Alasan 5 : Share and Care

3 0 0
                                    

Saat Anda melihat kekeliruan, saat Anda memperhatikan kesalahan, dari sesuatu yang Anda mampu, dari bidang yang Anda geluti, atau tema lain yang Anda cermati, kemudian hal tersebut tidak cukup untuk disampaikan secara lisan, karena merupakan aktivitas berulang, maka disitu Anda harus menulis buku atau menulis panduan, agar tidak terjadi lagi kekeliruan dan kesalahan yang berulang.

Jika Anda seorang guru, lalu melihat anak didik sedang melemah semangatnya, buatlah tulisan tentang semangat dalam belajar. Jika Anda seorang praktisi, melihat kesalahan dalam suatu aktivitas atau proses, buatlah panduan, agar bisa meminimalisir kesalahan, sehingga meminimalisir potensi kerusakan atau potensi terjadinya kecelakaan, dan seterusnya.

Ada banyak buku yang lahir dari niat baik para penulis, untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Mereka melihat fenomena yang harus segera mendapat solusi, maka mereka menulis buku untuk mengingatkan dan menasihati (share and care). Agar yang buruk tidak berkembang dan yang baik tidak hilang. Perhatikan ungkapan Burhanul Islam Az-Zarnuji dalam pengantar Kitab Ta'limul Muta'allim:

"Ketika saya melihat banyak sekali para pencari ilmu di zaman kita, bersemangat untuk mencari ilmu, namun tidak sampai ke tujuan (mendapat manfaat dan buah -yaitu mengamalkan dan menyebarkan-, mereka terhalangi) karena salah jalan dan meninggalkan syarat-syarat (mencari ilmu). Setiap orang yang salah jalan pasti tersesat dan tidak akan mendapatkan maksudnya, sedikit ataupun banyak. Saya ingin dan saya suka, untuk menjelaskan kepada mereka cara belajar, seperti yang pernah saya lihat dalam kitab-kitab dan telah saya dengar dari para guru, ahli ilmu dan kebijaksanaan."1

Kontribusi Anda akansangat berharga, bisa jadi sesuatu terlihat kecil dalam pandangan Anda, karenasudah terbiasa, namun begitu besar dan berharga, bagi orang lain yang barumemulainya. Anda menginspirasi karena Anda mau berbagi, Anda mau berbagi karenaAnda peduli, bagi mereka Anda begitu berarti.

1 Ta'limul Muta'allim, Burhanul Islam Az-Zarnuji, hal. 57

60 Hari Menerbitkan Buku Mandiri, Jangan Tunda untuk BerkaryaWhere stories live. Discover now