lain.

Talagung, menurut penjelasan Raffe, berdiri tepat di sisi jurang terjal dengan eksterior berupa candi Hindu Siwa. Atap-atap dan sudutnya runcing bertingkat. Kisah Kali dan tangis Siwa yang menjelma Ganitri terukir indah. Interiornya jelas bergaya kerajaan masa lalu di mana sutra-sutra indah berpemberat bebatuan berkilau, memperhalus elemen interior yang bermateri kayu dan logam berharga. Kesemuanya terukir sempurna oleh tangan Pande terbaik. Beberapa dari Bali namun ada juga yang berasal dari Assam, India. Tempat tersebut konon adalah kampung halaman orang-orang Kalingga, yang bermigrasi ke Jawadwipa. Negeri yang besar karena diperhitungkan Raja Ashoka dan sembilan orang pintarnya, para pemegang rahasia teknologi masa ribuan tahun lalu.

Entah apa yang mendasari Ali Sadjid membangun properti semegah itu di tempat terpencil. Mungkin romantisme masa lalu sekaligus mencari pengakuan nenek moyang. Yang jelas untuk mencapainya dari dua arah –Barat dan Timur, sama-sama memakan waktu nyaris enam jam. Kendala bukan hanya pada medan, namun juga keadaan. Tidak mungkin Daud dan Emyrrumi seenak perut berkonvoi melalui jalanan. Bahkan jalur-jalur tersembunyi pun tidak mudah dilalui. Mobilisasi tiba-tiba begitu hanya akan mengundang perhatian aparat, hal terakhir yang diinginkan Pyotr Sergei. Ayah Alexey mulai jengah dengan jurnalis independen pecandu Teori Konspirasi yang kerap mengunggah berita melankolis tanpa fakta yang menyudutkan CorporatE sebagai bagian NWO di Tanah Air. Mereka tak tahu apa-apa, sama sekali tidak tahu.

Maka, menjemput Myanna menjadi pekerjaan diam-diam agar Densus 88 tidak serta merta ikut curiga menenggarai ulah ini sebagai upaya mempersenjatai publik yang sedang marak belakangan ini. Apalagi situs Talagung sungguh representatif untuk jadi tempat latihan semi-militer. Coba pikirkan, apa yang ada di otakmu jika hutan seketika ramai dengan orang-orang besar yang memegang senjata api? Berburu? Jangan main-main. Gugus pegunungan Iyang sebagian besarnya adalah Taman Nasional milik Negara. Mengajukan permohon ijin perburuan sama saja beresiko membongkar topeng mereka. Lagipula kasihan juga kalau masyarakat terganggu hanya demi Myanna. Jadi, semua harus diperhitungkan dengan baik. Harus sangat baik dan lebih baik dilakukan dengan diam-diam.

Jadi, semenjak meninggalkan Malang, Emyrrumi yang tak sabar menyeberangi jalur antara Mahameru dan Bromo bersama orang-orangnya, menuju Timur. Dia berhadapan dengan kontur terjal gunung-gunung sunyi. Ghani ada di antara mereka tapi akan berhenti di desa terdekat. Bersama Caleb, Ghani memahami kegelisahan Emyrrumi yang tak tersembunyi. Dengan menggunakan motor khusus, sungguh mereka mencuri perhatian warga sebatas prasangka sebagai hipsters kebanyakan uang yang sedang cari celaka mengebut di antara pepohonan. Dua Rubicon berisi Ghani dan Caleb mengikuti Emyrrumi yang menggila. Tidak ada takut dalam kepalanya demi segera bertemu Myanna. Ia sanggup bertaruh nyawa, sudi berhadapan dengan Fritz. Melompati jurang-jurang sempit sepele baginya memang, tapi membuat orang-orangnya jungkir balik kepayahan meski tetap bungkam. Mereka tahu seperti apa Emyrrumi saat sedang menggenggam senjatanya, ringan mencelakai siapapun agar mulus misinya. Berulang Ghani mengingatkan agar meredam emosi, jangan sampai habis tenaga begitu berhadapan dengan Dahyang. Tapi Emyrrumi adalah seorang yang terlalu gelisah saat ini. Tenangnya yang sekarang tidak seperti ketenangannya yang biasa.

Affair of MeOnde as histórias ganham vida. Descobre agora