PART 1 - The Day

78.8K 3.3K 44
                                    

PART 1

The Day

ARAGA'S POV

Kaki gue pegeeeel,  maaaann!! Dari tadi antrian tamu ini gak abis-abis! Buset,  berapa ribu yang nyokap undang,  ya? Bukan cuma kaki gue doang yang pegel nih,  wajah gue juga udah sakit,  dari tadi harus senyum sama semua orang. Andaikan gue melakukan semua ini bukan demi nyokap,  gue gak bakalan mau berdiri di sini,  jadi mempelai pria dari wanita yang baru gue kenal satu bulan belakangan ini.

"Selamet,  man! Gue gak nyangka lo bakalan kawin cepet. Haha.. congrats man.. gue doa'in yang terbaik buat lo.."

Si Henri dengan lancarnya mengucapkan do'a nya buat gue sambil menepuk punggung gue. Gue cuma bisa tersenyum,  berusaha menampilkan senyum layaknya pengantin yang bahagia.

"Thanks,  Bro.."

Si Henri melirik cewek di sebelah gue. Yah,  sang mempelai wanita. Istri gue. Dia nyengir lebar.

"Selamat,  ya.."

Istri gue cuma senyum. Tamu selanjutnya,  hampir bikin gue jantungan. Si Nadia.

"Whooaaa.. Selamat,  ma broooo!! Ck,  gila lu ye gak bilang-bilang kalo elo kawin sama Donnaaaa!!" Si Nadia menyalami gue dengan heboh. Gue cuma bisa nyengir. Asal kalian tau nih,  si Nadia ini temen gue dari SD. Dia yang tau segala macam tingkah gue dari yang normal sampe yang gila. Dan yang bikin gue kaget,  ternyata si Nadia itu sobatnya istri gue dari SMA.

"Biasa aja,  lu! Jangan teriak-teriak.
Malu-maluin!" Ancam gue.

Dia malah ketawa. Lalu memeluk Donna sambil cipika-cipiki ala cewek.

"Donnaa.. kalo dia macem-macem,  gantung aja di langit-langit.. Lagian elo juga sih main rahasia-rahasian lo mau kawin sama siapa. Kalo sebelumya gue tau lo bakal kawin sama si tengil ini,  gue bakalan bawa elo kabur ke Antartika,  biar dia kawin sendirian!" Si Nadia melototin gue. Dan gue pelototin dia balik.

Donna ketawa,  "Hehe.. Maaf ya,  Nad.. semuanya emang mendadak banget.."

"Yaah.. mau gimana lagi.. wish the best for both of you.." Nadia menatap gue dan Donna bergantian. Entah si Nadia lagi kerasukan atau nggak,  tapi dia menatap gue sungguh-sungguh,  dan do'a yang dia ucapkan juga terdengar tulus. Andaikan gue menikah dengan orang yang gue cintai dan si Nadia ngucapin do'a kayak begini,  dijamin,  dia udah gue peluk sampe tulangnya remuk saking terharunya. Tapi sekarang gue cuma bisa tersenyum dan mengangguk,  "Thanks,  Nad.."

Tamu setelah Nadia... Yeeessss!!! Gak adaa!!
Ffiiiuuh.. Akhirnya gue bisa duduk. Istri gue juga sedang membetulkan letak gaunnya dan dia juga ikut duduk. Tiba-tiba..

Kreeeekk...

"Adaaaoooww.."

Gue langsung melotot dan berbisik,  "Lo kenapa?"

"Pinggang gue pataaah.." erangnya pelan,  tanpa disangka,  dia menatap gue tajam,  "Berapa ribu yang lo undang,  hah? Lo udah janji sama gue gak bakalan lebih dari tiga ratus!"

"Ck,  gue cuma ngundang 250,  sumpah! Kebanyakan temen ortu gue.. heh,  lo gak pa-pa,  kan?"

"Yaa.. Gue gak apa-apa.. Cuma patah pinggang doang.. entar juga nyambung lagi.."

Gue terkikik.

"Kenapa lu ngetawain gue?" Donna kelihatan sewot,  "Puas lu ye liat gue menderita.."

Tawa gue meledak. Haha.. si Donna ini bener-bener deh.. Kadang-kadang polos banget kayak sekarang,  kadang-kadang dewasanya kayak kakek gue. Unik banget ni cewek.

"Hush! Pengantin jangan ketawa kenceng-kenceng!"

Suara nyokap gue kembali menyadarkan gue. Gue langsung bungkam dan gigit bibir kuat-kuat.  Donna menggeser duduknya sampe nempel sama gue. Dia mendekatkan wajahnya dan berbisik.

"Lo tau? Kalo sekarang gak lagi kayak gini,  lo udah bonyok karena berani ngetawain gue!"

Gue meliriknya dan nyengir. Yeah.. silakan saja hajar gue kalo bisa. Palingan gue cuma keseleo doang kalopun dia menyerang habis-habisan mengingat tinggi badannya aja yang cuma nyampe dada gue. Cengiran gue makin lebar saat melihat tampang dendam Donna. Sumpah! Ni cewek lucu banget! Gue kembali terkikik. Hehe.. godain,  ah..
Gue mendekatkan wajah sampe sedekat-dekatnya,  Donna melotot. Gue gak berhenti,  dan terus mendekat,  hidung gue udah nempel di pipinya. Dengan nada yang amat sangat menggoda,  gue berbisik.

"Lo ngajak berantem,  Honey? Oke.. tunggu tamunya abis ya,  Sayang.. Abis itu kita bisa berantem sepuasnya. Lo mau berantem kayak apa? Tinju atau gulat? Gulat deh kayaknya.. Aaaww.." Kata-kata gue terhenti karena Donna dengan gemesnya nyubit pinggang gue. Cubitannya ajib,  cuy! Hehe.. dicubit cewek sama ditabok cowok jelas beda doong rasanya..

"Ngawur lo!" Desisnya. Gue kembali cekikikan geli.

"Duh,  udah cubit-cubitan aja.. Udah gak tahan ya?"

Gue mendongak dan langsung menemukan Tante gue sedang nyengir mesum. Gue dan Donna otomatis berdiri dan menyalami sambil cengengesan gak jelas. Hehehe.. Malu juga kepergok. Setelah itu tamu kembali banyak sampe gue sama Donna gak sempat duduk lagi. Acara selesai jam 11 malam. Gila. Abis itu kita langsung cabut ke hotel. Gue belum pernah setepar ini dalam hidup gue. Dan setelah kita selesai mandi,  kita berdua langsung tewas di kasur hotel tanpa sempat memikirkan malam pertama.

* * *

DONNA'S POV

Aku mengerjapkan mataku dan membukanya perlahan. Suasana kamar ini asing,  dan aku baru ingat kalo aku masih di hotel. Tempat tidur di sebelahku udah kosong. Aku bangun dan berdiri hendak ke kamar mandi,  tapi langkahku terhenti saat melihat Araga sedang duduk di sofa sambil menatap kosong ke arahku. Aku menghampirinya dengan wajah mengantuk dan rambut amburadul.

"Lo gak pa-pa,  Ga?"

Dia mengerjap kaget,  "Oh ya.. Gue gak pa-pa.." Jawabnya cepat. Terlalu cepat.

"Kenapa lo gak bangunin gue?"

"Lo keliatan cape banget. Gue gak tega banguninnya.."

Aku cuma manggut-manggut dan menuju kamar mandi. Saat keluar dari kamar mandi,  aku menemukan Araga sedang makan. Gaya makannya elegan banget,  khas eksekutif muda. Beda banget sama aku kalo lagi makan. Dia mendongak.

"Makan dulu,  Dona.. entar keburu dingin.."

Aku merengut sebentar. Namaku Donna,  bukan Dona. Udah sebulan kenal,  dia belum pernah nyebut namaku dengan bener. Sebel. Tapi saat melihat makanan yang melambai-lambai minta dibuang ke perut,  amarahku hilang. Berganti dengan konser simfoni yang berisik banget di perutku. Tanpa babibu lagi,  aku langsung duduk di depannya dan melahap jatahku. Well,  kalo urusan makanan,  aku emang gak perlu disuruh dua kali. Langsung sikat aja,  mamen! Araga tersenyum melihat tingkahku yang sudah seperti korban banjir yang udah 3 hari gak makan.

"Kenapa lo senyam-senyum?" Tanyaku dengan mulut penuh.

Dia malah ketawa. Otomatis aku berhenti mengunyah dan langsung merengut. Ampun deh,  Tuhaan.. Kenapa cowok satu ini hobi banget ngetawain aku?!! Kalian gak bakalan percaya kalo aku bilang dari kemarin,  pas acara ijab kabul selesai,  sampe selesai resepsi,  dia kerjaannya ketawaaa mulu. Gak tau deh apa yang dia ketawain.

"Haha.. lo lucu,  Honey.. Abisin makanannya ya.."

"Gak usah disuruh.. entar juga gue abisin.." jawabku polos dan enteng. Hah,  belum tau dia,  kalo urusan makanan,  nih.. Donna jagonyaaa..

Dia ketawa lagi. Iiiiiihhh!! Kenapa sih aku harus nikah sama cowok gila ini?!!

"Sekali lagi lo ketawa,  gue tabok lu!" Ancamku serius. Tapi sepertinya ancamanku kurang meyakinkan karena dia malah ketawa ngakak makin keras. Aku geleng-geleng kepala dan memilih untuk mengabaikannya sebelum kemudian melanjutkan sarapanku. Biarin aja dia ketawa sampe lemes. Aku gak tanggung jawab. Terdengar suara deringan ponsel yang aku tahu itu deringan ponselnya Araga. Masih sambil cekikikan geli,  dia mengambil ponselnya dan mengangkat telponnya. Aku terlalu sibuk makan sampe gak denger apa yang dia omongin.

"Well,  semua barang udah dipindahin.. kita tinggal nempatin aja.."

Aku langsung mendongak,  "Barang gue juga?"

Dia mengangguk. Aku meletakkan piringku yang sudah kosong dan mengambil minum. Sekali lagi,  Araga tersenyum melihat tingkahku. Kali ini aku gak komentar,  takutnya dia akan ngakak lagi,  dan aku akan menjambak rambutku kalo itu sampai terjadi lagi. Cukup lama kami terdiam.

"Ga?"

"Hmm.."

Aku memberanikan diri menatap suamiku ini,  "Lo.. gak nyesel kan ngelakuin ini?"

Dia menatapku beberapa lama,  "Gak ada gunanya nyesel juga.. Toh,  kita udah menikah.."

Aku meringis mendengar jawabannya,  "Tapi.. gue ngerasa bersalah banget sama pacar lo.."

"Mantan pacar." Koreksinya langsung. Aku memutar mataku,  "Yeah.."

Araga terkekeh,  dan menatapku dalam,  "Lo gak usah merasa bersalah kayak gitu.. gue oknum brengseknya di sini.." ucapnya pelan,  sambil tersenyum simpul.

Aku cuma bisa menghela napas. Aku masih gak percaya Araga bakalan ninggalin pacarnya yang dia cintai setengah mati cuma buat menikah sama cewek asing dan gak jelas kayak aku. Padahal kalo dibandingkan,  aku sama mantan pacarnya Araga itu,  wuuuhh.. jauh banget,  bo! Kayak bumi dan langit. Elia itu cantik,  hot as hell,  seksi abis,  tinggi kayak model,  pinter,  udah sukses,  baik pula. Sedangkan aku,  meskipun orang bilang aku juga cantik,  tapi jelas kecantikanku gak selevel sama Elia,  aku itu ceroboh,  gak seksi,  tinggi badanku cuma 160 cm,  satu-satunya kelebihanku adalah aku lumayan jago masak dan bikin kue,  jago main poker,  jago main PS,  jago futsal,  jago manjat,  dan jago ngabisin makanan. (Hehe.. itu banyak juga ya.. bukan cuma satu,  hihi..) Tapi tetep aja jagonya juga bukan jago yang berkualitas. Bener-bener gila deh Araga mau ninggalin Elia buat cewek model kayak aku.

"Gimana kalo dia galau berat,  Ga?" Tanyaku pelan.

"Percaya sama gue,  dia bakalan move on dalam hitungan hari.." ujarnya ringan. Tapi aku yakin dia sama sekali gak merasa ringan.
"Lo sendiri gak nyesel?" Tanyanya.

Aku hanya mengangkat bahu,  "Yahh..Gue mah biasa aja.. Gue kan gak ninggalin pacar atau semacamnya.."

Dia ketawa lagi. Sialan. Emangnya kata-kataku mengandung unsur humor ya?!! Atau wajahku mirip Tukul?! Aku bener-bener gak ngerti kenapa dia gampang banget ketawa padahal dia lagi galau! GALAUU! Dasar cowok aneh!!

"Ketawa aja sampe puas! Gue mungkin harus ikutan audisi srimulat junior kali ya?" Ujarku garing. Eeehh.. dia malah ngakak makin keras sampe memegangi perut!! Oh,  well.. mungkin aku harus segera ngirim dia ke RS Sumber Waras dan membawanya ke dokter ahli,  kalo dokter nanya alasannya,  aku akan jawab,  'Dokter,  suamiku ini ketawa gak jelas mulu dari tadi,  apa ini akibat patah hati akut atau ada korsleting saraf otak?'

Masih sambil ketawa,  Araga bangkit dari kursinya dan menghampiriku. Tanpa diduga,  dia malah menangkup wajahku dan mencium pipiku dengan gemas,  "Sayang,  lo lucu banget,  sumpah!"

Tanpa diminta,  wajahku memanas,  dan aku yakin sekarang pipiku merah banget. Araga terkekeh lalu mengacak pelan rambutku,  "Cepetan mandi,  satu jam lagi kita ke rumah Mama.."

* * *

ARAGA'S POV


"Mama seneng banget akhirnya kamu menikah sama Donna.." Mama menatap gue terharu,  dan gue cuma bisa senyum. Sekarang di hadapan gue,  mama sedang menggenggam tangan Donna sambil mengusap rambutnya dengan sayang. Seolah-olah anak kandungnya itu Donna,  bukan gue.

"Gimana tadi malam,  Sayang? Apa mengesankan?" Goda Mama sambil mengerling pada Donna. Istri gue itu cuma cengengesan gak jelas.

"Hehe.. Mama bisa aja.."

Mendengar itu,  mau tidak mau otak gue melayang ke kejadian semalam. Setelah mandi,  gue cuma sempet nyium keningnya doang sebelum kemudian kita berdua sama-sama tewas karena tepar berat. Well,  gak ada yang spesial sama sekali untuk ukuran pengantin yang masih sangat fresh kayak kami. Gak ada kerja lembur seperti umumnya pengantin lain.

"Mama udah minum obat?"

Gue membantingkan topik supaya gak membahas malam pertama. Yah.. untuk mencegah fantasi gue yang udah mulai melayang kemana-mana.

"Udah.. tadi pagi.. Gak usah ngingetin Mama terus,  Arga.."

Gue tercengang sekaligus takjub. Woooww.. ini kejadian langka! Mama mau minum obat sendiri tanpa disuruh! Tanpa gue sadari,  ternyata gue udah nyengir lebar.

"Mama gak apa-apa?" Tanya Donna.

"Sayaaang.. Mama gak pernah merasa sebaik ini dalam hidup Mama.."

Donna tersenyum,  lalu melirik gue. Entah kenapa,  tapi tatapan matanya seolah sedang mencoba mengatakan sesuatu.

"Kalian kapan ngasih Mama cucu?"

Glek! Aduuuuuuhhh.. baru aja nikah sehari udah ditodong pertanyaan begini.

"Mamaaa.. kita baru nikah sehari.." ucap gue sabar.

Mama merengut,  "Pokoknya harus ngasih Mama cucu,  se-ce-pat-nya.."

Gue cuma bisa menghela napas. Susah,  man,  kalo ngadepin orang tua yang terkena sindrom 'pengen cepet menimang cucu' yang udah akut kayak nyokap gue ini.

"Nggak bisa dong,  Ma. Aku kan harus usaha dulu.. kalo usahanya cuma sehari sih,  kapan dapetnya.." gue mengerling sama Donna,  dan istri gue itu malah mendelik sambil manyun. Gue tertawa pelan. Hehe.. ekspresi Donna lucu banget. Kayak anak kecil yang siap ngamuk kalo mainannya direbut.

"Mama serius,  Arga.. waktu mama udah gak lama lagi,  mama pengen ngeliat kamu punya anak.."

Damn. Mama emang serius.

"Mama jangan bicara kayak gitu.. Mama akan tetep sama-sama kita di sini kan?" Rengek Donna.

Mama tersenyum lemah,  "Nggak selamanya,  Sayang.." mama menatap gue dan menepuk kursi di sebelahnya,  "Sini,  Arga.." Gue berdiri dan pindah duduk ke sebelah Mama,  jadilah Mama diapit oleh gue sama Donna,  "Boleh kalian peluk Mama?" Gue melirik Donna yang ternyata udah meluk Mama duluan,  gue akhirnya ikutan meluk. Mama mengusap wajah kami bersamaan dengan kedua tangannya,  "Kalian harus janji sama Mama.. Kalian harus saling jaga.. kalian harus bahagia.. gak boleh berantem.." ucap Mama pelan. Gue memeluk Mama makin erat. "Mama seneng liat kalian.." Mama tersenyum dan menghela napas dalam,  "Arga.."

"Ya,  Ma?"

"Janji sama Mama kamu bakalan jagain Donna.."

Gue tersenyum dan mengangkat kepala lalu kemudian mencium kening Mama,  "Iya,  Ma.. Arga janji.."

Mama mendesah lega,  lalu melepaskan pelukan kami dengan lembut. Gue melirik Donna,  dan istri gue itu sedang menatap gue dengan pandangan tidak terbaca.

* * *

"Lo kenapa diem aja?" Tanya gue agak-agak dongkol karena dari tadi Donna cuma ngeliatin jalan raya yang kami lewati sambil ngelamun.

Donna melirik gue dan kelihatan salah tingkah,  "Sori.."

Gue masih berkonsentrasi mengemudi,  "Ada yang salah?" Tanya gue lagi,  hati-hati.

"Oh.. nggak. Gak ada kok.." dia menghela napas,  "Lo pasti sayang banget sama Mama.."

Gue mengernyit,  "Ada apa,  Dona?"

Dia manyun,  "Kapan sih lo bakalan bener nyebut nama gue?"

Gue terkekeh,  "Gak tau.." gue melirik dia,  "Lo kenapa ngelamun terus?"

"Hhh.. gue cuma kangen Mama aja. Lo beruntung banget masih bisa liat nyokap lo.." ucapnya pelan sambil menunduk.

"Hey,  Mama gue juga sekarang Mama lo juga.." Gue mengulurkan satu tangan dan mengusap rambutnya,  mencoba menghiburnya. Donna emang udah gak punya Mama sejak dia masuk SMA. Begitu yang gue tau. Dia mendongak dan langsung berbinar.

"Beneran?"

Gue tersenyum dan mengangguk. Dia menatap gue terharu,  "Makasih,  Araga.." ucapnya tulus.

"Sama-sama,  Sayang.."

"By the way,  kayaknya lo sayang banget sama Mama sampe lo rela ngelakuin ini semua.."

Gue mengangguk,  "Mama segalanya buat gue,  gue rela mati buat Mama.. Asalkan Mama bahagia.." tanpa terasa,  mata gue mulai panas. Duh,  jangan nangis di depan Donna,  pliiis..

"God.. You're a good man.." Donna menepuk bahu gue pelan,  "Tapi kayaknya nasib lo sekarang lagi apes ya,  karena harus stuck nikah sama cewek gak jelas kayak gue.."

Gue meliriknya lagi sambil mengernyit,  sumpah deh,  ni cewek kenapa selalu merendah? Donna itu cantik,  cute,  lucu,  dia pinter,  terbukti dia ngajar bimbel anak-anak SMA. Dan kata si Nadia juga Donna itu baik banget,  dan gak pernah ngebiarin kalo ada satuu aja temannya yang kesusahan.

"You're not that bad. Lo cewek paling lucu yang pernah gue lihat.." ucap gue agak geli.

"Lucu nenek moyang lo! Gue biasa aja kaliii!!"

Gue ketawa. Gue membelokkan mobil ke sebuah pagar rumah yang udah dibuka sama penjaga,  gue melirik Donna dan mengedipkan mata,  "Welcome home,  Honey.."

Donna melotot melihat rumah baru kita,  dia melirik gue,  mulutnya sedikit terbuka,  "Lo bercanda,  Araga!"

* * *

gimana nih,ada yang penasaran lanjutannya gaa??

masih sepi ah..

Araga's Funny Marriage (PUBLISHED)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang