TIGA BELAS JIWA

By slsdlnrfzrh

1.3M 188K 70.9K

Cerita ini adalah penggalan kehidupan dari tiga belas jiwa yang bekerja di rumah sakit jiwa. Kalian akan mene... More

Tiga Belas Jiwa
[SC] Raga
[JH] Johan
[JS] Joshua
[WJH] Arel
[KSY] Catra
[JWW] Dipta
[WZ] Khrisna
[DK] Arthur
[KMG] Pram
[XMH] Mada
[BSK] Gatra
[VN] Vernon
[DN] Dino
1.1 Raga
1.2 Johan
1.3 Joshua
1.4 Arel
1.5 Catra
1.6 Dipta
1.7 Khrisna
1.8 Arthur
1.9 Pram
1.10 Mada
1.11 Gatra
1.12 Vernon
2.1 Raga
2.2 Johan
2.3 Joshua
2.4 Arel
2.5 Catra
2.6 Dipta
2.7 Khrisna
2.8 Arthur
2.9 Pram
2.10 Mada
[Special Part] Manjiw Squad Girls
2.11 Gatra
2.12 Vernon
2.13 Dino
3.1 Raga
3.2 Johan
3.3 Joshua
3.4 Arel
3.5 Catra
3.6 Dipta
3.7 Khrisna
3.8 Arthur
3.9 Pram
3.10 Mada
3.11 Gatra
3.12 Vernon
3.13 Dino
4.1 Raga
4.2 Johan
4.3 Joshua
4.4 Arel
4.5 Catra
4.6 Dipta
4.7 Khrisna
4.8 Arthur
4.9 Pram
4.10 Mada
4.11 Gatra
4.12 Vernon
4.13 Dino

1.13 Dino

14.8K 2.6K 1.1K
By slsdlnrfzrh

Dino

Setelah kejadian di Casper dua minggu lalu, adeknya bang Vernon gak pernah ngehubungin gue lagi. Sedikit ada dendam sih gue, soalnya kata Bang Raga, 40 hari sejak mabok sholat gue gak akan diterima sama Tuhan. Besoknya gue langsung tobat nasuha, bahkan sampe sungkem ke Ibu sama Bapak karena merasa berdosa soalnya udah bandel nyentuh minuman haram.

Kan kasian, mereka capek-capek didik gue jadi anak bener eh pas udah gede guenya dikibulin cewek pake minuman keras. Kata Ko Mada sih alkoholnya dikit, namun berhubung gue gak toleran terhadap zat tersebut, alhasil efeknya sampai seburuk itu di badan gue. Sia-sia gue ngaji dari TK sampe SMP, masuk pesantren pas SMA, terus gabung klub kerohanian pas kuliah kalo dibegoin Sofia aja masih mempan. Bener kata Bang Arthur, alcohol education kayaknya emang perlu deh buat manusia-manusia seperti gue ini.

Kalau lagi senggang, gue suka dateng ke bangsal rawat inap untuk mengantarkan makanan secara langsung kepada para pasien. Kebetulan jadwal praktek terapi gue udah selesai, dan sekarang saatnya masuk dapur untuk melihat para chef rumah sakit memasak makanannya. Per pasien beda masakan, ada yang boleh pake garem, ada yang sama sekali gak bisa dan cuma dikasih sedikit penyedap rasa. Rata-rata sih makanannya pada normal, kecuali pasien dengan kondisi penyakit tertentu seperti riwayat darah tinggi dan lain sebagainya.

Saat menanyakan keberadaan dokter Pram, ada yang bilang dia ambil libur karena katanya harus ke rumah sakit rujukan untuk mengantar calon istrinya imunisasi dan sama-sama melakukan tes kesehatan. Beda ya kalo mau halal, udah sibuk urus ini itu buat mempersiapkan pernikahan. Meski sempet gak dapet respon, akhirnya Mas Pram bisa juga dapetin dokter Ainun dengan perjuangan yang amat sangat gigih. Mana denger-denger maharnya surat Ar-Rahman lagi, gak kebayang kalo pas akad Mas Pram bacain Ar-Rahman dihadapan semua orang sedangkan pas mimpin sholat ashar di mesjid RSJ aja bacanya pasti Al-Ikhlas sama Al-Falaq terus.

"Loh Mas Dino belom pulang?" Tanya salah satu perawat dari IRJ yang entah gimana caranya bisa nyasar ke bangsal rawat inap. Setau gue dia perawatnya Gatra deh, itu loh, yang sering kasihin surat pengantar pasien dari spesialis rehab medik ke fisioterapis.

"Eh, iya belum hehe, baru mau. Dokter Gatra udah pulang?"

"Tadi ke lab dulu katanya, mau nyamperin siapa tuh ... yang kalo ngasih makanan suka dilangkahin dulu sama Mas Dino?"

Gue tertawa, "Oh, Kaila. Mbak Ayu mau kemana?"

"Ini, nganterin salad buah pesanan." Katanya sambil mengangkat sebuah bag kecil di tangannya. Setelah basa basi bentar, mbak Ayu pamit masuk ke ruang dokter untuk mengantarkan makanan jualannya. Gue juga langsung bersiap pulang, tapi sebelumnya gue nyempetin diri buat kirim pesan di grup soal Gatra yang udah maju selangkah buat nyamperin Kaila ke Lab. Bukan apa-apa sih, Gatra itu kan tahan harga ke cewek-cewek, jadi aneh aja gitu kalo dia ada kemajuan apalagi sampe ngegas duluan.

Baru aja gue mau menutup aplikasi WhatsApp, sebuah pesan tiba-tiba masuk dengan si pengirim yang sudah lama tidak gue tahu kabarnya. Awalnya gue mau skip aja, cuma karena dia kirim pesannya dua kali, gue jadi penasaran dan berujung membaca pesan tersebut. Dia nanyain kakaknya, katanya Vernon sama sekali gak bisa dia hubungi makanya sampe harus nanya ke gue sebagai pilihan terakhirnya.

"Halo, Sof?"

Setelah mencoba menelepon Vernon dan ternyata memang gak aktif, gue memutuskan untuk menelepon Sofia secara langsung.

"Kak ... "

Kok suaranya gitu?

"Kenapa lo?"

"Gue lemes banget ini abis kelas, gak enak badan, gak bisa pulang sendiri kayaknya makanya nanyain Vernon ke lo."

Sakit ternyata, gue pikir dia mabok di sore-sore begini.

"Vernon udah balik kayaknya, ruangannya udah kosong. Lo dimana?"

"Masih di kampus lah, pake nanya. Kan gue bilang gak bisa balik." Jawabnya sewot— agak berteriak malah.

"Magadir lo, gue nanya baik-baik juga."

"Magadir apaan?"

"Manusia gak tau diri." Tukas gue cepat, "Tunggu 40 menit, gue yang jemput lo."

Tanpa menunggu iya atau tidak, gue menutup panggilan satu pihak. Sebuah ransel kecil gue sampirkan di punggung sebelum benar-benar pergi dari ruangan tempat gue praktek. IRJ udah sepi, sisa satu dua perawat dan petugas rekam medis yang masih harus menyelesaikan sisa pekerjaan mereka. Diluar panas terik, padahal biasanya Bandung kalo sore selalu saja mendung. Tanpa menunda apapun lagi, sesegera mungkin gue membawa kendaraan pergi dari sana untuk menjemput Sofia pulang.

Gimana, ya?

Kesel sih gue, tapi dia kan adeknya temen gue. Mana sakit, abangnya gak bisa dihubungin, yakali gue diem aja dan gak ngelakuin apa-apa? Namun yang harus lo tau, kali ini gue gak akan ketipu sama embel-embel Casper atau minuman seger. Kalo kata Bang Johan, lebih sehat Frutang kemana-mana meski tenggorokan suka rada gatel bentar.

Perjalanan dari jalan Kolonel Masturi ke Dipatiukur memerlukan waktu kurang lebih 35 menit lamanya. Kampus yang letaknya pinggir jalan ini menjadi tujuan utama gue sekarang. Di jam empat, suasana amat begitu ramai karena para mahasiswa juga sepertinya lagi pada bubaran. Gue bingung nyari tempat parkir sehingga berhenti sembarangan didepan gerobak gorengan tanpa turun sama sekali dari atas kendaraan.

Sesudah memberitahu Sofia kalau gue udah ada di sekitaran kampusnya, gue harus menunggu lima menit lamanya sampai perempuan berwajah western itu muncul dari arah yang berlawanan. Mukanya pucet, bener-bener pucet dengan kantung mata yang terlihat agak membengkak. Begitu mendekat, gue langsung menyentuh keningnya supaya bisa merasakan suhu tubuh perempuan yang memiliki nama akhir Malcolm ini.

"Panas banget lo, abis mabok lagi?" Suara gue sama sekali gak bersahabat ketika menanyakannya.

"Enak aja, begadang lima hari nih gue karena ngerjain tugas, gak sempet mabok sama clubbing sama sekali." Katanya. Dari ucapannya sih sepertinya Sofia jujur, mana sekarang dia bawa buku banyak banget lagi didalam totebag besar yang dia jinjing.

"Mau balik kemana? Rumah Vernon?"

Dia menggeleng, "Kosan gue aja, abang kurang ajar emang pake gak bisa dihubungin segala."

"Abang lo lagi ke Dinkes, ngurus persiapan seminar kesehatan mental." Gue menginfokan, "Sama Bang Catra, sama Bang Arthur juga."

Dia berdesis pelan, "Bodo lah, gak kenal juga gue sama mereka kecuali yang anjing-anjingan. Buruan dong kak kaki gue lemes banget ini, lo gak takut gue pingsan apa?"

"Pingsan mah pingsan aja, ntar juga pada nolongin. Kan enak, gue bisa pergi."

Mendengar itu sontak saja Sofia melongo, "Gila lo, masih dendam aja sama gue? Udah berapa minggu ini kak? Astaga."

"Gara-gara lo ibadah gue gak diterima 40 hari!" Nada suara gue agak meninggi, namun Sofia malah ketawa pelan seolah dia gak pernah melakukan dosa. "Di kosan lo ada siapa?"

"Gak ada siapa-siapa, tenang gue gak akan ngapa-ngapain lo kok, hehe."

"Jangan bikin gue ninggalin lo disini deh, Sof." Ancam gue yang telah merasa terancam duluan dengan perkataannya, "Buruan naik, kasih tau arahnya kemana. Udah sore, gue juga kudu balik ke rumah."

Sofia gak bicara apapun lagi, dia naik kebelakang gue dan memeluk pinggang gue seerat yang dia bisa. Ini cewek kelakuannya bener-bener dah, gak berubah sama sekali dari sejak pertama kali ketemu sama gue waktu itu. Gue kira kosannya deket, tapi rupanya dia tinggal di sekitaran Tamansari, tepatnya dekat Baltos dan— bule apaan coba yang tinggal di gang sempit kayak gini? Vernon tuh ... astaga, sebenernya dia merhatiin hidup adiknya atau enggak sih?

Sofia menyuruh gue berhenti didepan rumah lantai dua yang memiliki total empat pintu ini. Tempatnya lumanyan nyaman, tapi dalam jarak lima belas meter ke kanan ada kandang unggas yang menurut gue sama sekali gak sehat soalnya ada batas jarak minimum bagi kandang ternak dan perumahan warga. Kata Sofia ini kosan bebas, kamar sebelah aja ditempati oleh mahasiswa Unikom dan ngekos tiga orang sekaligus yang mana semuanya berjenis kelamin laki-laki.

"Udah makan belum lo?" Tanya gue yang masih belum turun dari atas motor.

Dia menggeleng, "Mana sempet, dari pagi gue sibuk belajar."

"Sini lo," gue menyuruhnya mendekat kemudian neraih tangan kanan perempuan itu. Selanjutnya gue mengecek denyut nadi Sofia, dia beneran sakit deh ini soalnya suhu badannya juga lebih tinggi dari sebelumnya. Perempuan itu batuk tiga kali, suaranya jadi sumbang karena hidungnya yang tersumbat. "Sana masuk, gue pergi dulu bentar."

Sofia menyentuh lengan gue, "Lo balik lagi kan, kak?" tanyanya hati-hati.

Gue mengangguk kemudian menutup kaca helm, "Balik."

Mesin motor kembali dinyalakan, susah payah gue berbalik arah di gang sempit ini sebelum akhirnya pergi dari sana. Kalo gak salah, di depan gang yang deketan sama Mall Baltos, ada warteg yang lumayan rame didatengin orang-orang. Gue gak tau apakah dia bakalan suka sama makanan warteg atau enggak, yang pasti Sofia kudu makan dan minum obat supaya demamnya bisa sedikit turun.

Gue ngehubungin Bang Khrisna yang kebetulan lagi santai di rumahnya, minta saran obat buat Sofia yang ngeluh demam dan gak enak badan setelah lima hari begadang ngerjain tugas kuliah. Kata Bang Khrisna kasih tolak angin aja atau gak tempelin koyo di pelipisnya. Tapi masa iya bule kayak dia diteplokin koyo? Ujung-ujungnya lelaki itu menyarankan supaya gue beli paracetamol, obat flu, sekalian vitamin supaya pemulihannya cepat. Terus kalo belum reda juga demamnya, Bang Khrisna mengusulkan agar si pasien dibawa ke rumah sakit atau dokter untuk diperiksa.

Ketika kembali ke kosan Sofia, perempuan itu lagi tiduran diatas sebuah tempat tidur yang cuma muat ditempati oleh satu orang. Bajunya udah ganti, sekarang dia memakai piyama merah muda yang memiliki motif totol-totol. Eh apa sih disebutnya? Polkadot ya? Pokoknya itu lah, gak terlalu paham soalnya.

"Makan dulu, Sof."

"Lah kirain balik lo, kak."

Dia bangkit dari tidurnya, langsung duduk di tepi ranjang dengan gue yang kini menenteng sebuah plastik putih berukuran sedang. Gue berjalan ke dekat kamar mandi, mengambil satu piring dan satu sendok dari sebuah rak kecil berisi perabotan. Rambutnya yang semula diikat sekarang dia gerai, terus tangannya memijat pelipis dia sendiri dengan mata yang sesekali terpejam karena pening.

"Gue gak tau lo sukanya apa, jadi cuma beli ini." Ucap gue sembari membuka bungkus nasi tersebut. Isinya ayam goreng, perkedel, sama orek tempe ditambahin sambel siapa tau Sofia suka pedes. Perempuan itu cuma tersenyum, mengambil alih piring dari tangan gue lantas segera menyendok makanan diatasnya.

"Gue makan apapun kok, kecuali segala jenis bangke." Katanya. Kayaknya Sofia emang jujur soal dia yang belum makan. Meski gak habis, gue tetep tau kalo dia udah selaper itu. Tempenya gak dimakan, berarti cewek bule satu ini kurang suka atau nggak suka sama tempe makanya cuma disisihkan di pinggir piring. Gue memberinya air minum, kalau lagi sakit gini barbarnya mendadak ilang sehingga gue jadi gak tega buat jahatin dia.

"Baik banget lo kak sama gue." Ucapnya ketika gue menempelkan sebuah plester penurun demam di kening perempuan itu. "Padahal gue udah nyebelin banget sama lo."

"Gue gak diajarin buat jahat sama orang, apalagi lo lagi butuh bantuan, terlebih abang lo temen gue, Sof."

Perempuan itu terkekeh, "Berarti kalo Vernon bukan abang gue, lo gak akan nolongin gue nih?"

"Ya enggak lah, ngapain, gak ada manfaatnya buat gue selain ngerasa direpotin."

Entah terlalu kasar atau gimana, sekarang Sofia terdiam seraya memegang bungkusan obat flu yang gue berikan. "Maaf, kak." katanya pelan, sukses membuat gue menggeleng sembari tersenyum tipis.

"Minum dulu obatnya, terus lo tidur, ntar biar gue yang hubungin Vernon." Ucap gue kemudian keluar dari kamar. Enggak kemana-mana sih, cuma duduk di teras depan lantai dua ini sembari membuka botol Sprite yang gue beli saat nyari makan tadi. Langit hampir gelap, harusnya gue udah di rumah tapi malah terdampar di kosan orang. Mau ditinggalin juga gak tega, abisnya Sofia tinggal sendiri dan gak ada satupun orang yang bisa gue percayai.

Suasana benar-benar sepi, yang terdengar cuma suara bocah berlarian dari gang di bawah sana. Mereka mau berangkat ngaji, lagi pada bercandaan sama temennya sambil saling kejar-kejaran. Sesekali ada tukang jualan yang lewat, kayak cuanki sama mie ayam yang didorong pakai gerobak roda tiga. Saat mengintip lewat celah pintu yang terbuka, Sofia lagi tertidur seraya menggulung tubuhnya sendiri menggunakan selimut.

Ibu udah wasap gue terus-terusan, nanya lagi dimana dan gue bilang gue ada di rumahnya Bang Raga. Cepat-cepat gue ngehubungin Bang Raga buat kongkalikong. Kalo misal ibu wasap dia, tolong bilang kalo gue ada di rumahnya. Soalnya ibu adalah tipe orang yang gak gampang percayaan, tiap gue bilang ada dimana dan sama siapa, dia pasti langsung mengonfirmasi itu ke orangnya untuk memastikan bahwa gue gak macam-macam.

Sekitar jam tujuhan, tepatnya sebelum adzan isya berkumandang, gue masuk kedalam kamar kos milik Sofia dengan niat berpamitan. Bukannya melaksanakan niat tersebut, gue malah berujung panik bukan kepalang ketika tubuh perempuan itu menggigil seperti kedinginan. Badannya panas— sampai keringetan malah, tapi katanya dia ngerasa dingin sampai-sampai menyuruh gue mematikan AC ruangan yang sama sekali tidak dinyalakan.

Gue mengambil ponselnya, mengirim pesan pada Vernon dengan cara menerornya beberapa kali. Awalnya masih gak dibaca, namun lama kelamaan centang abu itu berubah juga jadi biru. Bodohnya Vernon gak membalas, membuat gue harus menekan tombol call supaya bisa berkomunikasi via suara dengan orang yang berstatus sebagai kakaknya itu.

"Stop sending me—"

"Woy, bang, ini gue." Suaranya yang semula terdengar kesal berubah begitu saja ketika gue berbicara, "Dino, gue Dino." tambah gue.

"Loh? Kok hape adek gue ada di lo? Heh, lo diajak kobam lagi, Din? Astaga bener-bener ya si Sofia, bikin malu."

"Eh, enggak!" Potong gue cepat, "Adek lo ... sakit."

"Hah?" Dia memekik kencang, "Lah, bisa sakit juga dia? Hahaha!"

Dih, abang macam apa yang denger adeknya sakit malah diketawain? Untung gue gak punya adek atau kakak, jadi gak perlu deh tuh ngerasain hal beginian.

"Lo dimana? Parah ini, mau gue bawa ke rumah sakit kayaknya."

"Gue masih rapat di Dinkes sama Arthur - Catra, emang sakit apa sih dia, Din?"

"Mana gue tau, menggigil gini badannya anjir bang. Gue bawa motor lagi, bingung bawanya gimana."

Vernon berdecak, "Naek grab dah, bawa ke RS, ntar gua susul. Padahal kemaren malem dia ke rumah gue buat minta duit. Taunya ni hari udah nunjukin gejala kematian aja."

"Bang! Nyebut buset!" Sentak gue, "Gue tutup ya, samlekom!"

Beneran gak habis pikir sama Vernon, bisa-bisanya nyebut Sofia kena gejala kematian. Sofia udah gak responsif, saat gue ajak bicara perempuan itu cuma bisa memegangi perutnya sambil memejamkan mata. Pertama-tama gue pesen grab dulu, baru abis itu gendong Sofia sampe ke depan gang sebelum akhirnya pergi diantar oleh taksi online tersebut. Sofia gak gue pakein jaket, beneran bingung harus ngapain soalnya gue gak tau dimana perempuan itu menyimpan semua pakaiannya.

Sesampainya di rumah sakit yang jaraknya cuma sekitar lima kiloan, gue langsung membopong Sofia ke Unit Gawat Darurat. Dia harus nunggu dokter dulu, gue juga mesti urus-urus pendaftaran serta administrasi supaya Sofia bisa segera ditangani. Ketika kembali ke UGD, rupanya Sofia tengah diperiksa oleh seorang dokter perempuan yang usianya ada di kisaran empat puluhan. Dia dikasih infus lewat vena di tangan kirinya, sekarang Sofia udah gak semenggigil tadi lagi walau perempuan itu masih sering melenguh pelan.

"Adeknya suka makan pedes atau minum alkohol gak, mas?"

Gue celingukan saat mendapat pertanyaan tersebut, "Iya dok, suka ... minum." jawab gue jujur.

"Oh, pantes. Kecapekan juga kayaknya, asam lambungnya tinggi, saya sarankan supaya adek ini nginap satu malam di UGD. Barusan udah dikasih penurun demam, saya akan pantau tiap tiga jam sekali. Saya permisi dulu, masih ada pasien."

Dokter perempuan tersebut berlalu pergi dari bilik UGD, meninggalkan gue dan Sofia berduaan didalam bilik sempit ini. Gue menarik sebuah kursi dari depan tirai, membawanya masuk untuk selanjutnya gue duduki tepat disebelah ranjang yang ditempati oleh Sofia. Tangan gue terlipat di dada, masih belum lepas memandangi sosoknya yang perlahan-lahan mulai merasa tenang karena pengaruh obat.

"Makanya, jangan mabok terus."

"Apalagi lo banyak tugas, sering begadang, telat makan, beneran simulasi mati lo, hah?"

"Ck, bule bego."

Tanpa sadar gue mengoceh sendirian, entah penyebabnya apa. Gue kesal, tapi juga khawatir di waktu yang bersamaan. Jarum jam ada di angka delapan, belum ada tanda-tanda kalau abang dari perempuan ini akan datang kemari. Gue mendekat, merapikan rambut yang menghalangi wajahnya kemudian memijat telapak tangan juga lengan kanannya yang terkulai lemas di samping tubuhnya.

"Awas lo kalo mabok lagi."

Untuk yang kedua kalinya gue meracau.

"Kalau lo—"

"Sshh, berisik." Gue tersentak saat suara lirih Sofia terdengar, "Gue sakit, jangan dimarahin, please." katanya lemah.

Gue melepas tangannya kemudian berdeham kencang. "Sofia Malcolm," atensi perempuan itu sontak teralih, "Mulai besok dan seterusnya ... jangan pernah pulang sendirian. Jangan kelayapan, pulang ke kosan tepat waktu karena gue akan memastikan lo gak kemana-mana sehabis lo kuliah. Gak ada acara clubbing, gak ada acara mabok-mabokan, ngerjain tugas semampunya, jangan maksain diri karena gue gak mau lagi liat lo sakit kayak sekarang."

Sofia menatap gue tak percaya— penuh kekagetan, "Kak ... lo ... "

"Gue gak suka sama lo, jangan baper." ucapan gue membuat tatapannya meneduh, "Gue menganggap lo sebagai adik, lo kekurangan perhatian dari abang dan orangtua lo makanya nyari hiburan di tempat yang salah. Paham gak? Denger gak? Mau nurut gak sama gue?"

Sofia mengangguk dengan mata yang mulai berkaca-kaca, "Iya, adek nurut sama abang. Jangan galak-galak, Vernon aja gak pernah galak sama gue."

"Justru karena Vernon gak pernah galak sama lo makanya gue galak ke lo."

Bertepatan dengan itu, tirai disibak dengan kencang hingga terbuka sangat lebar. Sosok laki-laki yang mukanya lumayan mirip sama Sofia berdiri disana, didampingi oleh beberapa orang yang— astagfirullah, kenapa Vernon bawa satu RT kemari sih? Ada kali lima orang yang ngekor dibelakangnya. Diantaranya Bang Catra, Bang Arthur, Bang Raga, Bang Johan sama Bang Arel. Kaget gue, kirain kedatengan tim bedah rumah soalnya datengnya pada keroyokan.

"Elah Sof, Sof, gue pikir udah almarhum."

Bang Vernon tuh bener-bener, ya ...

Dari belakang, Bang Johan geplak kepala Vernon sampai laki-laki itu terpelanting ke depan. "Seneng mah seneng aja goblok, gak usah sok-sokan gak peduli. Di jalan aja mewek sampe gue, Arel, sama Raga kelimpungan nyusulin lo ke Dinkes."

Sofia ketawa, "Bang, nama lo siapa sih? Gue ngefans banget sama mulut lo, sumpah."

Merasa diperhatikan, Bang Johan langsung pasang gaya padahal sekarang dia cuma pake kolor selutut, kaos belel, sama jaket bomber yang dibelinya dari pasar baru. "Baru kali ini mulut gue mendatangkan fans. Kenalin, Allail Johan Rachmadi, panggil abang ganteng aja."

"Abang anjing kali, mulut lo kan pengabdi anjing dan goblok."

UGD yang harusnya sepi mendadak ramai oleh tawa mereka semua, terutama celetukan Bang Raga barusan yang berhasil bikin Sofia memeluk perutnya lagi; sakit. "Sialan lo, dasar orang tua." makinya.

"Kata dokter gimana, Din?" Tanya Vernon.

"Asam lambungnya tinggi, kecapekan juga, suruh rawat tuh satu hari sampe diperiksa lagi besok. Gimana sih lo, bang, adek sendiri sampe gak diperhatiin." Omel gue yang merasa seperti dapat kesempatan.

Vernon mendesah, lantas menghampiri adiknya untuk sekedar menyentuh kening Sofia. Gue pikir cuma dipegang, tapi ujungnya digetok juga kepalanya sampe perempuan itu menjerit kencang. "Bukannya gak diperhatiin, Sofia-nya aja yang badung, gak mau denger omongan gue. Suruh serumah kagak mau, wasap jarang dibales, sekalinya ngehubungin minta duit doang. Gak tau diri emang."

"Makasih ya, Din, udah nemenin Sofia." Katanya, "Sorry banget ngerepotin, kalian juga, sorry udah bikin kalian panik karena gue. Belom balik kan lo? Sana balik, ntar ibu lo nyari, khawatir anak bujangnya kenapa-napa karena telat pulang."

Gue bersalaman dengan Vernon— atau tepatnya tos bareng sebelum mengalihkan tugas menjaga Sofia kepada dirinya lagi. "Jagain adeknya, gue balik dulu nih soalnya udah kena teror."

"Makasih, kak." Sofia yang bilang, "Makasih udah jemput dan bawa gue ke rumah sakit."

Gue tersenyum tipis lalu mengulurkan tangan untuk menunggu hi-five dengan dirinya, "Sip, sama-sama. Inget kata-kata gue, jangan apa?"

"Jangan mabok, jangan begadang, jangan pulang sendirian."

"Pinter." Puji gue disertai dengan sebuah acungan jempol.

Semua orang pamit pulang, termasuk lima abang gue yang sampe repot-repot dateng kemari karena katanya Vernon heboh banget saat denger kabar adeknya sakit. Pas ditelepon aja sok banget bilang gejala kematian, padahal aslinya panik bukan main sampe Bang Raga, Bang Johan, sama Bang Arel aja harus dateng kemari. Motor gue ketinggalan di kosan Sofia, kayaknya gue harus minta tolong sama salah satu dari mereka untuk mengantar gue kesana.

"Diantara abang-abang ini ada yang ikhlas anter Dino ambil motor ke kosan Sofia gak?"

Entah kenapa Bang Arthur sama Bang Catra malah ketawa, "Yahahaha, tadi aja depan Sofia lagaknya kayak Bang Raga. Udah sama kite-kite balik lagi dah tuh jadi si bungsu Geraldino."

"Ih, Bang Catra." Pengen deh galak ke mereka, tapi takut di blacklist dari keanggotaan Manjiw Squad. "Kalo gak ada yang ikhlas yaudah Dino naik gojek aja kesana."

"Hayuk, sama gue." Bang Raga langsung menyetujui, "Lo semua balik duluan sana, gue anter Dino sampe rumah soalnya tadi bilang ke emaknya kalo dia ada di rumah gue."

Baru inget, alasan Ibu gak neror gue lagi kan karena Bang Raga berbohong kalo gue ada di rumahnya. Yang lain langsung membubarkan diri, sementara gue balik lagi ke kosan Sofia cuma buat ambil motor yang sengaja ditinggal di sana. Bang Raga pakai motor maticnya yang baru keluar dealer dua bulan lalu, gue baru sadar kalo ternyata dia pakai baju koko dan celana bahan kayak abis sholat jamaah dari mesjid gitu.

"Abis dari mana, bang? Tumbenan pake koko." Tanya gue begitu berbelok kedalam gang.

"Tahlil."

"Hah? Siapa yang meninggal?" Gue langsung panik begitu mendengar kata tahlil diucapkan.

"Tiga harian kakaknya Ody."

"Oh, pasien lo itu? Belom sembuh dia? Masih di rawat di RSJ apa?"

"Enggak, udah balik minggu lalu. Sekarang rawat jalan, Siklotimik sama Bipolarnya udah mendingan jadi dibolehin pulang."

Senyuman gue melebar, sukses membuat Bang Raga memukul paha gue tatkala melihatnya lewat kaca spion. "Cie, dalam rangka apa nih Pak Dokter sampe ikutan tahlil ke rumah dek pasien? Lo ... Eiy, gak mungkin naksir Ody kan, bang?"

"Ngada-ngada lo, udah kayak adek gue tuh si Ody, lagian Ody juga milih gue buat jadi dokter pendampingnya jadi ... ya, simpati lah, apa salahnya kan ikut tahlilan, nambah pahala." Dia beralibi, "Lo juga ngapain dah tuh pake nyamperin Sofia segala? Naksir kan lo sama dia? Hayo ngaku!"

Gue terbatuk, "Alasannya kek lu lah, nganggep adek, lagian dia adeknya bang Vernon juga, otomatis jadi adek gue kan? Adek lo, adek kita."

Bang Raga ketawa, obrolan terus berlanjut sampai akhirnya kita berdua tiba didepan kosan Sofia. Gue menyuruh Bang Raga buat nunggu duluan di depan gang, soalnya gue masih harus manasin mesin sambil memastikan bahwa pintu kamar kos Sofia sudah dikunci dengan benar. Sebelum pergi, gue sempat menatap pintu di lantai dua itu dengan sebuah senyuman. Gue gak baper sama lo, Sof, gue cuma ... merasa bahwa gue harus melindungi lo, menghentikan segala kebiasaan buruk lo supaya hidup lo tidak akan terus menerus terjebak dalam dunia yang begitu gelap.

✡️✡️✡️




Aduh next part udah bagian Raga lagi uwww
(づ ̄ ³ ̄)づ

Kepada Kak Geraldino Osmano, apa tidak baper kalau bentukannya seperti ini?

Continue Reading

You'll Also Like

5.3K 776 16
"Dari sekian banyak foto yang kuambil, kamu tetap jadi yang terindah" Start:10/04/20 End:10/07/20
JEONlusi By ARRA

Fanfiction

27.2K 5.5K 24
[Graha Permai Series] JALUSI adalah ornamen di bagian jendela rumah yang memiliki fungsi dan manfaat untuk kehidupan sehari-hari. JEONlusi adalah sek...
72.9K 2K 100
The song lyrics of One Direction for Directioners
18K 4K 22
🕊 la confianza series : jisung jiheon🕊 awalnya jisung penasaran gara-gara renjun ke la confianza, tapi malah jatuh hati sama tetangga. 'la confianz...