TIGA BELAS JIWA

By slsdlnrfzrh

1.3M 188K 70.7K

Cerita ini adalah penggalan kehidupan dari tiga belas jiwa yang bekerja di rumah sakit jiwa. Kalian akan mene... More

Tiga Belas Jiwa
[SC] Raga
[JH] Johan
[JS] Joshua
[WJH] Arel
[KSY] Catra
[JWW] Dipta
[WZ] Khrisna
[DK] Arthur
[KMG] Pram
[XMH] Mada
[BSK] Gatra
[VN] Vernon
[DN] Dino
1.1 Raga
1.2 Johan
1.3 Joshua
1.4 Arel
1.5 Catra
1.6 Dipta
1.7 Khrisna
1.8 Arthur
1.9 Pram
1.10 Mada
1.11 Gatra
1.12 Vernon
1.13 Dino
2.2 Johan
2.3 Joshua
2.4 Arel
2.5 Catra
2.6 Dipta
2.7 Khrisna
2.8 Arthur
2.9 Pram
2.10 Mada
[Special Part] Manjiw Squad Girls
2.11 Gatra
2.12 Vernon
2.13 Dino
3.1 Raga
3.2 Johan
3.3 Joshua
3.4 Arel
3.5 Catra
3.6 Dipta
3.7 Khrisna
3.8 Arthur
3.9 Pram
3.10 Mada
3.11 Gatra
3.12 Vernon
3.13 Dino
4.1 Raga
4.2 Johan
4.3 Joshua
4.4 Arel
4.5 Catra
4.6 Dipta
4.7 Khrisna
4.8 Arthur
4.9 Pram
4.10 Mada
4.11 Gatra
4.12 Vernon
4.13 Dino

2.1 Raga

16.6K 2.6K 1.3K
By slsdlnrfzrh

Raga

Akhir-akhir ini, jam kerja gue semakin gak beraturan. Apalagi saat salah satu dokter gawat darurat fisik cuti hamil, gue harus menghandel pekerjaannya sampai dokter Lussy masuk. Sekarang udah nggak terlalu sibuk, bisa deh tuh pulang tepat waktu walau seringnya ketahan juga gara-gara harus ngurusin beberapa hal sama pejabat rumah sakit soal HUT RSJ yang tinggal sepuluh hari lagi.

Kalo biasanya tiap istirahat gue selalu dateng ke bangsal rawat inap, lain halnya dengan sekarang. Beberapa hari lalu Melody udah pulang ke rumah, Pram bilang keadaan mentalnya telah kembali stabil dan dia menyarankan supaya Ody di rawat jalan aja. Semenjak Ody pulang, gak ada lagi yang nyamperin gue ke UGD sambil bawa sebungkus penuh oreo. Gue juga gak harus marah-marah lagi karena tangannya yang gak bisa diem tiap main ke ruang dokter. Sepi sih, kayak ada yang kurang gitu, mungkin karena sebulan ini gue selalu ketemu cewek moody itu kali ya makanya ngerasa begitu kehilangan?

Tiga hari lalu, kakak sepupunya Ody yang kena kanker darah sejak kecil meninggal dunia. Gue sempet ketemu sama kakaknya itu pas Ody masih dirawat di RSJ, anaknya baik banget sampai-sampai Ody menganggap dia seperti kakak kandungnya sendiri. Makanya pas meninggal kemarin, Ody keliatan sangat kehilangan sampai menangis histeris di samping pusaranya. Kenapa gue bisa tau? Soalnya gue dateng dan tentu saja gue dan Melody masih berkomunikasi hingga sekarang.

'Naksir kan lo sama Ody?'

Sepertinya pertanyaan itu udah sering banget gue dapatkan deh. Apalagi anak-anak Manjiw, mereka gak pernah berhenti cengin gue buat cepet-cepet gaet Ody setelah Mada menggelar pernikahannya hari minggu lalu. Gimana ya ... gue juga bingung apakah gue naksir Ody atau enggak. Ody tuh udah kayak adek gue sendiri, dan gue merasa bertanggung jawab aja gitu soalnya selama di RS dia deket banget sama gue— walau tuh bocah bisaan banget bikin gue dag-dig-dug cuma karena celetukan kekanakannya.

"Dokter Raga dimana?"

Gue lupa, tadi gue gak pamitan sama Ody ketika lagi tahlilan di rumah keluarga besarnya. Habisnya Vernon telepon gue, katanya adiknya sakit dan lagi dibawa ke rumah sakit. Sebenarnya gue gak terlalu khawatir, cuma karena suara si bule itu kedengeran kayak yang mau nangis, akhirnya gue pontang panting pergi buat nyamperin dia ke Dinkes Kota Bandung.

"Maaf, barusan adiknya temen dokter Raga sakit jadi dokter jengukin dulu bentar. Tahlilnya udahan?"

Bahaya sih kalo teleponan sambil naik motor, tapi mau gimana lagi soalnya gue males berhenti apalagi jalanan lagi sepi. Jalanan kecil yang menghubungkan jalan utama dengan rumah Dino ini agak lumayan gelap dan rawan. Tadinya gak akan gue anterin sampe rumah, namun berhubung emaknya Dino posesif banget akhirnya gue memutuskan untuk mengembalikan si bungsu ini ke rumahnya supaya dia gak harus kena omel ibundanya.

"Udahan, baru aja." suaranya mirip bocah banget, mentang-mentang baru delapan belas tahun. "Ini tas dokter Raga ketinggalan, dokter Raga dimana?"

Gue baru ngeh, sejak tadi gue gak bawa waist bag yang ternyata memang ketinggalan di tempat tahlilan. Beruntung dompet gue ada di saku celana, aman deh kalo misal di jalan nanti gue dicegat sama Tim Prabu dan disuruh menunjukkan SIM serta STNK. "Aduh, lupa, Dy. Dokter di Karapitan, sekarang kesana lagi deh buat bawa tasnya." ucap gue.

"Yaudah, Ody tunggu ya, hati-hati." katanya.

"Mau dibawain apa?"

Perempuan itu kebingungan, "Hah? Bawain apa gimana?"

"Laper gak? Mau jajan apa? Dokter Raga bawain sekalian kesana."

"Nggak usah, udah malem, dokter Raga kesini aja."

"Oke, Cornetto Oreo sama Frestea ya."

Gue mematikan sambungan, menyimpan ponsel susah payah kedalam penyimpanan dibawah stang supaya nggak kerepotan. Ody suka banget sama segala sesuatu yang berbau oreo, dia juga suka sama Frestea rasa Markisa yang menurut gue rasanya kayak pipis kuda. Dia gak minta sih, tapi apa salahnya gue bawain? Siapa tau moodnya ngedadak jelek karena gue pergi tanpa pamit, anggap aja permintaan maaf sekaligus rayuan supaya perempuan itu gak harus uring-uringan.

Gue mampir bentar ke Alpamidi, beli beberapa eskrim supaya Ody kenyang makan semuanya sendirian. Rumah perempuan itu ada di Setiabudi, lumayan makan waktu juga walau di jam ini jalanan Bandung nggak sepadat jam-jam lain. Saat tiba kesana, rumahnya udah sepi, sisa segelintir orang aja yang gue tebak merupakan saudara serta keluarga dekatnya Melody.

"Dokter!" Pekiknya girang, dia yang semula tengah duduk diatas kursi sontak berdiri seraya melambai kencang.

"Hai cantik." Mohon maaf nih, bukannya gue kerdus, cuma kadang kalo liat yang gemes-gemes tuh gue suka gak tahan buat sekedar usek-usek rambutnya sampe berantakan.

"Lama, digigitin nyamuk." Dia menunjuk punggung tangannya yang memerah karena digigit hewan kecil tersebut.

"Maaf, tadi kan mampir beli ini dulu." Ucap gue kemudian menyerahkan kantong plastik warna putih yang isinya lumayan banyak. "Mana tas dokter? Mau pulang lagi soalnya udah mal—"

"Gak boleh!" Astaga, kaget gue. "Kata Mama makan dulu! MAMA, INI DOKTER RAGA UDAH DATENG!"

Mulutnya tuh ... kayaknya cocok deh jadi pengantar pesan lewat suara dari UGD ke Instalasi NAPZA. Gue mau nolak, cuma tiba-tiba aja seorang perempuan setengah baya muncul dari pintu ruang utama sambil tersenyum lebar sembari menyampirkan ujung pashminanya ke pundak sebelah kanan.

"Eh, dokter Raga, hayuk makan dulu, ditungguin daritadi kok ilang."

"Nggak usah bu, saya ... udah malem lagian, cuma bawa tas aja kok ini, hehe."

"Ih, dokter." Ody menabrak lutut gue menggunakan keresek yang dia jinjing, "Gak baik nolak tawaran orang tua. Yuk makan? Gratis kok nggak bayar."

Kesannya gue kayak cowok miskin gitu deh sampe dikatain makanannya gratis, enggak bayar. Untung bocah, kalo bukan udah gue sentil nih keningnya sampe kedengeran suara 'pletak'.

Karena gak enak sama ibunya, gue pun menuruti tarikan tangan Ody yang menyeret tubuh gue masuk kedalam rumah berukuran besar itu. Di ruang makan rupanya udah ramai, mereka langsung lempar senyum ke gue dan menyambut seolah-olah gue ini bukan orang asing bagi mereka. Suasananya nyaris tidak diselimuti duka, soalnya kata Mama Ody, keluarga sudah sangat ikhlas atas kepergian mendiang karena itu artinya mendiang gak usah lagi ngerasain sakit selama hidup di dunia.

"Saya Darma, omnya Ody." Yang badannya tinggi besar memperkenalkan diri, "Kakak ibunya."

"Raga, om." Balas gue sopan, mencoba tersenyum seramah mungkin.

"Udah ketemu sama ayahnya Ody belum?" Dia bertanya yang langsung mendapatkan gelengan pelan dari kepala gue.

"Belum, om, baru ketemu sama ibu aja."

"Kerjanya di pesiar, jadi Head Chef, pulangnya ... dua bulan lagi apa ya, Ni?" Om Darma bertanya kepada Mamanya Ody untuk memastikan.

"Iya, dua bulan lagi, A."

"Usia berapa sekarang dok?" Duh, gue kalo ditanya usia suka rada minder nih.

"Desember ini tiga puluh, om. Udah ... lumayan."

Om Darma yang semula hendak meminum airnya batal melakukan hal tersebut. Dia memandang gue tak percaya, entah karena muka gue keliatan lebih tua dari angka yang disebut atau justru sebaliknya. "Serius tiga puluh? Lah, saya pikir baru dua empat."

Alhamdulillah, dikira masih muda ternyata.

"Tiga puluh, om, hehe."

"Masih ganteng kan ya om?"

Ody ... tolong, gue udah berasa diinterview calon mertua gini dan dia malah nambah keruh suasana.

Om Darma ketawa, "Ganteng banget ini, mirip suaminya Zaskia Sungkar pas masih main My Heart."

Gue gak tau apakah itu pujian atau bukan, namun gue agak tidak terima karena muka gue ini lebih mirip sama artis Korea dibanding dengan Irwansyah yang belakangan lagi kontroversial di dunia hiburan. "Om juga masih ganteng, mirip Ray Sahetapy." ucap gue yang sontak mengundang gelak tawa di ruang makan.

Gue gak bohong kok, Om Darma ini mirip banget sama Ray Sahetapy. Tau gak lo siapa Ray Sahetapy? Itu loh, bapak-bapak yang sering banget dapet peran antagonis di film-film. Kemarin gosipnya ikutan syuting Captain America tapi katanya scene dia dihapus entah karena apa. Kalo jamannya TPI masih ada, Om Ray Sahetapy ini sering banget jadi juragan atau orang kaya yang demen jadiin anak perawan sebagai bayaran utang.

"Kamu berapa tahun, Dy?"

"Lapan belas."

"Hm ... " Om Darma menggumam, "Gak apa-apa lah, jadi kapan nih dok tepatnya?"

Gue celingukan, yang tadinya mau nyendok makanan langsung batal begitu semua pandangan tertuju pada gue. "Kapan apa ya, om?"

"Ya mau tunangan dulu? Langsung lamaran? Atau gimana nih rencananya?"

"Uhuk! Uhuk!"

Gue bukan lebay, namun barusan gue beneran batuk sampe diketawain sama semua orang. Yang bener aja om, masa iya gue lamar Ody yang umurnya aja baru legal taun kemaren? Beruntung Om Darma nggak memperpanjang hal itu karena Mamanya Ody ngamuk duluan. Dia bilang gue cuma dokternya Ody, agak nyelekit juga sih pas denger anggapan bahwa gue 'cuma' dokternya dia tapi mau gimana, toh memang begitu kenyataannya.

Setelah menyantap makanan yang disuguhkan oleh keluarga Ody, akhirnya gue bisa bernapas bebas di luar rumah tanpa harus dapet pertanyaan yang bikin jantung gue seakan lari di tempat. Bodohnya Ody malah ketawa-ketawa, bibirnya belepotan sama eskrim yang gue beli hingga dia harus menjilatinya atau sesekali mengusapnya dengan tangan kosong.

"Maafin Om Darma ya, dok. Dia emang gitu, sebenernya cuma bercandaan kok, nyairin situasi aja."

Boro-boro mencairkan situasi, yang ada makin tegang tau gak, Dy?

"Iya, gak apa-apa, tau kok." Nggak, lo nggak tau kalo sebenernya gue hampir sekarat cuma ditanya kapan ngelamar. Salut sama Pram, bisa-bisanya dia ngelamar duluan disaat gue yang dibercandain aja gemeterannya separah ini. "Makan tuh yang bener, masa belepotan gitu ih kayak bocah."

"Emang bocah kan?" Ody ini bocah yang merasa dirinya masih sangat bocah. Bagi dia, umur delapan belas itu beneran masih sekecil itu. Padahal kan Ody bisa dibilang udah masuk fase dewasa, bukan remaja atau anak-anak lagi. "Enak soalnya, tapi lebih enak yang Concerto itu loh, dok. Yang ada saus strawberry didalemnya, seger."

"Iya lain kali dokter Raga beliin yang itu." Ucap gue, "Gimana pendaftaran kuliahnya?"

Bibirnya langsung cemberut dalam hitungan detik, "Belum, Ody belum sempet ngasih berkasnya ke kampus."

"Loh kenapa?"

"Keburu Kak Vio meninggal, mana terakhirnya besok lagi."

"Mama gak nganter?"

Dia menggeleng, "Kan kerja, tadi aja baru pulang jam lima. Ody gak berani sendiri, deket sih emang, cuma ... gak tau, Ody belum berani ke tempat rame."

Percaya deh, meyakinkan Ody supaya mau sekolah lagi tuh susahnya bukan main. Dia sampe nangis-nangis pas di RSJ, katanya gak mau kuliah karena takut gak sanggup oleh tekanan dari orangtuanya. Semasa SMA aja dia tertekan sampe akhirnya melakukan self injury, kena bipolar terus masuk ke RSJ. Gue ngobrol empat mata sama ibunya, bilang kalo mulai sekarang mereka gak boleh lagi maksa Ody untuk jadi yang terbaik demi kesehatan mentalnya. Setelah bekerjasama dengan ibunya, sekarang giliran gue yang harus merayu Ody agar dia mau lanjut bersekolah. Susah memang, tapi apa sih yang Raga nggak bisa kalo urusannya udah sama Melody?

"Jam berapa pendaftarannya?"

"Jam sembilan."

"Yaudah siap-siap, dokter Raga yang jemput kamu ke rumah."

Senyumannya mengembang seketika, "Serius dianter dokter Raga?"

"Emang dokter Raga pernah bercanda?"

"Hehe, makin sayang deh sama pak dokter." Gue langsung menghindar begitu Melody bersiap untuk memeluk gue. Anak ini berbahaya, sering banget bikin gue hampir mati entah karena pelukannya yang tiba-tiba atau justru hal lain seperti sebuah ciuman kilat di pipi.

"Kalo gitu dokter Raga pulang dulu, besok kesini lagi."

Saat gue tengah berpamitan, bahunya melemas dengan raut wajah yang berubah sedih. "Pengen ikut." lirihnya.

"Ody!" Desis gue, "Nggak boleh ikut, kan besok dokter kesini lagi. Mau dianter atau atau enggak? Hayo?"

Perempuan itu mengangguk pasrah, "Iya, iya, mau, dianter."

"Bagus." Gue menepuk kepalanya dua kali, "Jangan lupa obatnya diminum, jangan banyak pikiran, kuliah seru kok walau banyak tugas. Pokoknya, kalo Mama kamu maksa dapet nilai bagus, bilang aja ke dokter Raga. Ngerti?"

"Ngerti, dokter." Jawabnya lemas, "Eh tapi Ody gak mau kuliah ah, gak jadi."

Mata gue melotot, "Heh! Kok gitu?!"

Sumpah deh, gue udah kayak bapak-bapak beranak satu aja tiap kali ngehadapin Ody.

"Nikah aja yuk? Ody pengen punya suami kayak dokter Raga, baik banget soalnya. Gak apa-apa deh akad doang, yang penting kita nikah."

Gue mengusap wajah secara kasar kemudian menatapnya serius, "Nggak ada nikah-nikah sebelum Ody lulus kuliah."

"Tuh kan! Tapi nanti dokter Raga keburu tua, kalo Ody lulus empat tahun lagi berarti dokter Raga ... tiga empat! Mending sekarang, Ody bisa kok bagi waktu sebagai istri dan mahasiswa jadi— hmmph!"

Tangan gue yang besar mendarat didepan mulutnya, kalo gak begini Ody pasti bakalan ngoceh terus-terusan dan berujung gelayutan untuk merayu gue. Lo tau sendiri kan kalo gue ini orangnya lemah banget alias gampang luluh kalo dapet rayuan? Kan gak lucu jika seandainya gue setuju untuk menikahi anak baru legal seperti Ody cuma karena gak tega liat wajah melasnya.

"Dah Ody, dokter Raga pulang ya! Assalamualaikum cantik!"

Tanpa berlama-lama, gue langsung berlari keluar dari pekarangan rumah. Ody mencak-mencak di tempatnya, dia neriakin gue sambil ketawa ngakak saat seekor anjing punya tetangga Ody menggonggong karena terganggu oleh knalpot motor gue. Dasar anjing titisan Johan, denger mesin nyala dikit aja sensian kayak abangnya. Hih.

"Dah dokteeer!" Teriaknya, "Ody saaayang dokter!"

Jantung gue ...

Dasar cowok lemah lo, Ga.

***

"Wey anjeng planga-plongo di jam segini lo bangsat!"

Nyaris aja gue baku hantam cuma gara-gara digeplak Johan dari belakang. Ini masih pagi, jam kerja gue aja baru mulai dua jam dan sesuai ucapan Johan, gue udah planga-plongo kayak orang bego.

"Lupa gue, ternyata masuk pagi terus janji mau nganter orang pergi."

Johan menarik sebuah kursi hingga dirinya duduk tepat disebelah gue, "Jam berapa? Kemana? Nganter siapa?"

"Jam sembilan. Ada lah, gak usah tau."

"Sono pergi." Tumben banget dia gak kepo sampe akar, "UGD santuy ini kalo pagi, asal jam dua belas lo udah balik lagi kemari."

"Gak apa-apa nih? Jangan cepu lo, ntar gue dimarahin Direktur berabe lagi."

"Yaelah, bilang aja lu ngurusin HUT RSJ, gimana si bapak panitia kok goblok gini kepalanya." Mulutnya sih bilang goblok, tapi tangannya mengelus kepala gue dengan lembut layaknya seorang ibu. "Mumpung gua baik nih, Ga, lima menit lagi gue bisa berubah pikiran soalnya."

