Bab 18

5.2K 199 12
                                    

Cinta adalah hal aneh yang terjadi pada setiap orang. Cinta adalah hal yang tak bisa kita tentukan. Kita tak bisa menentukan kepada siapa kita jatuh cinta, bagaimana kita jatuh cinta, kapan kita akan jatuh cinta, dimana kita akan jatuh cinta, dan kenapa kita jatuh cinta. Semuanya yang mengatur adalah hati dan aku sendiri tak pernah bisa mengatur hatiku. Hati punya aturan main sendiri yang aku sendiri tak bisa ikut campur.

Bicara tentang cinta aku punya sedikit nasihat untuk semua yang mengetahui ceritaku. Semua orang berhak jatuh cinta, tak ada yang melarangnya namun terkadang ada satu hal yang harus diingat. Tak ada yang bisa memaksakan cinta, jika ia mencintaimu dan kau mencintainya itu tandanya kau harus bersyukur pada Tuhan karena ia memberikan keajaiban cinta padamu dan jika kau mencintainya tapi ia tak mencintaimu maka relakanlah ia. Mungkin ini terdengar menggurui tapi percayalah padaku bahwa mungkin ia bukan orang tepat untukmu atau pikirkan mungkin Tuhan punya seseorang yang lebih baik darinya. Aku adalah orang yang sangat percaya Tuhan punya rencana indah di balik sakit hatimu, kekecewaanmu dan hal yang membuatmu sedih.

Seperti halnya Elena dan Nino yang merelakanku berbahagia dengan Tama. Aku selalu berdoa setiap harinya agar mereka berdua yang terluka karena aku dan Tama bisa bahagia. Aku selalu berandai-andai bagaimana jika keduanya disatukan dalam hubungan cinta tapi aku tak bisa memaksa bukan. Mereka berdua bilang masih menutup hatinya meski sudah merelakanku dan juga Tama.

Elena bilang padaku bahwa ia sebagai manusia biasa tentu sakit hatinya karena cintanya tak berbalas lagi. Ia juga bilang ia menyesal dulu menyia-nyiakan Tama saat laki-laki itu jatuh cinta setengah mati padanya. Namun ia tak berlarut-larut dalam penyesalannya ia bilang semuanya ada hikmahnya dan ia dengan senang hati menerima hikmah yang ia ambil dari perjalanan cintanya dengan Tama. Ia belajar satu hal untuk tak menyia-nyiakan perasaan seseorang dan ia juga belajar bahwa hati sesorang itu bisa berubah. Dulu Tama mengatakan jatuh cinta pada Elena dan saat ini ia mengatakan ia mencintaiku.

Nino berkata padaku bahwa ia akhirnya menyerah. Ia bilang padaku cinta memang layak untuk diperjuangankan kemudian ia bilang tak ada yang bisa diperjuangkan lagi jika hatiku sudah dimiliki orang lain. Harus aku akui aku sedih harus menyakiti perasaan laki-laki sebaik Nino. Tapi mungkin dari cinta rumit ini kami belajar, belajar memahami bagaimana cinta. Belajar bahwa sesungguhnya cinta tak bisa saling memilki jika dua hati tak saling jatuh cinta. Belajar jika sakit hati ini kami raskan mungkin kedepan bahagia akan datang dengan caranya sendiri.

Ah, ya aku juga belajar dari menjadi secret admirer. Belajar dari mencintai diam-diam. Cinta layak diperjuangkan dan yang harus kau lakukan adalah menunjukan cintamu. Saran dariku adalah jika kau mencintainya katakan sejujurnya padanya siapa yang tau jika ia juga mungkin mencintaimu namun jika ia tak mencintaimu tinggalkanlah. Jangan biarkan dirimu menunggu seseorang yang kau sendiri tak tau bagaimana perasaannya. Tunjukanlah cintamu buat dia melihatmu dan jika itu sudah semua kau lakukan dan ia masih tak mencintaimu maka tinggalkanlah. Aku percaya Tuhan sudah menyiapkan pasanganmu. Jika ia belum kunjung datang mungkin ia tengah singgah di hati yang salah sama sepertimu dan aku sangat yakin bila waktunya tiba Tuhan akan menemukanmu dengan pasanganmu sesungguhnya. Kuncinya adalah waktu, waktu yang akan menjawabnya dan untuk itu kau harus sabar untuk menunggu.

Fin

Secret AdmirerTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang