TIGA BELAS JIWA

By slsdlnrfzrh

1.3M 188K 70.8K

Cerita ini adalah penggalan kehidupan dari tiga belas jiwa yang bekerja di rumah sakit jiwa. Kalian akan mene... More

Tiga Belas Jiwa
[SC] Raga
[JH] Johan
[JS] Joshua
[WJH] Arel
[KSY] Catra
[JWW] Dipta
[WZ] Khrisna
[DK] Arthur
[KMG] Pram
[XMH] Mada
[BSK] Gatra
[VN] Vernon
[DN] Dino
1.1 Raga
1.2 Johan
1.3 Joshua
1.4 Arel
1.5 Catra
1.6 Dipta
1.7 Khrisna
1.8 Arthur
1.9 Pram
1.10 Mada
1.11 Gatra
1.12 Vernon
1.13 Dino
2.1 Raga
2.2 Johan
2.3 Joshua
2.5 Catra
2.6 Dipta
2.7 Khrisna
2.8 Arthur
2.9 Pram
2.10 Mada
[Special Part] Manjiw Squad Girls
2.11 Gatra
2.12 Vernon
2.13 Dino
3.1 Raga
3.2 Johan
3.3 Joshua
3.4 Arel
3.5 Catra
3.6 Dipta
3.7 Khrisna
3.8 Arthur
3.9 Pram
3.10 Mada
3.11 Gatra
3.12 Vernon
3.13 Dino
4.1 Raga
4.2 Johan
4.3 Joshua
4.4 Arel
4.5 Catra
4.6 Dipta
4.7 Khrisna
4.8 Arthur
4.9 Pram
4.10 Mada
4.11 Gatra
4.12 Vernon
4.13 Dino

2.4 Arel

16.3K 2.6K 631
By slsdlnrfzrh

Arel

"Kadang Rafael suka pengen deh, A, rapot diambilin sama ayahnya."

Gue sangat dekat dengan Rafael— adik gue sendiri sampai-sampai gue merasa bahwa tidak ada lagi jarak diantara kita. Kadang kalau lagi gak punya tugas sekolah, Rafael selalu tiduran di kamar gue. Entah untuk sekedar memutar lagu lewat sound speaker, atau baca-baca buku psikologi yang gue pajang dalam sebuah rak khusus bertingkat empat.

"Kan A Arel suka ambil rapot kamu, sama aja."

Sedih sih, sedih banget malah. Dan ini adalah pertama kalinya gue mendengar Rafael mengeluhkan sesuatu yang menurut gue cukup sensitif untuk dikatakan. Selama hampir tiga belas tahun dia sekolah, dari mulai TK hingga SMA kelas tiga, gak pernah sekalipun dia protes meski rapotnya ditahan oleh guru. Bunda sering sibuk ngejait baju pesanan, sementara gue sibuk kuliah dan juga kerja sehingga mau gak mau rapot Rafael harus tertahan dua atau tiga hari setelahnya.

"Ayah dimana sih, A?"

Gue yang saat itu sedang menggulir timeline Instagram sontak menoleh kearah Rafael. Remaja itu masih membaca sebuah buku terjemahan yang gue belikan di hari ulang tahunnya, sama sekali gak melihat gue selaku lawan bicaranya.

"Kenapa nanya?" nada suara gue terdengar datar, "Rafael mau ketemu?"

Bukunya dia tutup, kemudian duduk diatas ranjang sama seperti gue yang sekarang ini tengkurap dekat kabel colokan. "Cuma penasaran. Hidupnya gimana sih setelah ninggalin Aa, Rafael, sama Bunda?"

"Gak usah tau, kalo kamu pengen punya ayah, sana cariin bunda suami yang bener. Guru kamu tuh, yang duda, aduin ke bunda."

Mendengar itu Rafael ketawa, dia meringsut dari tempat tidur lalu berdiri sambil bersiap pergi. "Gak mau ah, Pak Timo anaknya dua. Yang satu lagi Rafael deketin, hahaha!"

"Dih, bocah, udah tau cewek bening. Pamali kamu ngelangkahin abang sendiri." Ujar gue yang membuat tawanya semakin kencang.

"Lagian Aa kapan punya pacarnya sih? Masih musim kejebak friendzone?" Bisaan banget nih bocah bikin gue kicep, "Rafael ke kamar dulu, ya. Mau buka ruangguru, persiapan ujian."

Gue mengangguk, "Bagus, sana belajar. Kalo mau masuk ITB jangan setengah-setengah, dikata murah apa ntar lu sekolah?"

"Ya makanya ini mau belajar, biar dapet beasiswa." katanya sembari melengos pergi. Gue menggeleng, senyum yang semula terpasang perlahan-lahan mulai memudar. Gue menarik napas panjang, menghembuskannya kencang kemudian kembali ke posisi gue semula— tengkurap diatas tempat tidur.

Kali ini gue melog-out akun instagram, lalu membuka aplikasi facebook yang biasa gue gunakan untuk mendaftar game-game online. Gue menekan kolom pencarian, mengetik beberapa kata disana sampai sejumlah result muncul berderet begitu gue memencet ikon penelusuran. Sejenak napas gue tersendat, sempat maju mundur untuk membuka sebuah akun namun pada akhirnya gue memberanikan diri untuk melihatnya.

'satu teman yang sama, Rafael Alfinsa'

Rafael ...

Dia bukan anak bego sih, makanya gak heran kalau dia sudah berteman lebih dulu dengan si pemilik akun ini. Gue memeriksa setiap postingannya, seorang lelaki yang harusnya ada diantara gue dan Rafael itu kini telah berbahagia dengan keluarga barunya. Dia punya tiga anak, masih kecil semua dengan satu istri yang menurut gue masih lebih baik bunda kemana-mana. Selalu ada tawa dalam setiap momen mereka, berbeda dengan keluarga gue yang dulu selalu dia berikan rasa kecewa.

Keluarga yang bahagia.

Iya, bahagia gue dan bunda adalah tanpa dia.

Rafael gak salah, dia sama sekali gak bisa disalahkan untuk pertanyaannya yang barusan. Wajar untuk meminta kehadiran seorang ayah, wajar untuk merasa iri pada orang lain yang selalu dihujani oleh kasih sayang lelaki yang mereka panggil ayah. Hati gue hancur ketika mendengar semua itu, tetapi gue gak mungkin menunjukkannya karena gue gak mau terlihat 'sama' sepertinya.

'Gmn? Jadi ikut lunch sama kita?'

WhatsApp yang gue dapat dari Joshua saat gue baru saja menyelesaikan praktek setengah hari di RSJ berhasil membuat gue mematung di atas kursi. Gak enak juga sih ganggu quality time mereka, apalagi Joshua jarang banget ketemu sama orang tuanya makanya gue masih mikir-mikir buat gabung bersama dengan mereka. Akhirnya setelah menganggurkan pesan itu selama lima menit, jemari gue mulai bergerak dengan bibir yang ikut menyebutkan keseluruhan isi pesan gue untuk Joshua.

"So ... rry, Jo. Ka ... yak ... nya, gu ... e gak bi ... sa kare ... na ... harus ngan ... ter bunda ke ... rumah uak. Thanks be ... fore."

"Yak, sip!" pekik gue kencang, memasukkan ponsel kedalam tas dan bergegas keluar dari Klinik Psikometri. Tadinya mau sekalian beres-beres sambil jumatan, tapi keburu telat makanya gue harus bolak-balik dari mesjid ke IRJ cuma buat bawa barang bawaan. Hari Jum'at gini tuh bingungin deh, mau balik ke rumah takut ganggu bunda ngejait. Soalnya kalo ada gue, dia pasti sibuk di dapur untuk sekedar bikin cemilan seperti bakwan dan es buah kesukaan gue. Ngerepotin pokoknya.

Sepertinya ini udah jadi kebiasaan gue deh. Tiap di jalan, gue selalu pake earphone dalam volume sedang supaya gak ngantuk selama berkendara. Kata polisi sih bahaya, tapi menurut gue lebih bahaya lagi kalau seandainya gue cuma ditemenin angin dan ngantuk di perjalanan. Meski bingung mau kemana, gue tetep menjauh dari pelataran RSJ dan mengambil arah ke daerah Cimahi. Pengennya sih nonton, habis gue bosen ngegame dan lagi gabut aja sampe mikir ... enak kali ya ada di bioskop buat sekedar ngadem doang?

Serius deh, AC bioskop tuh mirip bus pariwisata jurusan RSJ - Pangandaran; dingin bro. Sebelas dua belas lah sama AC Alpamart mah, cuma bedanya kalo di bioskop gue bisa tidur sampe telapak tangan mulai mati rasa. Kayaknya emang enak deh nonton di jam segini, ambil yang jam dua supaya bisa makan dulu tanpa harus jajan di bioskop. Soalnya buat gue, harga makanan di resto XXI atau CGV tuh gak manusiawi anjir. Aer botol kecil yang harusnya dua rebu masa jadi dua belas rebu? Gak etis banget kan ya?

Di Bandung enaknya kalo nonton tuh ya di bioskop yang nggak terlalu banyak pengunjungnya. Kalo ke Paskal, gue ogah deh soalnya banyak yang pacaran. Pun dengan PVJ atau BIP, rawan banget pokoknya sama couple-couple bucin yang keluyuran di jam dua sampai jam empatan. Dari jarak enaknya ke BTC aja, letaknya di jalan Pajajaran yang mana gak jauh-jauh banget kalo dari jalur Cimahi.

Dulu, tiap ke BTC, pasti gue sering iseng lewatin komplek AU yang ada di belakang gedung mall ini. Cita-cita gue pengen jadi pilot atau TNI AU, tapi gak kesampean karena gue gak siap sama tes administrasi sama tes fisiknya. Sekarang udah gak minat sih, jadi psikolog calon bintara AU aja gue udah kenyang duluan, apalagi setelah mendengar perjuangan mereka yang ... wah gila, gue yang kepanasan dikit langsung pake sunblock gini mana sanggup kayak mereka.

"Eh? A Arel?"

Jingan.

Kok gue bisa lupa sih kalo mbak-mbak pegawai XXI di BTC tuh cewek ini?

"Eh ... hehehe, Candy."

"Sendiri aja, A? Mau nonton apa? Perasaan ... film-nya bukan selera A Arel deh." Rasa-rasanya gue pengen minjem mulut Johan aja biar bisa bilang anjing semulus betisnya Khrisna. Jantung gue dag-dig-dug gak karuan, padahal cuma disapa sama cewek yang masih pake konde tinggi, kemeja hitam, serta rok span khas mbak-mbak pegawai XXI gitu.

"Iya nih, gabut. Masih di XXI ternyata?" gue berbasa-basi, padahal muka gue udah panas banget saking gugupnya gue sekarang.

"Masih dong, A, mau kemana lagi. Udah betah juga, haha." Duh ilah ... ketawanya masih cantik aja, mirip Jennie Blekping. "Biasanya sama Rafael, tumben sendiri? Atau ... mbaknya lagi ke toilet ya?" dia agak berbisik.

Gue ketawa, "Apa sih, A Arel sendirian ini, gak ada temen. Mau beli tiket dulu, abis itu makan ke bawah, baru pulang soalnya."

Wajahnya keliatan cerah, "Mau ambil yang jam berapa? Yuk, Candy anter. Film yang lagi bagus tuh ... hm ... Mantan Manten?" katanya ragu. Padahal gue gak butuh rekomen karena sebenarnya tujuan gue kesini cuma buat ngadem.

"Boleh deh, Mantan Manten satu. Kamu lagi senggang, Ken?" Gak tau kenapa gue lebih suka manggil dia Kendi, biar nyunda gitu. Lagian namanya susah anjir, Candytia Teranilistanti. Sering keseleo lidah gue tiap nyebut namanya, heran.

"Hm, enggak juga, ya gini lah, A ... kerjaan aku cuma ngawas para pegawai aja." Rasanya pengen gue sindir, sombong amat lu mentang-mentang jadi spv. Gitu. Cuma takut diinjek pake kakinya yang dilapisi sepatu hak setinggi tujuh sampai sepuluh senti itu.

"Oh iya iya, wasap kamu ganti, Ken?" Bisa dibilang gue keceplosan, serius.

"Iya, ganti. Nomer A Arel masih yang lama? Nanti Candy WA kalo udah pegang hape."

Nah kan, pantes aja gue gak pernah lagi liat dia pasang status WA. Padahal biasanya tiap weekend, Candy sering banget upload foto apa aja meski setidak penting macetnya jalanan Bandung, atau kaleng kopi Nescafe depan Alpa yang selalu jadi favoritnya sejak dulu.

"Masih, nanti WA aja ke nomer A Arel." Gue tersenyum, "Lagi kerja kan? Gih, lanjut, A Arel bisa sendiri kok."

Perempuan yang namanya dipanggil dari belakang itu menoleh sebentar lalu melihat gue lagi, "Oke A, maaf ya gak bisa lama-lama. Candy pamit, daah!" katanya. Gue ngeri sendiri liat dia berjalan cepat dengan sepatu setinggi itu. Kalo keperosok gimana? Dasar cewek ceroboh, mana roknya ketat dan panjang banget lagi. Pokoknya kalo jatuh pasti gak ada ampun, langsung gubrak nyium lantai.

Setelah memastikan Candy masuk ke sebuah ruangan khusus staff bersama kawannya, gue langsung berbalik untuk membeli tiket di counter penjualan. Favorit gue pasti row C atau row D, cuma untuk penayangan di jam dua nanti, row C sama D udah penuh makanya gue maju dikit ke row E. Gak apa-apa lah, niatnya juga bukan nonton, dimanapun jadi yang penting gue kebagian tempat duduk yang lumayan sepi dan nggak penuh sederetan.

Dari lantai tiga, gue turun ke lantai satu untuk mencari makanan. Food court BTC ini didominasi oleh restoran oriental seperti Jepang dan juga Chinese. Berhubung gue gak terlalu suka sama oriental food, akhirnya gue keliling dulu sampai menemukan sebuah kedai bernama Soto Betawi Bang Iyan. Menunya soto semua, saat itu gue memilih Empal Gentong plus nasi, teh manis dingin, lengkap dengan emping supaya ritual makan soto-sotoan ini semakin afdol lagi.

Ngomong-ngomong soal Candy, cewek itu adalah adiknya temen gue semasa kuliah dulu. Orangnya supel, cantik, tapi demen banget gonta-ganti cowok sampe gue bingung sendiri manteng kelakuan anehnya. Pernah deket juga sama gue, kalo kata Rafael tuh kita kena friendzone. Gue sering jemput dia, tapi status kita itu-itu aja sampai akhirnya Candy jadian sama cowok lain dan gue ditinggalin. Pikir gue sih ... namanya juga ABG, wajar namanya kalo masih plin-plan.

Kalau gak salah dia anak Perhotelan, dulu sempet kerja di Bali tapi cuma satu tahun karena gak cocok sama lingkungannya. Sekarang Candy jadi supervisor XXI BTC yang tugasnya menjadi leader dalam tim kerjanya dia. Diliat-liat sih dia belum nikah, soalnya kalau udah nikah kakaknya juga pasti gembar gembor dan sibuk nyebar undangan— terutama kepada gue.

Jujur aja, gue suka sama Candy. Cuma lo tau sendiri lah gimana resiko naksir sama bocah kayak dia. Harus siap dengan labilnya, dan harus siap juga dengan perasaannya yang hanya berupa gertakan sementara. Gue gak pernah ambil pusing, tapi tiap ketemu masih aja deg-degan karena memang perasaan gue masih tetap sama alias tidak ada yang berubah. Anehnya, sebanyak apapun gue didekati oleh cewek yang lebih cantik dari dia, gue gak pernah tergoda karena bagi gue menetapkan sebuah rasa itu bukan perkara mudah. Dan gue ... gue adalah orang yang jika sudah suka sama satu perempuan, maka gue akan tetap menyukainya entah sampai kapan.

Ariella?

Seperti yang gue bilang, Ella tuh temen SMA gue. Temen yang ... kalo cerita dan berkeluh-kesah pasti selalu ke dia. Gue gak punya rasa ke dia, pun dengan dia yang murni menganggap gue sebagai temannya saja. Statusnya masih pasien, dari yang gue denger dia pernah melakukan percobaan bunuh diri beberapa hari lalu sampai dilarikan ke UGD. Gue? Shock lah, besoknya langsung datengin dia dan meyakinkan dia bahwa dirinya akan kembali utuh seperti sedia kala.

Setelah kenyang, gue balik lagi ke bioskop sambil menunggu jam tayang film itu tiba. Selama nonton gue nyaris kehilangan fokus, ternyata perut kenyang ditambah dengan sound effect yang mirip speaker dangdut hajatan ini bikin gue ngantuk setengah mampus. Kayaknya gue sadar di akhir film aja deh, cuma liat lima menit terakhir dan langsung bubar gitu aja di jam empat lebih dikit. Lagian cepet banget dah, gue kan masih ngantuk, masih pengen enak-enakan ngadem dibawah AC yang bikin kantung kemih terasa penuh ini.

"A Arel!"

Hampir aja gue loncat ketika sebuah tubuh berdiri tepat dihadapan gue. Dia menghalangi jalan dengan badannya, di wajahnya ada sebuah cengiran lebar yang membuat gue urung untuk marah kepadanya.

"Ayam! Kaget!" Gue berpura-pura, mengangkat kedua tangan ke udara sampai Candy tertawa ngakak.

"Hahaha, astaga, gitu aja kaget." katanya, "Udah nontonnya? Gimana? Seru gak?"

Gue tercengir, "Gak tau, A Arel kekenyangan jadinya tidur. Bangun pas filmnya udah abis."

"Dih, kebiasaan." Matanya mendelik tajam, "Mau nonton lagi? Atau ada kegiatan lain?"

Bentar, bentar. Perasaan tadi dia masih pake seragam, kok sekarang ... cuma pake kaos sama celana jeans?

"Kamu udah beres kerja?" Bukannya menjawab pertanyaan Candy, gue malah balik bertanya kepada dirinya. "Kok jam segini udah pulang?"

"Harusnya aku libur A, tapi lembur, makanya cuma setengah hari." jawabnya, "Abis ini A Arel kemana?" rupanya dia masih penasaran; belum nyerah.

"Pulang mungkin? Kenapa?"

"Ikuuuut!"

Tiba-tiba?

"Candy boleh ikut gak, A?" ulangnya.

"A Arel mau pulang, Ken, bukan main. Ke rumah, pulang."

Perempuan itu berdecak, "Tau, makanya mau ikut." katanya.

Gue berpikir sebentar, "Yakin? Mau ngapain emang? Ketemu Rafael? Hm?" gue inget nih, dulu pas Rafael SD atau SMP, dis sering banget dicengin Candy karena katanya dia cakep.

"Ya ketemu Bunda A Arel lah!" ucapnya, "Candy kan dulu pernah janji, bakalan ketemu sama bundanya A Arel kalo Candy udah siap. Sekarang Candy siap nih, boleh kan? Pengen kenal sama Bunda, hehe."

Gue gak suka dengan sisi Candy yang ini. Dia mau ngasih gue harapan lagi apa gimana? Bisa-bisanya dia masih mengingat ucapannya sendiri yang bilang kalo dia pengen ketemu bunda. Itu udah berapa tahun coba? Lima? Enam? Pokoknya lama banget lah, jaman-jaman gue masih kuliah dan kerja sampingan di jasa pengiriman paket sebagai kurir barang.

"Bo ... leh, sih." ucap gue canggung, "A Arel cuma kaget aja, tiba-tiba banget soalnya, haha."

"Yaudah yuk?" Tanpa permisi, Candy menggandeng tangan gue kemudian mulai melangkah pergi dari sana. Gue kehilangan refleks, cuma bisa pasrah dengan kepala yang tidak fokus mencerna apapun soal ucapan yang keluar dari mulut Candy. Yang gue denger dia lagi ngeluh soal kerjaan, dan juga soal kakaknya yang makin sini makin menyebalkan.

"WEY REL, GILEEE!"

Kenapa sih hari ini gue sial banget?!

"Sape nih? Diem-diem bae, cewek lu?" Kalo gue cuma ngasih clue manusia ini setengah sakau, kira-kira lo tau gak siapa orangnya? "Eh hehe, tetehnya geulis pisan. Mau-maunya sama si narsis, hahaha!"

"Berisik Catra!" Gue menyentak, Candy yang tadinya bengong ngedadak ketawa begitu sadar bahwa Catra adalah teman gue. "Gak sopan lu, temen gue ini. Jangan sekate-kate dah, kebiasaan."

"Halo kak, aku Candy." Ini lagi, Candy apa-apaan coba pake kenalan segala? "Temennya A Arel." tambahnya.

"BAHAHAHAHA! Aa katanya, merinding gua rel dengernya." Catra memeluk badannya sendiri sambil bergidik. "Hai Candy, gue Catra, bekas temennya Arel." dia ikut memperkenalkan. "Btw, nama lu kek siapa tuh yang dulu maen sinetron jadi anak panti? Rachel Amanda ya? Yang lagunya ... tidurlah, selamat malam~"

"Ken, yuk pergi, ngeladenin monyet tuh capek sendiri tau." gue menarik tangan Candy. Perempuan itu gak bisa menolak tarikan gue, hanya saja dia masih punya itikad baik untuk melambai dan berpamitan pada Catra yang entah kenapa bisa ada di BTC. Kayaknya sih sendirian, tapi stylenya keren banget sampe pake kaos dan kemeja kotak-kotak yang katanya mahal itu.

"Siapa sih, A? Lucu deh." tanya Candy.

Wajah gue tertekuk, "Ada lah, dokter dari NAPZA, bekas temen Aa."

"Hahaha, mana ada." katanya, "Semakin disangkal, itu artinya pertemanan kalian semakin deket. Candy bener gak?"

Giliran gue yang ketawa, "Haha, iya kayaknya. Di RSJ, A Arel punya squad, isinya 13 orang. Ntar A Arel kenalin satu-satu ke kamu."

"Ada yang ganteng gak?"

"A Arel doang yang ganteng, sisanya low quality. Ibarat youtube, A Arel 1080p, mereka cuma 144p."

"Iya deh, A Arel emang paling ganteng!" Candy mengacungkan jempolnya. Gue gak menemukan keterpaksaan atau main-main dalam suaranya, dia ... selalu kedengeran tulus. Dan hal itu juga lah yang membuat gue selalu saja terjebak dalam pesona luar biasanya.

"Kamu bawa helm gak?" tanya gue yang baru ingat kalau gue cuma bawa satu helm aja.

"Enggak, tadi berangkat naik Gojek, A."

"Duh, gimana dong? A Arel cuma bawa satu." Gue kelimpungan sendiri begitu sampai ke parkiran basement, "Kamu gak apa-apa kalo gak pake helm? A Arel ambil jalan tikus paling, lagi rame razia soalnya."

Candy mengangguk sembari membenarkan ikatan pada rambutnya, "Gak apa-apa, A Arel bawa motornya pelan aja tapi, oke?"

Gue tersenyum, "Baik tuan puteri, siap-siap ya, naiknya hati-hati."

Sebuah pukulan pelan gue dapat di bahu sebelah kanan. Candy naik dengan perlahan, lalu dalam hitungan detik dia memeluk pinggang gue erat sesuai dengan kebiasaannya setiap kali naik motor berdua bersama gue. Gue udah gak aneh lagi dengan situasi ini, merasa nyaman-nyaman aja karena memang hal inilah yang selalu Candy lakukan.

Di sepanjang jalan kita banyak berbicara soal masa lalu. Tentang gimana deketnya kita, hal-hal apa saja yang pernah kita lakukan, hingga kisah dramatis soal ketidakdewasaan kita berdua yang memilih menjaga jarak karena kesalahpahaman semata. Ada yang berubah dari Candy, dia terasa lebih dewasa dan bisa mengontrol emosi dengan amat sangat baik. Dia menjadi orang yang selalu berpikir sebelum berbicara, pokoknya jauh banget lah sama Candy yang dulu gue kenal, seriusan.

Butuh waktu tiga puluh menit sampai akhirnya motor yang kita tumpangi tiba di pekarangan sebuah rumah. Ada banyak bunga yang tumbuh di halaman, semuanya kesukaan bunda apalagi bunga mawar serta krisan putih di depan pagar tembok. Candy turun lebih dulu, sementara gue masih harus memarkirkan motor ke dalam pagar supaya lebih aman. Sejenak perempuan itu terpaku, tampak kagum dengan pemandangan asri yang saat ini tertangkap oleh kedua mata indahnya.

"Wah, banyak banget bunganya."

Gue yang baru selesai membuka helm tersenyum manis, "Iya, punya bunda semua. A Arel pernah nanem, tapi mati terus, kata bunda sih gak bakat."

"Kayaknya Bunda harus kenal sama Candy deh, A." katanya, "Candy titisan peri kebun, suka bunga dan pinter berkebun, haha. Di rumah aja nanem cabe, bawang, sama tomat!"

"Masa sih?" percaya gak percaya sih gue, "Masuk yuk? Bunda didalem pasti."

Belum sempat gue melangkah, sebuah tangan mencekal lengan gue hingga gue urung untuk melakukannya. "A Arel ... " lirihnya, "Candy deg-degan, takut, malu."

"Kenapa malu astaga? Bunda baik, nggak gigit."

"Baju Candy bagus gak? Sopan kan? Candy nggak menor kayak tadi kan? Duh, Candy takut first impression Candy jelek di mata bunda."

"Sshh, gak akan, ayo masuk." Gue menggenggam sebelah tangannya lalu membawa dia masuk menapaki teras depan rumah. Perempuan itu keliatan gugup, apalagi ketika gue membuka pintu dan suara seorang perempuan terdengar untuk menjawab salam yang kita berdua ucapkan.

"Bunda, Arel pulang."

"Eh, anak bunda udah pulang. Langsung— loh, sama siapa ini?" Di leher bunda masih ada meteran warna kuning yang udah mulai jelek. Dia berdiri, meninggalkan semua pekerjaannya hanya untuk menghampiri gue dan Candy yang mendekat kearahnya.

"Assalamualaikum, Bunda. Aku Candy, em ... anu ... temennya A Arel."

"Waalaikumsalam, Candy." bunda menjawab dengan ramah, "Temen apa temen? Yuk duduk, biar bunda buatkan minum."

"Temen hidup nih, bun." Ceplos gue, "Bunda duduk aja disini, biar Arel yang buatin minum. Rafael belum pulang?"

Bunda menurut, dia membawa Candy duduk kemudian menjawab, "Belum, ada kerkom katanya. Airnya panasin dulu a, tadi colokan dispensernya kecabut sama bunda."

"Siap bunda, teh manis anget ya?" tawar gue. Keduanya mengangguk, gue langsung berjalan ke dapur dan meninggalkan keduanya mengobrol di ruang tengah. Iseng-iseng gue ngintip keduanya, muka Candy keliatan tegang namun perlahan-lahan dia mulai santai. Bahkan samar-samar, ketika gue sedang menyeduhkan teh manis hangat kedalam beberapa gelas, gue bisa mendengar suara tawa yang asalnya dari mereka berdua.

Gue mengantarkan minuman ke ruang tengah, namun gak ikut ngobrol karena harus ganti baju akibat gerah. Dalam hitungan menit aja keduanya langsung deket, gue dianggurin karena sekarang Candy malah ngikutin bunda kemanapun dia pergi. Malah kayaknya kehadiran gue sama sekali gak dianggap. Keduanya sibuk dengan dunia mereka sendiri. Bunda duduk di belakang mesin jahit sambil mengobrol, dan Candy duduk di atas sebuah kursi yang bersebelahan dengan bunda sambil sesekali membantu bunda merapikan kain yang tengah dia jahit.

"Teh Candy?" tanya Rafael yang kini duduk tepat disebelah gue.

"Hm, liat tuh, bunda kamu direbut sama dia."

"Baru juga kemaren diomongin." ucapnya, "Udah taken, A? Gak friendzone lagi?"

Gue ketawa, "Masih lah, masih friendzone. Taken apaan, baru juga ketemu hari ini."

Remaja itu berdiri, padahal belum genap satu menit dia duduk di samping gue. "Ya bagus lah, seenggaknya ada kemajuan. Kata Pak Timo nih ya, kalo cewek udah mau dibawa ke rumah, itu artinya cewek itu serius sama Aa."

"Jangan kebanyakan gaul sama duda deh, pikirannya aneh." Gue yang semula masih mencoba fokus pada layar televisi sontak pergi dari sana dan meninggalkan Rafael lebih dulu. Dia terkekeh, masih mengejek gue namun dalam volume yang amat begitu pelan. Langit di luar sudah gelap sepenuhnya, warnanya biru kehitaman, pertanda kalau malam ini langit Bandung sedang ada dalam suasana hati yang begitu baik.

"Dar!"

Gak. Gak kaget. Udah tau juga kalo Candy bakalan ngikutin gue ke luar rumah kayak gini.

"Kok kayak bete?" tanyanya.

"Bete lah, A Arel jadi dianggurin sama bunda soalnya."

Candy ketawa, dia berpegangan pada tangan gue saking ngakaknya dia sekarang. "Aduh, Aa, gabung aja kalo iri. Lagian bunda asik deh, melek mode banget. Baju buatannya bagus-bagus, ternyata kita punya interest yang sama makanya seru banget ngobrol sama bunda."

"Bunda cerita apa aja?" tanya gue, "Kok tadi kamu nangis?"

Dalam sekejap mata, Candy gelagapan. "Oh, itu ... kayaknya bunda keceplosan cerita soal ... ayahnya A Arel sama Rafael."

Tubuh gue memanas, "Kamu tau?"

"Iya, bunda cerita, maaf ya, A."

"Gak apa-apa, bagus kalo kamu udah tau." Gue berbalik hingga posisi kita berdua saling berhadapan, "Ken, A Arel boleh nanya satu hal ke kamu gak?"

Matanya yang bulat membelalak, "Soal apa, A?"

"A Arel tuh ... menurut kamu kayak apa?"

"Ganteng?"

kok malah jawab itu sih?

"Selain ganteng."

"Baik? Penyayang?" dia menjeda selama beberapa saat, "A Arel tuh ... apa ya? Gak tau, pokoknya A Arel baik, penyayang, dan tentunya ... enggak deh, gak jadi."

Gue tersenyum miring lalu maju satu langkah. Sepertinya ada yang akan Candy ucapkan namun dia mencoba menahannya. "Kok gak jadi? Kenapa?"

"Gak apa-apa, gak jadi aja. Hari ini kebetulan banget gak sih, A? Ketemu di bioskop, ketemu bunda, makasih pokoknya aku seneng banget ketemu sama A Arel lagi."

"Kenapa ngilang?" pertanyaan gue membuat dia diam, "Beberapa tahun ini ... kamu kemana aja? Kenapa ngilang dari A Arel? Candy masih suka gak sama A Arel?"

Raut wajahnya berubah gugup, dan gue rasa gue telah salah langkah karena berhasil membuat dia terpojok. Candy berusaha rileks, dia menarik napasnya dalam-dalam kemudian sedikit menghindar dengan cara berjalan mendekat kearah bunga-bunga di depan pagar teras.

"Candy nggak ilang, A." ucapnya, "Candy ada kok, masih di tempat yang sama. Candy cuma ... gak punya keberanian aja buat nemuin A Arel lagi. Candy merasa dosa aja, pas A Arel nembak waktu itu, Candy udah punya cowok dan A Arel yang ilang duluan. Tapi Candy cuma pacaran dua bulan aja, soalnya Candy terus keingetan sama A Arel dan sampe sekarang Candy gak deket sama siapa-siapa meski banyak yang coba buat deketin Candy."

"Kenapa?" gue masih belum puas.

"Soalnya ada yang Candy tunggu."

"Siapa?"

"A Arel. Jourell Ravinsa."

"Kamu suka sama A Arel?"

Dia mengangguk mantap, "Suka."

Gue tak berbicara lagi, memilih menghampiri dia untuk sekedar berdiri tepat di sebelahnya. Gue melihatnya lama, sempat berpandangan namun sesegera mungkin Candy memalingkan wajah entah alasannya apa.

"A Arel gak mau ketipu lagi, Ken." ucap gue, "Kalo Candy suka sama A Arel, Candy harus tunjukin bahwa Candy gak main-main kayak dulu lagi."

Perempuan itu diam, namun kali ini dia punya keberanian untuk menatap kedua mata yang gue punya. Gue gak bisa kasih lo jawaban soal gue yang juga menyukai lo. Karena tanpa mengatakannya pun, seharusnya lo tau bahwa rasa yang gue punya gak pernah berubah sejak dulu kala. Gue menepuk puncak kepalanya pelan, kemudian masuk lebih dulu ke dalam rumah dan meninggalkan dia sendirian di teras bagian depan.

Untuk memilih lo, gue harus tau seserius apa perasaan yang lo punya kepada gue sekarang. Gue gak cuma butuh cewek yang mencintai gue, tetapi gue juga butuh perempuan yang mau menerima keadaan gue, kehadiran bunda, serta Rafael yang sampai detik ini masih menjadi tanggungan dalam hidup gue.

✡️✡️✡️









Guys, sorry for the late update~

Aku udah bilang dari awal bulan maret kan, bulan ini bakalan hectic banget dan ternyata hectic-nya di akhir bulan dong wkwk. Kalian, keep safe ya~ keep healthy juga, jangan ujan-ujanan (Bandung sering ujan), sering cuci tangan, makan makanan yang sehat pokoknya jangan sampe imun kalian turun!

Kalo disuruh dirumah, dirumah aja. Kecuali kayak aku yang emang gak bisa WFH😭 gapapa, mari saling mendoakan supaya kita dijauhkan dari virus-virus berbahaya huhu

Continue Reading

You'll Also Like

1.6K 242 33
Katanya, cinta itu akan tumbuh sama seperti benih yang dirawat dengan kasih sayang. july 17, 2021
208K 39.4K 35
[ㅎㅈㅅ #BOOK2] hubungan jisung dan lina belum berakhir sebelum ada sesi baku hantamnya. sequel book from 'HAN JISUNG'. #41 in shortstory p.s: harsh wo...
784K 80K 55
Menceritakan tentang kehidupan 7 Dokter yang bekerja di rumah sakit besar 'Kasih Setia', mulai dari pekerjaan, persahabatan, keluarga, dan hubungan p...
JEONlusi By ARRA

Fanfiction

27.2K 5.5K 24
[Graha Permai Series] JALUSI adalah ornamen di bagian jendela rumah yang memiliki fungsi dan manfaat untuk kehidupan sehari-hari. JEONlusi adalah sek...