Glosarium

1.7K 170 6
                                    

A. Glosarium (in order of appearance)

1. Baji : celana hanbok pria.

2. Kkotsin : sepatu pria yang digunakan sebagai setelan hanbok.

3. Sangmin : (kelas sosial) warga biasa di era Joseon dimana pada umumnya adalah mereka yang berprofesi sebagai petani, pedagang dan budak.

4. Ikseongwan : penutup kepala serupa mahkota yang digunakan raja dan putera mahkota.

5. Gonryongpo : jubah yang digunakan para keluarga kerajaan, khususnya raja, putera mahkota dan anak pertama dari putera mahkota. Warnanya disesuaikan dengan jabatan mereka dalam keluarga. Untuk raja atau kaisar, warnaya merah dan untuk putra mahkota serta anaknya warnanya biru.

6. Sajoeryongbo : gambar naga berkaki empat di jubah khusus untuk pangeran mahkota. Untuk lambang naga, raja memakai naga dengan lima jari (ohjoeryongbo) dan untuk anak pertama dari putra mahkota memakai naga dengan tiga jari (samjoeryongbo).

7. Gakdae : sabuk yang digunakan di atas jubah, berhiaskan giok.

8. Jeoguri : jubah luaran hanbok pria.

9. Sokgui : pakaian dalam hanbok pria.

10. * Yi Taehyung : cerita ini mengangkat masa-masa keruntuhan Dinasti Joseon (1893) dan kaisar yang menjabat saat itu marganya Yi, sehingga nama Taehyung saya sesuaikan dengan setting waktu untuk mendukung cerita. Yi Cheok adalah putera mahkota dinasti Joseon yang sebenarnya di tahun itu. Ini hanyalah cerita fiksi, segalanya sudah diatur sesuai dengan setting waktu yang ditulis sesuai imajinasi penulis.

11. Gayageum : kecapi, alat musik tradisional Korea yang dimainkan dengan cara dipetik. Biasanya dimainkan oleh perempuan (puteri dan ratu).

12. Daechwita : iringan parade musik yang dimainkan oleh para militer untuk agenda-agenda kerajaan dan menyambut tamu negara.

13. Dalgona : permen karamel.

14. Hanseong : sekarang merupakan Seoul.

15. Gobu : sekarang merupakan Jeongeup.

16. * Revolusi Donghak : (1894)  para petani bangkit di dalam pemberontakan massa, dengan pemimpin petani, Jeon Bongjun dan Kim Gaenam mengalahkan kekuatan penguasa lokal Jo Byonggap pada pertempuran pada tanggal 11 Januari 1894; setelah pertempuran, harta Jo dibagikan kepada para petani.

Pada bulan Mei, tentara petani mencapai , dan pemerintahan Joseon meminta bantuan untuk mengakhiri pemberontakan. Qing mengirim 3,000 pasukan dan para pemberontak menegosiasikan gencatan senjata, tetapi Jepang menganggap kehadiran Qing sebagai ancaman dan mengirim 8,000 pasukan mereka sendiri, merebut istana kekaisaran di Seoul dan memasang pemerintahan pro-Jepang pada tanggal 8 Juni 1894. Hal ini memicu (1894–1895) di antara Jepang dan Qing Tiongkok yang berperang sebagian besar di Korea.

B. Fakta-Fakta Sejarah:

Pada tahun 1873, Kaisar Gojong mengumumkan asumsinya di pemerintahan kerajaan. Dengan pensiun selanjutnya Heungseon Daewongun, calon Ratu Min (yang kemudian disebut ) menjadi berkuasa di dalam istana, menempatkan keluarganya di posisi tinggi istana dan memulai banyak pemberontakan dan peperangan (sumber: Wikipedia, 'Dinasti Joseon').

Pada tahun 1881, sebuah unit elit militer modern dibentuk dengan pelatihan Jepang. Gaji para tentara lainnya ditahan kembali dan pada tahun 1882, tentara memberontak dan menyerang perwira Jepang dan bahkan Ratu sendiri terpaksa berlindung di pedesaan.

Pakaian dinasti Joseon: Jungkook, sebagai sangmin mengenakan hanbok biasa berwarna putih polos sementara Taehyung mengenakan hanbok berbahan satin lembut khusus kelas atas.

*

Funfact: Kenapa 'Wild Flowers'?

Karena Jungkook sebagai seorang sangmin itu lambang 'keliaran -- wild' yang datang dari kelas sosial tidak berpendidikan dan tidak sekelas dengan Taehyung. Dan Taehyung dengan ketidaksempurnaannya jadi selembut 'bunga' yang cantik dan indah tapi dilupakan.

Menunjukkan hubungan mereka yang seperti bunga liar; cantik tapi bagi sebagian besar orang adalah hama yang harus dimusnahkan.

*

(Sumber: Wikipedia sebagai satu-satunya sumber reliable sesuai timeline sejarah karena sumber-sumber asli Korea tidak bisa diakses dengan IP Address Indonesia dan beberapa personal blog.)

*

Thankyou.
Ire, x

You've reached the end of published parts.

⏰ Last updated: May 24, 2020 ⏰

Add this story to your Library to get notified about new parts!

Wild FlowersWhere stories live. Discover now