4. Pelangi

1 0 0
                                    

Merasa lucu kalau ingat bagaimana menyebut warna-warna kucing. Sebelum tahu menahu dunia perkucingan, meskipun sampai sekarang belum banyak yang saya tahu tapi ada yang unik dalam penyebutan warna pada bulu kucing.

Salah satunya adalah Red alias merah. Eits, jangan keburu bayangin kucing warna merah karena itu hanya istilah. Kalau orang awam biasanya nyebutnya kuning, orange, coklat. Kucing warna ini 'tuh indah banget menurutku dan saya sangat suka karena tidak seperti hitam atau putih, warna red itu menarik. Sebenarnya hanya pendapat pribadi yang lebih menjurus pada obsesi.

Selain itu karena kucing yang kebanyakan saya grooming adalah warna putih atau hitam. Rasanya saya berasa hidup di dunia hitam putih yang flat. Kucing saya juga warnanya putih totol hitam, hitam dengan pola bikini putih di dadanya, dan satu lagi hitam putih. Yah, saya ingin yang warna merrrah merekah.

Ada juga loh yang istilahnya blue. Hmmm ... apalagilah ini. Kalau blue itu artinya biru jadi kucingnya warna seperti langit atau laut, begitu? Jelas bukan ya, tapi sebenarnya abu-abu. Jauh ya? Kenapa nggak grey aja sebutannya? Sayangnya memang begitulah istilah dari nenek moyang.

Saya suka kucing abu-abu karena terlihat seperti bulunya sangat tebal dan hangat walaupun sebenarnya tipis. Tapi saya akui banyak di antara kucing yang datang berwarna abu-abu itu bentuk badannya hampir semua gembul, tembam, dan bulunya sungguhan tebal sampai-sampai di blower nggak kering-kering.

Seal point, blue point, red point. Asing ya? Bahasanya doang kok, aslinya ya tetap kucing seperti yang lainnya. Hanya saja warna-warna ini termasuk ke dalam Himalaya, begitu para suhu kucing menyebutnya. Mereka itu bulunya seperti krem gelap atau abu-abu nggak jadi gitu. Yang unik dari Himalayan adalah warna gelap di pucuk-pucuk anggota badan seperti ujung telinga, ujung hidung, ujung kaki, dan ekor. Pokoknya warna gelap di pucuk daun the, eh, di pucuk-pucuk rambut kucing.

Selain istilah warna-warna di atas yang lainnya masih sama sebutannya sesuai dengan yang kita lihat. Putih, hitam, krem. Oh ya, satu lagi istilah yang lebih mendalam yaitu Solid. Sesuai namanya yang artinya padat jadi warna seperti black solid, white solid berarti kucingnya hitam seluruh tubuh atau putih seluruh tubuh.

Sebenarnya sangat banyak istilah lainnya dan itu mesti dipelajari lebih mendalam lagi. Berhubung ingatan saya yang seperti Dori si ikan alias jangka pendek jadi saya masih perlu belajar lagi di kelas yang memang khusus mempelajari warna.

---000---

GROOMERS DIARYWhere stories live. Discover now