Lailatul Qadar

696 26 2
                                    

Assalamualaikum warahmatullah💚

°°°

*Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
*Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1

✍🏻 Oleh Ustadz Abu Abd rahman bin Muhammad Suud Al-Atsary hafidzhahullah

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

اِنَّاۤ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَمَاۤ اَدْرٰٮكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ ۗ  لَيْلَةُ الْقَدْرِ ۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍ ۗ  تَنَزَّلُ الْمَلٰٓئِكَةُ وَا لرُّوْحُ فِيْهَا بِاِ ذْنِ رَبِّهِمْ ۚ مِّنْ كُلِّ اَمْرٍ ۛ  سَلٰمٌ  ۛ هِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

_"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam Qadar, dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu ? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para Malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar"._ (QS. Al-Qadr: 1-5)

Dari Aisyah radhiallahu 'anha beliau berkata:

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذ دخل العشرا الاواخر من رمضان احيا الليل ، و ايقظ اهله ، و جد ، و شد المئزر

_"Adalah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bila beliau memasuki sepuluh akhir Ramadhan, beliau menghidupkan malamnya membangunkan keluarganya, beliau bersungguh-sungguh dan memperkuat ikatan kain sarungnya"._ [Muttafaqun'alaih]

Berkata Imam Mujahid rahimahullah menafsirkan firman Allah Subhanahu wa Ta'ala:

سَلٰمٌ  ۛ هِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

_"Sejahteralah (malam itu) sampai terbitnya fajar."_ (QS. Al-Qadr: 5)

Keselamatan dari penyakit, setan tidak akan mampu melakukan tipu muslihat pada malam itu, lailatul qadar adalah malam selamat sejahtera, tidak ada penyakit padanya, tidak pula setan keluar padanya, malam itu malam selamat, setan tidak mampu melakukan kejahatan, tidak pula terjadi satu gangguan (tenang).

Ad Dahak rahimahullah meriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiallahu 'anhu: "Pada malam itu setan di belenggu, ifrit di rantai, pintu-pintu langit di buka, di malam itu Allah Subhanahu wa Ta'ala menerima taubat semua orang yang taubat".

Saat membahas lailatul qadar Imam Ibnu Rajab rahimahullah berkata: "Wahai anak Adam ! Sekiranya engkau mengetahui kadar dirimu, tentu kamu tidak akan membuatnya hina dengan maksiat, engkau adalah terpilih dari seluruh makhluk jika engkau bertaqwa maka Surga itu adalah tempat bagi orang yang bertaqwa, sedang dunia adalah tanah milik setan. Setan di dunia sebagai makhluk yang di tangguhkan.

Lantas, bagaimana engkau merelakan diri berpaling dari bagianmu di akhirat dan berebut dengan iblis di tanah yang jadi bagian mereka ? Juga, bagaimana bisa engkau ridha jika kelak engkau tinggal bersamanya di dalam Neraka sebagai pengikutnya ?

Bergembiralah wahai kaum muslimin ! Inilah pintu-pintu Surga yang delapan pada bulan di buka untuk kalian, aromanya semerbak menyentu setiap hati kaum yang beriman sedang pintu-pintu Neraka di tutup untuk kalian serta kaki-kaki iblis beserta pasukannya di belenggu untuk kalian. Pada bulan ini, balaskanlah dendam kalian pada iblis sehingga ahli maksiat di bebaskan dari tawanannya, sehingga mereka tidak memiliki bekas maksiat di sisi Allah sedikit pun.

Tadinya mereka adalah benih-benih pengikut setan yang di cekoki iblis dengan syahwat tetapi hari ini mereka (para pendosa) meninggalkan sarang-sarangnya (setan), mereka putuskan tali-tali ikatan dan jerat-jerat setan dengan kesungguhan taubat dan istighfar, mereka putuskan punggung iblis dengan kalimat tauhid, serta merta iblis pun mengerang kesakitan.

HijrahWo Geschichten leben. Entdecke jetzt