A Sweet Treat For Wattpad Aut...

By AryNilandari

170K 26.4K 7K

Hanya untuk kamu yang ingin selalu meningkatkan keterampilan menulis. Karena tulisanmu menunjukkan siapa d... More

Daftar Isi
I. Sajian Pembuka
I.1. Empty Your Plate
I.2. Jadi, Intinya Wattpad Itu....
I.3. Niat
I.4. Modal
I.5. Ide
I.6. Genre
1.7. Just Write!
1.8. Outline, Perlukah?
II. Sajian Utama
II.1 Karakter
II.2. Setting
II.3 Konflik dan Penyelesaian
II.4 Emosi
II.5. POV (Point of View)
II.6 Dialog
II.7 Alur, Plot, dan Struktur
II.8 Deskripsi
II.9 Logika Cerita
II.10 Judul
II.12 Etika, Moral, dan Budaya
Kelas Membuat Outline (Pemula)
Kelas Membuat Outline (Advance)
Konfirmasi Kelas Outline
Kelas Teknik Outline Kembali digelar!
Konfirmasi Kelas Outline 25 dan 27 April 2018
III. Sajian Penutup
III.1a. Study Case: Edit Revise Rewrite WMHS
III.6 Dari Wattpad ke Paper-Book (Penerbitan)
Pelatihan Offline
WORKSHOP MENULIS WATTPAD

III.2. Cover, Sinopsis, dan Blurb

2.6K 280 19
By AryNilandari


Cover

Di Wattpad, cover atau sampul buku menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembaca. Kamu tidak perlu menjadi desainer untuk sekadar membuat cover dengan apps yang bisa kamu download di hape, atau website yang memfasilitasi pembuatan cover. Silakan cari dengan keyword, wattpad cover, cover maker, dll.  

Powerpoint bisa kamu manfaatkan juga untuk membuat cover sederhana. Cara terakhir, kamu bisa memesan cover pada mereka yang menawarkan jasa pembuatan cover (ada yang gratis, banyak yang berbayar).

Berikut beberapa tips  tentang cover:

Lakukan ini:

1. Sesuaikan dengan judul dan isi buku. Logisnya, cover bersama judul memberikan sedikit gambaran tentang isi buku. Biasanya gambar tokoh utama atau benda-benda yang dijadikan simbol atau bahkan tulisan judul yang dijadikan menu utama. Kamu bisa cari inspirasi dari cover yang beredar di Wattpad. 

2. Judul dan nama penulis harus terbaca, meskipun tidak perlu memenuhi seluruh halaman.

3. Padu padankan warna agar serasi dan nyaman dipandang. Minimalis atau mencolok, tergantung pada seleramu.

4. Usahakan gambar original buat kamu yang bisa menggambar. Tapi kalaupun tidak, di Internet banyak sekali free image yang bisa digunakan.


Jangan lakukan ini:

1. Menggunakan gambar yang sudah terlalu sering dipakai orang. Kesannya kamu menjiplak atau mendompleng ketenaran yang sudah lebih dulu published.

2. Menggunakan gambar yang sensual/sensasional hanya untuk menarik perhatian.

3. Jauh panggang dari api, cover yang tidak sesuai sama sekali dengan judul dan isi.

4. Menggunakan gambar yang ber-copyright. Di Internet banyak yang gratis, jangan asal comot gambar yang dibatasi rambu-rambu hak cipta.

5. Tanpa cover. Kalaupun kamu begitu cueknya, ya terimalah kalau tidak ada yang tertarik untuk membaca ceritamu yang tidak bercover.

Lalu bagaimana jika naskahmu diterbitkan? Penerbit mayor akan membuatkan cover khusus yang jelas dilindungi hak cipta. Ada desainer dan ilustrator yang bekerja untuk buku kamu. Penerbit indie mungkin pakai cara ekonomis dengan membuat cover tanpa orang-orang profesional tersebut, tapi minimal bisa menyediakan cover yang berbeda dengan versi Wattpad.