Cepat-cepat gue berdiri lalu membuka snelli yang gue pakai, "Bener ya, sampe jam dua belas kok gak lama. Kalo ada apa-apa sama UGD lo langsung call gue aja, deket kok gak jauh-jauh banget perginya."

Johan mengangguk, "Bisa diatur, pergi sama Ody kan lo?"

Pergerakan gue terhenti, gue menoleh kearahnya dengan gerakan slow motion yang sontak membuat Johan tertawa ngakak di kursinya. "HAHAHA ANJEEENG! Gila lo, beneran jadi sama bocah baru lulus SMA? Terus? Terus? Ntar pas acara keluarga di Jakarta lo mau bawa dia? Sikat Ga, gua dukung dah soalnya Ody cocok aja gitu sama lo."

"Berisik lo ah, terserah gue dong, mau bawa Ody kek, mau bawa teteh kantin kek, suka-suka gue pokoknya." Ucap gue sewot seraya menyabet jaket kemudian memakainya, "Malu gue dilangkahin Mada sama Pram, emangnya elu, umur gak jauh dari gue tapi gak pernah kena bully. Apa-apa gue, ngejek jomblo ke gue, kesel tau gak?"

Johan memeluk tubuhnya dengan segaris senyum miring di bibirnya, "Serem banget lo, sampe merinding gue denger unek-unek yth bapak Raga Askaradewa." Katanya, "Yaudah sono, awas lu kebobolan kayak Mada. Hahaha!"

Gue menginjak kakinya sampai dia mengaduh kesakitan, "WADAW!" teriaknya, membuat tiga perawat di nurse station memandang serempak kearah kita berdua.

"Galak lo! Kekerasan ini woy! Mau gue viralin di Twitter lu ha?!"

"Gilik li, mii gii virilin di twittir li hi?!" Gue meniru meme yang belakangan lagi booming di internet, "Sombong lu mentang-mentang jadi ketua Rebahan Kleb di twitter. Minggir, gue mau pergi."

"Gak tau aja lo kalo retweet gue di twitter sampe belasan ribu! Awas lo ya!" Dia masih gak berhenti berteriak disaat gue cuma menutup telinga sembari berlalu pergi. Sekarang udah jam sembilan, Ody udah kirim foto yang menunjukkan bahwa dirinya sudah siap dan sedang menunggu gue. Dalan dua puluh lima menit gue berhasil menjemput perempuan itu, lucu banget dandanannya padahal dia cuma pake kaos oversized sama celana jeans warna biru navy.

Tujuan kita sekarang adalah ke sebuah Universitas Swasta yang ada di daerah Geger Kalong. Ody gak mau masuk negeri, dia gak mau ikutan tes dan tetek-bengeknya yang menurut dia malah bikin repot. Mau kuliah aja udah untung banget, makanya baik gue dan mamanya juga gak muluk-muluk yang penting Ody enjoy saat menjalankannya nanti.

Katanya dia daftar di jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial. Gue tak henti menemani Ody, malah sepertinya cuma dia doang deh yang ditemenin disaat orang lain pada berangkat sendirian. Pasti orang-orang pada nuduh gue om-nya, atau kalau enggak bokapnya soalnya sekarang banyak banget yang liatin gue dan juga Ody yang lagi ngasihin berkas ke panitia. Gue sih orangnya bodo amat, cuma kasian aja sama Ody siapa tau dia malu karena dianter sama gue.

"Kamu gak malu?" Tanya gue begitu kita berdua udah balik ke parkiran.

"Malu kenapa?"

"Tuh pada ngeliatin, disangka sugar baby nanti kamu sama mereka."

Dalam hitungan detik dia ketawa, "Mana ada, mereka tuh ngeliatin dokter karena dokter ganteng. Hahaha!"

"Emang iya?" Tanya gue, pura-pura gak tau diri padahal sadar banget bahwa gue ini ganteng.

"Iya lah, Ody yang minder karena dokter Raga kegantengan." Ucapnya lalu meminum sisa air didalam Tupperware yang dia bawa. "Makasih ya, dok, udah nganterin Ody." tambahnya.

Gue tersenyum kemudian mengusap kepalanya lembut, "Sama-sama, semangat kuliahnya, jangan males-malesan pokoknya."

Melody mengacungkan jempolnya kepada gue, "Gak akan males asal disemangati dokter Raga terus." katanya, "Tapi Ody takut deh, dok." rona wajahnya kembali lesu.

"Kenapa?" Tanya gue yang sekarang menghalangi tubuhnya dari sorotan panas matahari, "Orang-orang disini gak ada yang gigit, giginya pada rata, gak punya taring."

"Ih, bukan!" Ody memukul tangan gue kencang, "Ody takut gak punya temen. Terus gimana kalo mereka tau Ody pernah dirawat di Rumah Sakit Jiwa? Nanti—"

"Melody." Gue menyebut namanya lantang, "Sakit itu bukan dosa, ada di rumah sakit jiwa juga bukan sebuah aib. Kamu nggak gila, kamu sendiri kan yang bilang sama dokter? Kamu cuma sakit, dan sekarang kamu udah sembuh. Jadi jangan mikir bahwa orang yang pernah masuk RSJ itu gila, gak waras, gak punya akal. Ody harus percaya diri, soalnya kalo Ody kayak gini dokter Raga gak mau nemuin Ody lagi, males."

Kakinya menghentak kencang diatas lantai bersemen, "Jangaaan! Jangan berhenti nemuin Ody! Kok dokter Raga jahat sama Ody?"

"Makanya, jangan ngomong gitu kalo gak mau dokter Raga pergi." Ancam gue, "Sekarang pulang, ya? Dokter harus balik kerja, udah jam sebelas nanti ketelatan."

Perempuan itu menggeleng cepat, dia langsung memakai helmnya dengan kaca yang sengaja dia buka. "Gak mau pulang! Mau ikut dokter Raga ke RSJ!" pekiknya kencang, sukses membuat gue menarik napas kemudian menghembuskannya perlahan.

"Melody ... "

"Dokter Raga ... Ody mau ke RSJ, gak akan ganggu kok, cuma ... cuma ketemu sama dokter Pram! Iya! Dokter Pram!"

Gue gak bisa berbuat apa-apa, terutama ketika perempuan itu memajukan bibirnya dengan mata yang mulai berkaca-kaca. Kenapa sih gue tuh lemah banget sama dia? Pada akhirnya gue naik di depan, memundurkan motor perlahan-lahan sampai akhirnya pergi dari sana menuju ke RSJ dengan Ody yang duduk manis dibelakang.

Ketika sampai di RSJ, rupanya gue telah disambut oleh Johan dan juga Dipta yang entah gimana ceritanya lagi duduk berduaan di ruangan dokter UGD. Bukannya pergi ke bangsal rawat inap seperti perkataannya, Ody malah mengikuti gue sembari memberi salam kepada tiap dokter dan perawat yang udah kenal betul dengan dirinya. Mau gak kenal gimana? Orang selama dirawat disini Melody selalu ngerecok gue dengan cara nongki di UGD.

"Dokter Johan! Dokter Dipta!"

Mampus kan, mana suaranya berisik banget lagi kayak bocah TK lagi karyawisata.

"Eh, Melody. Kok kesini? Diculik Om Raga ya?"

Bajingan emang si Johan, sekate-kate manggil gue pake sebutan Om segala.

"Enggak, sengaja mau ketemu sama dokter Pram. Ini abis daftar kuliah, ditemenin dokter Raga dong ke Unpas-nya."

Mendengar itu, atensi Dipta yang semula terarah pada ponsel langsung beralih kepada gue. Mulutnya setengah terbuka, dia gak bilang apa-apa dan cuma memberikan gelengan yang menandakan bahwa laki-laki itu udah gak bisa ngomong apapun.

"Gila lo, bang, bocah woy." Bisiknya pelan.

"Sana, sana, kamu ke rawat inap aja kalo emang mau nemuin dokter Pram. Kalo pulang kasih tau dokter, ntar dipesenin grab atau gocar biar aman." Gue mendorong bahu Ody hingga langkahnya maju ke depan.

Bibirnya cemberut lagi, kali ini matanya menatap gue tajam. Dia mendekat, menaruh tangannya di pundak gue kemudian berjinjit untuk memberikan—

'Cup!'

"Dokter Johan, ayo nikahin Ody sama dokter Raga."

Tubuh gue membeku, apa itu yang barusan mengenai pipi kiri gue? Bibir Ody ya? Seketika pandangan gue mengedar, masih untung di ruangan ini gak ada siapa-siapa kecuali dua lelaki yang kini cengo di tempatnya. Dua kali gue dipermalukan didepan Johan, kebayang deh abis ini dia akan seheboh apa karena di kejadian pertama pun satu UGD sampe gonjang-ganjing akibat keemberannya.

"Ody, lo ... wah, bener-bener lo, Ga. Anak orang lo didik pake cara apa sampe segininya?" Johan berdiri, dia menghampiri Melody lalu tersenyum kepadanya. "Dek, yang kamu cium barusan tuh om-om, bapak-bapak. Jangan mau nikah sama dia, mending kamu nyari yang lain, yang ganteng, biar nih om-om nikah sama yang satu usia aja sama dia. Ngerti kamu?"

"Cinta itu gak mandang usia kok, dok." Untuk yang kesekian kalinya Johan dibuat terkejut oleh ucapan Ody, "Dokter Johan jangan deket-deket deh, ternyata diliat-liat dokter ganteng juga, Ody jadi ... ASTAGA! enggak! Ody sukanya sama dokter Raga aja!"

Bocah baru puber itu pergi melewati lorong belakang UGD sambil memukuli kepalanya sendiri. Gue dan Johan saling pandang, sementara Dipta pergi gitu aja setelah menepuk bahu gue pelan. Dalam hitungan tiga, Johan ketawa. Dia ngakak kenceng banget sampe badannya nyaris aja bersentuhan dengan keramik putih yang menutupi seluruh lantai UGD.

"Anjing! Ga, sumpah, lo gila banget kalo beneran naksir bocah labil kayak dia."

Iya kayaknya, Han.

Gue gila banget kalo beneran naksir bocah labil kayak Ody.

Tapi gimana dong?

Jantung gue udah berdebar buat dia, dan sepertinya gue harus menerima perawatan dari Pram soalnya takut punya kelainan karena degdegan dicium bocah seperti dia.

"Gila kan ... gue?"

"Iya, gila. Mikir lo, bangsat!"

Ah, mikir ya?

Sayangnya, gue gak bisa mikir sekarang.

Muka gue panas, pun seluruh badan gue yang tiba-tiba seperti terbakar oleh api. Kok gue jadi gini sih? Kok Raga jadi cemen gara-gara bocah yang punya KTP aja baru kemaren sore?

Hhh ...

✡️✡️✡️



Di part 2 ini, kita akan mulai menyelam ke kehidupan mereka hehew. Kalo beberapa udah berumahtangga, kira-kira nanti persahabatan mereka kayak apa ya? Terus kabar yang masih pdkt gimana? Yang baper sendiri sama bocah gimana? WKWK POOR RAGA, maafkan aku ya huhu lagi-lagi kamu gak dapet jatah bucin banyak disini😂

Continue Reading

You'll Also Like

782K 79.8K 55
Menceritakan tentang kehidupan 7 Dokter yang bekerja di rumah sakit besar 'Kasih Setia', mulai dari pekerjaan, persahabatan, keluarga, dan hubungan p...
oh, haris By .

Fanfiction

442K 91.7K 29
Tentang bagaimana aku mencintai seorang Haris Januar.
JEONlusi By ARRA

Fanfiction

27.2K 5.5K 24
[Graha Permai Series] JALUSI adalah ornamen di bagian jendela rumah yang memiliki fungsi dan manfaat untuk kehidupan sehari-hari. JEONlusi adalah sek...
66.4K 10.6K 15
Yang publik ketahui, kedua pemimpin perusahaan ini sudah menjadi musuh bebuyutan selama bertahun-tahun lamanya, bahkan sebelum orang tua mereka pensi...