Alasan 9 : Berkarya Membekali Generasi Muda

2 0 0
                                    

Bahan bacaan yang baik sangat diperlukan oleh generasi muda bangsa ini. Untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan dan moral, sebagai bahan tambahan dari materi tentang moral yang mereka dapatkan di sekolah. M. Natsir dalam Capita Selecta menyebutkan:

"Generasi kita jang akan timbul masih miskin batjaan jang baik2, jang munasabah dengan umur dan pengertiannja. Mereka amat suka kepada tjerita2 jang penuh pengalaman. Kapankah pudjangga2 kita jang mempunjai talent akan menggubahkan perdjalanan Ibnu Bathutah umpamanja, supaja sedap dibatja anak2 kita kaum Muslimin? Anak2 kita itu dan kaum guru pendidik kita, me-nanti2! Ini sebagai umpamanja sadja. Anak2 Muslim jang lebih besar sedikit, amat perlu kepada kisah pahlawan2, tempat menggantungkan tjinta dan simpatinja. Sdr2 maklum, bahwa kisah pahlawan2 itu adalah suatu alat jang penting untuk pembentuk djiwa anak2 kita, lebih2 dalam umur pantjaroba itu."3

Paling tidak, generasi muda itu di antaranya adalah anak-anak biologis kita, kemudian anak-anak ideologis yang dekat dengan kita. Apalagi jika buku yang kita tulis, bisa dibaca oleh generesi muda yang lainnya, di wilayah lain yang jauh dari kita.

Banyak sekali tokoh yang lahir dan matang dari hasil membaca. Juga banyak sekali buku yang bisa melahirkan tokoh yang berpegang kuat pada ideologi atau gagasan yang disebarkan dalam buku tersebut. Nah, para penulis bisa menjadi solusi dalam menyiapkan bahan bacaan yang berisi ideologi yang lurus dan gagasan yang positif. Sehingga, generasi muda dengan bacaan positif, akan berjalan pada jalan yang benar, menuju ke arah yang benar.

Saat kelas 6 SD dan tinggal di asrama Pesantren Yatim Piatu Darul Aitam, Kersamanah, Garut, salah satu guru saya, sangat rajin membaca, kemanapun ia akan membawa buku. Suatu saat, saya melihatnya membaca buku 10 Sahabat yang Dijamin Masuk Surga. Buku itu saya pinjam cukup lama, halamannya lumayan tebal, mungkin sekitar 300 halaman.

Dari buku itu, saya mengenal 10 sahabat tersebut, bukunya berbentuk cerita, ada ilustrasi anak-anak Arab dengan pakaiannya yang khas, ada ilustrasi pohon kurma, ada ilustrasi Unta, ilustrasinya dengan tinta hijau. Saya terkenang dengan buku itu, mulai tertarik dengan bacaan islami. Sampai saat ini, saya mencari buku tersebut di internet, tidak pernah menemukannya.

Akhirnya saya berfikir untuk menulis judul serupa, saat ini masih berupa draft. Mendahulukan tulisan tentang perjalanan hidup Rasulullah ﷺ (sirah), yang kini sudah menjadi ebook siap cetak. Draft yang masih belum fix adalah bunga rampai ibadah harian untuk anak.

Jika Anda berminat pada ceruk seperti ini, yang belum banyak dibidik oleh para penulis, padahal sangat bermanfaat bagi generesi muda, maka akan sangat bermanfaat bagi mereka. Anda bisa membuat tulisan berkala atau berseri, untuk anak-anak, remaja, dan pemuda. Berurutan temanya sesuai peningkatan usia mereka. Bisa tentang dasar keimanan, ibadah harian, serial kepahlawanan, filosofi kehidupan, dan lain-lain.


3 Capita Selecta, M. Natsir Jilid 2, hal. 47-48 (ebook)

60 Hari Menerbitkan Buku Mandiri, Jangan Tunda untuk BerkaryaWhere stories live. Discover now