32. Instrumen Penentuan Arah Kiblat

169 14 0
                                    

Instrumen Penentuan Arah Kiblat

Beberapa Instrumen Penentuan Arah Kiblat yaitu:

1. Mizwala Qibla Finder

Mizwala Qibla Finder dalam menentukan arah kiblat dengan memanfaatkan keberadaan Matahari untuk dapat mengetahui arah utara sejati, dengan mengetahui utara sejati maka akan dapat menentukan arah kiblat. Posisi Matahari akan dibaca pada alat ini dengan hasil gambaran bayangan dari gnomon yang ada pada alat ini atau sering disebut dengan mizwah. Melalui mizwah ini kita akan dapat mengetahui as-Simtu (azimut Matahari) yang kemudian dipergunakan untuk mengetahui arah utara sejati dan arah kiblat (azimuth kiblat) yang telah terhitung dengan program mizwah. Pengukuran arah kiblat menggunakan alat ini sangat akurat dengan ketentuan harus ada sinar Matahari.

2. Kompas Magnetik

Kompas merupakan alat yang paling banyak dipakai di masyarakat untuk mengetahui arah kiblat baik di Masjid, Musholla maupun dirumah masing-masing. Kompas magnetik ini bila kita perhatikan akan selalu menunjukkan arah utara dan arah selatan yang disebabkan berdasarkan kemuatan magnet Bumi. Untuk mendapatkan arah utara sejati harus dilakukan perhitungan dengan koreksi magnetik. Kompas magnetik ini masih dipengaruhi oleh medan magnetik, sehingga mengurangi keakuratannya dalam menentukan arah kiblat.

3. Theodolit

Theodolit adalah merupakan instrumen yang dipakai untuk mengukur sudut Horizontal dan sudut Vertikal.

Dalam pengukuran arah kiblat, menggunakan theodolit yang diperlukan adalah skala sudut horisontalnya. Pada saat penggunaan theodolit untuk menentukan arah kiblat yang perlu diperhatikan adalah pointing terhadap titik utara sejati sebagai acuan terhadap perubahan sudut yang ditunjukkan oleh skala horisontalnya atau azimuth. Dan untuk menjadikan bagian skala vertikal  atau altitude juga akurat maka posisi alat saat kalibrasi harus berada ditempat yang datar. Pointing terhadap utara biasanya  dilakukan dengan mengarahkan Theodolit ke Matahari dan mencari azimuth Matahari pada saat itu guna mencocokkan sehingga dapat mengetahui arah utara sejati. Untuk jaman sekarang ini instrumen yang paling canggih dan akurat dalam menentukan arah kiblat adalah dengan Theodolit karena Theodolite bisa membaca sampai kepada skala detik busur.

 Untuk jaman sekarang ini instrumen yang paling canggih dan akurat dalam menentukan arah kiblat adalah dengan Theodolit karena Theodolite bisa membaca sampai kepada skala detik busur

Oups ! Cette image n'est pas conforme à nos directives de contenu. Afin de continuer la publication, veuillez la retirer ou télécharger une autre image.

🔭🔭🔭

Mengenal Istilah-istilah Astronomi ✓Où les histoires vivent. Découvrez maintenant