Note

10.3K 483 75
                                    

Hai....🤗
Banyak yg pengen aku ceritakan di sini, jadi mari kita mulai dengan:

1. 100k & 1k ?💛

Beberapa hari lalu Sonja mencapai 100k baca. Dan bertepatan juga akun @sailenndra diikuti 1k followers.
Beneran nggak nyangka bakal sampai di angka itu. Kupikir aku bukan orang yg ambisius, dan kuantitatif bukan hal utama yg ingin ak raih. Dari awal ak pertama nulis 'Amaya' then 'Together' sampai ke 'Sonja' aku selalu menulis sepenuh hati. Meski awal2 yang membaca hanya sedikit.
Tapi tetep aja nggak bisa bohong, seneng bgt rasanya kalian seantusias itu. Thank u so much.😘

2. Perjuangan 'Sonja' ?💛
Dibanding 2 cerita yg lain, 'Sonja' paling berat nulisnya. Dari awal aku mau nulis, aku hanya berpikir ingin menjadikan cerita ini menarik meski tema.nya sudah mainstream. So, aku pakai 2 alur. Yang ternyata nggak gampang. Terlebih dengan jeda menulis yang lama.

Alur?😢
Aku lupa beberapa tanggal, rentang waktu dan sebagainya.
Yg kalian mungkin ngeh saat baca Sonja marathon. Tapi kalau kalian bacanya nunggu satu-satu update dr 1 - 30 which is kalian ngikutin cerita ini dari awal mungkin juga nggak ngeh saking lupanya😂.
Pertama kali ak update Sonja taun 2018, dan sekarang udah 2020. Ak nggak tahu kalau bakal selama itu. Jadi ini bukan ramadhan pertama aku ketemu kalian di Sonja. Aku juga mau ngucapin selamat buat kalian yg ngikutin cerita ini dari awal 'ternyata kalian tipe orang yg setia'😂.

Pov?🤔
Beberapa pembaca memberikan kritik pada pov yg aku pakai. Ini nggak hanya buat 'Sonja' tapi juga 2cerita ku yg lain. Aku tampung kritikannya, thank you👌.
Aku menjelaskan sdikit, jadi ak selalu pakai pov orang ketiga. Baik itu orang ketiga dari sisi karakter pria, karakter wanita dan karakter si penulis sendiri. Dan pembaca mungkin bingung dengan loncatan pov yang nggak ada batasannya. Smoga aku bisa belajar utk menulis dengan pov yang semakin kuat. Sehingga kalian nggak bingung.

Selain itu juga, pesanku sebagai pembaca. Membaca cerita itu bukan sekedar benar mengucapkan kata2. Kalau begitu anak sd juga bisa membaca Sonja. Yg menjadi pembeda adalah 'rasa' yang dibangun. Apakah hanya aku penulis yg bisa merasakan atau pembaca juga bisa membangunkan 'rasa' itu di dirinya saat membaca.

Bagiku membaca itu bukan seperti menyuap makanan yg sudah disiapkan. Pembaca novel tidak semanja itu. Menjadi pembaca juga belajar, menjadi pembaca juga berpikir. Sehingga pesan yg sampai itu sebenarnya bukan hanya kontribusi penulis tp juga kontribusi pembaca itu sendiri.

Aku yakin pembaca di watty orang2 yang berkelas. Jadikan diri kita pembaca yang 'mahal'.💛

So, mari kita saling belajar. Belajar menjadi penulis karna penulis itu bukan orang yg paham dengan semua hal. Aku senang jika pembaca ikut membenarkan pemahaman yg salah padaku (tentunya dengan bahasa yg baik yaa😃)

Dan mari belajar menjadi pembaca.

3. Selesai? 🤔
Apakah 'Sonja' sudah selesai?
Jawabannya iya dan tidak.
Sejak awal menulis aku berpikir akan selesai di part 30.an.
Lagipula, ini cerita sudah sangat lama, sejak Agustus 2018. Apa kalian nggak bosen?😂

Jadi part 30 itu memang selesai kisah Sonja. Tapi akan ada beberapa part spesial😁. Spesialnya apa? Ya ditunggu aja. Aku nggak mau ngasih spoiler.😄😆

4. Ketemu dengan kisah baru?

Setelah nanti Sonja benar2 tutup 'pintu'. Aku bakal buka 'pintu' lain di kisah yang baru. So, kalian masih bisa mampir di 'rumah'ku. Yang saat ini masih aku bangun😄. Kisahnya seperti apa? Aku nggak mau kasih spoiler juga. See you soon🤗

Oh iya, selamat menjalankan ibadah ramadhan. Stay safe & happy🍀. Semoga bumi lekas sehat🌎🍁.
Selamat menjalani hari.

With 💛
@sailenndra


Song on mulmed: One Republic - good life

🍃

Sonjaजहाँ कहानियाँ रहती हैं। अभी खोजें