5. Seni Batik Surya Majapahit

32 6 9
                                    

Hai, bagaimana kabarmu? Semoga kondisi yang belum normal di dunia saat ini tidak menghalangi kita untuk berkarya.

Adakah di sini seorang pencinta seni? Sekarang kita akan membahas salah satu, ehm lebih tepatnya salah dua cabang seni. Namun, dua bidang seni tersebut masih saling berhubungan. Apakah itu?

Tidak jauh dari semesta Kerajaan Majapahit. Kita sudah mengetahui bahwa kain batik Indonesia adalah warisan peninggalan Wilwatikta. Jadi, mari kita menambah wawasan mengenai seni batik dan desain busana batik. Penasaran? Simak, yuk! 

Pengertian Seni Batik

Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009. (id.wikipedia.org/wiki/Batik)

Seni batik adalah sebuah teknik menggambar di atas kain dan memanfaatkan lilin dan canting sebagai bahan dan alat untuk membuatnya. Menurut para ahli dan pakar kesenian, pengertian batik sangatlah beragam. Banyak pendapat yang menjelaskan teori batik ini. Batik merupakan salah satu karya seni rupa terapan yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti pakaian, dan lain-lain.

Telah kita ketahui bahwa batik adalah salah satu kesenian milik bangsa Indonesia. Maka dari itu, sudah seharusnya kita sebagai bangsa Indonesia mengetahui seluk beluk dari seni batik secara lebih mendalam agar batik tidak punah dan tetap menjadi identitas bangsa Indonesia.

UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Curtural Organization) telah menetapkan batik sebagai warisan budaya asli Indonesia. Beberapa pengertian seni batik menurut para ahli sebagai berikut:

1. Nusjirwan Tirtaamidjaja. Seni Batik adalah teknik menghias kain atau tekstil dengan menggunakan lilin dalam proses pencelupan warna, yang semua proses tersebut menggunakan tangan.

2. Santosa Doellah. Batik adalah sehelai kain yang dibuat secara tradisional dan terutama juga digunakan dalam matra tradisional, memiliki beragam corak hias dan pola tertentu yang pembuatannya menggunakan teknik celup rintang dengan lilin batik sebagai bahan perintang warna. Oleh karena itu, suatu kain dapat disebut batik apabila mengandung dua unsur pokok, yaitu jika memiliki teknik celup rintang yang menggunakan lilin sebagai perintang warna dan pola yang beragam hias khas batik.

3. Afif Syakur. Batik adalah serentang warna yang meliputi proses pemalaman (lilin), pencelupan (pewarnaan), dan pelorotan (pemanasan), hingga menghasilkan motif yang halus yang semuanya ini memerlukan ketelitian yang tinggi.

Nah, dari tiga pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa seni batik adalah:

· Seni Batik merupakan sebuah teknik untuk menghias kain dengan beberapa proses yang dilakukan.

· Proses dalam membatik terdiri dari proses penulisan menggunakan lilin, pencelupan menggunakan pewarna kain dan pemanasan untuk membersihkan proses pewarnaan yang belum sempurna.

· Proses penulisan batik biasanya menggunakan canting dan lilin yang dilakukan manual oleh tangan.

· Seni Batik identik dengan motif yang beragam dan kaya.

· Batik merupakan kain tradisional dan salah satu ciri khas bangsa Indonesia. 

 

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
Surya Buana WilwatiktaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang