18. Mengenal Alkhawarizmi; Ilmuwan Muslim Penemu Aljabar

205 21 0
                                    

Mengenal Alkhawarizmi; Ilmuan Muslim Penemu Aljabar

Tahukah Kamu siapa yang menemukan angka nol? Ya, dia adalah seorang ilmuan Muslim berkebangsaan Persia yang bernama Muhammad bin Musa al Khawarizmi. Beliau merupakan ahli matematika, astronomi, astrologi, dan geografi. Kehidupan beliau dihabiskan dengan mengukir karya-karyanya terutama di bidang sains. Kehebatan Al-Khawarizmi telah diakui oleh dunia Islam maupun barat dengan berbagai karyanya.

Selain mengabdikan diri di bidang sains, beliau juga orang yang aktif dalam pendidikan. Beliau menciptakan secans dan tangent dalam penyelidikan trigonometri dan astronomi. Banyak hal yang telah ditemukan beliau, yang tentunya bermanfaat bagi umat manusia. Salah satu dan yang termashyur adalah Aljabar. Aljabar merupakan materi yang banyak dipelajari di seluruh dunia. Aljabar adalah salah satu cabang matematika yang mempelajari tentang pemecahan masalah menggunakan simbol - simbol sebagai pengganti konstanta dan variabel. Al-jabar banyak dimanfaatkan di dunia dan menjadi salah satu materi yang wajib diajarkan di sekolah.

Selain Aljabar, beliau juga menemukan ilmu Falaq (ilmu astronomi) yaitu ilmu pengetahuan tentang bintang-bintang yang melibatkan kajian tentang kedudukan, pergerakan, dan pemikiran serta tafsiran yang berkaitan dengan bintang. Beliau pun menulis buku tentang ilmu falak yang berjudul Zīj Al-Sindhind "tabel astronomi".Belum selesai di bidang astronomi, beliau juga adalah penemu istilah Algoritma.

Di masa hidupnya, Al-Khawarizmi juga membuat berbagai karya tulis diantaranya Al-Kitab Al Mukhtasar fi hisab aljabr wa'l-muqabala yaitu buku yang berisi tentang rangkuman perhitungan, penimbangan serta perlengkapan (berisi rangkuman dasar-dasar aljabar). Selanjutnya adalah Kitab Al-Jam'a wal-tafriq bi-hisab al-Hind atau Dixit Algirizmi yaitu buku yang berisi tentang pengiraan dan penjumlahan berdasarkan sistem kalkulasi hindu. Serta Kitab Surah Al-Ard yaitu buku yang berisi tentang rekonstruksi planetarium dan berbagai karya lainnya.

 Serta Kitab Surah Al-Ard yaitu buku yang berisi tentang rekonstruksi planetarium dan berbagai karya lainnya

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

🔭🔭🔭

Mengenal Istilah-istilah Astronomi ✓Where stories live. Discover now