Sinopsis

Sinopsis adalah narasi tentang bukumu, berisi poin-poin penting ceritamu dari awal hingga akhir.


1. Panjangnya sekitar 1.500-2.000 kata atau 3-4  halaman A4. Kalau bisa lebih ringkas, tapi lengkap, lebih baik (misalnya 700-1500 kata).

2. Poin penting dalam sinopsis mencakup genre dan premis ceritamu, siapa tokoh utamanya (protagonis dan antagonis), apa yang terjadi (plot atau konflik), di mana (setting), dan kira-kira bagaimana penyelesaiannya.

3. Menggunakan POV 3 meskipun ceritamu POV 1

4. Jangan memuji-muji ceritamu sendiri dengan kata-kata tidak bermakna (bilang antimainstream lah, bilang bagus lah, tanpa bukti) karena editor/panitia tidak peduli. Mereka melihat kelebihan ceritamu dari yang kamu tunjukkan pada poin-poin no.2. Misalnya, apa keunikan karaktermu, kenapa plotnya kamu anggap berbeda dengan cerita yang sudah beredar.

Sinopsis yang dibuat sebelum kamu mulai menulis atau di tengah-tengah proses menulis dapat berfungsi sebagai outline (patokan, perencanaan, rambu-rambu). Baca bab outline untuk lebih jelasnya tentang untung ruginya membuat outline.

Sinopsis untuk outline tentu saja bisa berubah sejalan perkembangan penulisan cerita. Karena memang hanya untuk rambu-rambu agar penulis tidak tersesat, ke mana-mana tidak jelas. Juga sebagai penilaian awal bagi editor/panitia lomba untuk menentukan apakah ceritamu memenuhi syarat dan bisa dipilih.

Beliawritingmarathon batch 2, Gramedia Writing Project, sebagai contoh, mensyaratkan sinopsis lengkap ini untuk dikirimkan kepada mereka sebagai tahap awal kompetisi. Tahap selanjutnya, baru sampel beberapa bab.

Sinopsis yang dibuat setelah cerita tamat, diperlukan ketika kamu mengajukannya kepada penerbit dan untuk keperluan lomba/kompetisi yang mensyaratkan cerita sudah tamat. Istilahnya, kamu melakukan pitching. Editor penerbit akan mencermati dulu sinopsismu, untuk memudahkannya menilai apakah karyamu unik. Kalau ia tertarik dengan sinopsis itu, barulah ia membaca keseluruhan.


Jadi, alih-alih mengeluh dengan berbagai alasan agar dibebaskan dari menulis sinopsis, ambillah peluang ini untuk berlatih. Menulis sinopsis adalah tantangan buat kamu, calon penulis atau bahkan yang sudah pernah menerbitkan buku, karena memang ini tantangan. Kamu tidak bisa selamanya menghindar dari sinopsis. Menulis cerita 300 halaman mungkin  mudah, tapi memampatkannya dalam 3-4 halaman, baru luar biasa. Apalagi, dengan 3-4 halaman itu, kamu harus membuat editor tertarik untuk membaca buku seluruhnya. 


Lebih detail dalam membuat sinopsis

Langkah 1. Cobalah meringkas tiap bab menjadi satu atau dua kalimat. Apa poin utama bab ini? Hal penting apa yang terjadi di dalamnya?

Ya, masukkan juga penyelesaian konflik. Apakah si tokoh utama jadian dengan gebetannya, atau si hero memenangi pertempuran akhir dengan musuhnya. Tujuan utama sinopsis adalah menunjukkan full arcs  plot cerita, jadi jangan lupa memasukkan resolusinya.


Loh, berarti memberikan spoiler dong. Kepada editor? Tentu saja. Karena bagaimanapun, dia harus dan akan membaca sebelum menerbitkannya. Bagaimana dengan lomba atau tugas dari komunitas? Kupikir panitia tidak akan memposting sinopsismu untuk dibaca umum.

Langkah 2. Gunakan paragraf pertama untuk memaparkan dunia tempat cerita berlangsung, di mana dan kapan, siapa protagonisnya, dan apa masalahnya.

Contoh:

LINH CINDER adalah cyborg, yang dianggap sebagai kekeliruan teknologi oleh kebanyakan orang dan menjadi beban bagi ibu angkatnya, ADRI. Tetapi kecerdasan artifisialnya sangat menonjol dan memberinya kemampuan unik. Linh seakan dapat berbicara dengan mesin, membuatnya tersohor sebagai pakar mesin termuda dan terbaik di Beijing Baru.


Langkah 3. Rangkai ringkasan setiap bab, berfokus pada kejadian penting, menggunakan format sinopsis standar. Tidak masalah kalau ceritanya jadi terkesan lompat-lompat.

– Tulis dalam POV ke-3, terlepas dengan POV siapa ceritamu.

– Pertama kali menyebut nama tokoh, gunakan huruf kapital semua, agar mudah ditemukan. (lihat contoh di atas)

Langkah 4: Baca lagi, saring lagi, fokus pada aliran sebab akibat (plot). Setiap peristiwa menjadi sebab terjadinya peristiwa lain, sisipkan penjelasan tentang motif dan latar belakang karakterjika diperlukan.


Contoh:

Cinder khawatir jika ia tidak segera memperbaiki XPRO, Adri akan meloak pesawat komuternya itu. Malam itu, Cinder pergi ke tempat pembuangan rongsokan untuk mencari onderdil pengganti.


Langkah 5. Rangkai terus hingga sampai pada akhir, dan sekarang plot sudah terasa logis. Periksa apakah di sinopsis kamu sudah menunjukkan perkembangan karaktermu sebagai akibat dari peristiwa yang dialaminya.

Apakah pembaca dapat mengikuti perubahan itu. Jika belum, sisipkan momen-momen dalam cerita yang mengubah sikap dan tujuan si protagonis. Tunjukkan bagaimana momen-momen ini menjadi titik balik perubahan.

Contoh:

Tanpa XPro, Cinder bergantung pada PEONY. Dan bergantung pada Peony adalah kesalahan terbesarnya. Cinder bersumpah untuk merebut kembali Xpro apa pun taruhannya. Meninggalkan Adri, kalau perlu.


Langkah 6.Edit

Semua hal penting sudah masuk tapi ternyata masih 3.000 kata. Editlah. Efektifkan kalimatnya. Apa yang bisa disampaikan dalam 5 kata, jangan gunakan 10 kata.  Kisaran 1.500-2.000 tidak memberi ruang banyak untuk informasi yang tidak terlalu penting. Jadi edit, edit, edit.

Selesai.


Blurb

Blurb adalah teaser untuk calon pembaca dan pembeli novelmu. Untuk buku yang sudah terbit (cetak) tentu diletakkan di cover belakang. Kalau di Wattpad, blurb bisa disamakan dengan deskripsi novel. Kamu boleh bermain teka-teki di sini, karena fungsinya adalah menarik pembaca.

Tapi pastikan kamu memperkenalkan karaktermu, dunianya (genre), dan konfliknya. Premis juga boleh dipaparkan.

Blurb yang terlalu panjang dan mendetail, apalagi berisi spoiler, justru akan mengurangi minat pembaca, karena mereka dengan mudah bisa menebak isi ceritamu.

Silakan cek lagi blurb/deskripsi ceritamu.


Demikian, semoga bermanfaat.

Salam

Continue Reading

You'll Also Like

464K 42.3K 95
Takdir kita Tuhan yang tulis, jadi mari jalani hidup seperti seharusnya.
176K 14.6K 19
🐇🐇🐇
595K 10.7K 19
suka suka saya.