16. Mengapa Matahari Terlihat Kuning atau Oranye?

235 24 0
                                    

Mengapa Matahari Terlihat Kuning atau Oranye?

Biasanya, matahari digambarkan berwarna kuning. Ada juga yang menggambarkan matahari dengan warna oranye. Biasanya ini untuk menggambarkan matahari terbenam.

Namun, tahukah teman-teman? Warna asli matahari sebenarnya adalah putih. Lalu mengapa matahari terlihat kuning dan bahkan oranye, ya?

Yuk, cari tahu jawabannya!

Ketika mendekati horizon (ketika terbit dan tenggelam), cahaya matahari melewati atmosfer dengan jarak yang lebih panjang atau jauh. Debu, asap, dan partikel lain menghamburkan banyak sinar matahari sehingga meninggalkan warna kuning atau jingga. Lain halnya ketika tengah hari, sinar matahari menempuh jarak terpendek melalui atmosfer. Ketika Matahari berada di posisi ini, sinar matahari melewati lapisan udara yang lebih sedikit. Sedikit lapisan udara berarti lebih sedikit pula penyaringan warna yang terjadi. Cahaya terlihat putih karena semua spektrum warna dipantulkan hingga mencapai mata kita. Oleh sebab itu, Matahari pada siang hari terlihat kuning atau lebih pucat dibandingkan ketika pagi atau sore hari.

Pada dasarnya, Matahari memiliki semua warna dicampur menjadi satu, namun dalam pandangan mata manusia, warna campuran ini akan ditangkap sebagai putih. Hal ini lebih mudah dilihat dalam gambar Matahari yang diambil dari stasiun antariksa yang berada di ruang angkasa.

Maksudnya, kita bisa melihat warna matahari yang dibiaskan melalui prisma. Hasilnya adalah warna-warna pelangi seperti merah, oranye, kuning, hijau, biru, hingga ungu yang memiliki panjang gelombang berbeda. Warna-warna pelangi itu menunjukkan ketika seluruh warna dijadikan satu akan menjadi putih.

 Warna-warna pelangi itu menunjukkan ketika seluruh warna dijadikan satu akan menjadi putih

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Satu, 18 April 2020 M / 24 Sya’ban 1441 H

🔭🔭🔭

Mengenal Istilah-istilah Astronomi ✓Where stories live. Discover now