Everything You Need to Know About Iceland

178 27 37
                                    

(Topik 8. Daerah di negara lain)

Iceland memang belum begitu digandrungi oleh orang Indonesia untuk dijadikan tempat tujuan wisata layaknya negara eropa lainnya. Padahal Iceland adalah negara yang sangat menakjubkan mulai dari keadaan alamnya sampai budayanya.

Aku megumpulkan data-data dari internet untuk mengulik keunikan Iceland dan membaginya dalam beberapa chapter sesuai topik yang disediakan RAWS Community. Untuk chapter pertama ini akan membahas Iceland secara umum. Mari kita mulai saja.

LETAK GEOGRAFIS DAN KEADAAN WILAYAH

Republic of Iceland adalah salah satu negara termuda di benua Eropa. Terletak di bagian utara Samudra Atlantik dan merupakan bagian dari negara-negara nordik. Negara Nordik sendiri adalah negara yang menempati wilayah eropa timur dan utara samudra atlantik. Selain Iceland, negara nordik terdiri dari Finland, Denmark, Norwey, Sweden, dan daerah otonom yaitu Kepulauan Faroe dan Greenland.

Iceland juga terletak di lingkar Arktic sehingga suhu udara di sana sangat dingin. 11 % wilayah Iceland tertutup oleh bongkahan es. Meskipun demikian, pulau-pulau Iceland terbentuk dari erupsi vulkanik selama berabad-abad dan sampai sekarang masih memiliki puluhan gunung berapi aktif, ratusan gunung berapi tidak aktif dan sepertiga dari jumlah lava dunia. Maka tidak heran jika Iceland mempunyai sebutan "The Land of Ice and Fire", tanah es dan api. Julukan ini juga tercermin dalam bendera Iceland yang mempunyai 3 warna, merah melambangkan api vulkanis, putih melambangkan salju dan biru untuk laut yang mengelilinginya.

 Julukan ini juga tercermin dalam bendera Iceland yang mempunyai 3 warna, merah melambangkan api vulkanis, putih melambangkan salju dan biru untuk laut yang mengelilinginya

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Karena letak geografisnya ini, banyak terjadi fenomena alam menakjubkan juga tempat tujuan wisata yang akan sangat rugi jika tidak dimasukkan dalam list perjalanan. (Fenomena alam dan tujuan wisata di Iceland aku bahas di chapter-chapter selanjutnya.)

Di Iceland terdapat salah satu pulau termuda di dunia, Surtsey. Antara tahun 1963-1968 terjadi serangkaian letusan gunung berapi yang menyebabkan pulau yang kemudian diberi nama Surtsey muncul ke permukaan laut secara bertahap. Pemerintah Iceland menjadikan pulau ini tempat terlarang untuk siapapun kecuali ilmuwan ahli vulkanologi, botanis dan biologis. Itupun tidak boleh sembarang ilmuwan, hanya yang telah terlatih dengan baik yang bisa kesana. Setiap peneliti yang hendak kesana harus mendapatkan persetujuan dari pemerintah Iceland dengan serangkaian peraturan ketat. Hal itu bertujuan untuk mencegah kontaminasi yang mungkin terjadi dan mengubah kemurnian pulau. Karena usianya yan masih sangat muda untuk sebuah pulau, Surtsey adalah tempat yang sangat diidamkan para ilmuwan untuk meneliti bagaimana sebenarnya kehidupan di bumi ini bermula.

 Karena usianya yan masih sangat muda untuk sebuah pulau, Surtsey adalah tempat yang sangat diidamkan para ilmuwan untuk meneliti bagaimana sebenarnya kehidupan di bumi ini bermula

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
PROJECT 19 Manual Guidance for Misguided GhostsTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang