Next Door 33

1.3K 208 47
                                    

Plan bingung. Mendadak mau ngarep lebih sama mamah dia karna mendadak tadi pagi, supir keluarga dia jemput Plan sama Mean dihotel tempat mereka nginep. Maksud Plan adalah; bisa enggak sih itu dihitung kedalam warm welcome? Mereka dijemput dan si supir bahkan bilang jelas-jelas kalau mamah yang suruh jemput.

Bingung kan?

Jangan buat Mean ngarep tinggi-tinggi, kalau jatuh—sakit. Semalem, mamah telpon, tanyain keadaan sama basa-basi lain. Sempet ngobrol sama Mean, tapi enggak banyak, katanya enggak jadi kejutan nanti pas ketemu langsung. Nadanya bercanda, Mean jadi agak lega, enggak tegang-tegang amat. Walaupun kalut sama gelisah masih aja asik bercengkrama sama perasaan doi.

Plan sendiri dibuat kayak di tarik ulur, jelas mamahnya baik-baik aja, bahkan ngajakin Mean bercanda via panggilan, tapi Plan juga enggak bisa ilangin suara mamah yang kayak nahan-nahan sesuatu.

Mamahnya nangis atau apa?

Plan enggak tau, dia bingung. Takut.

Kayak sekarang, semuanya pada sibuk siapin makanan. Udah kayak mau ngunduh matu aja segala ada prasmanan. Ini Mean bingung tolong.

Dia udah direstuin apa gimana?

Bayangan dia udah mirip sinetron yang dia bakal kena gampar, dikatai-katai anak bawa sial dan lain-lain, terus ujan, ada geledek.

Halah!

Salah server sialan!

Ngomong-ngomong juga mereka belum ketemu sama mama dan papahnya Plan. Kata pembantu mereka masih ada dikamar di lantai dua. Plan pun gak ada niatan mau manggil. Masih bingung sama sambutan macam gini. Kirain gak bakalan ada acara makan-makan begini, biarpun bisa aja ini pertanda bagus. Cuma ya tetep aja. Mungkin ilmu kebatinan antara ibu dan anak emang beneran enggak main-main, meskipun momen sama mamahnya, bisa diitung pakai jari—fakta bahwa Plan anakn kandung Riana enggak bisa dibuat mangkir. Gimanapun, Plan paham gimana watak mamahnya, gimana keras kepalanya mamah. Jadi, dengan keadaan sekarang yang pada sibuk kasih 'warm welcome' ke Plan dan Mean, bukannya buat tenang, malah makin gak karu-karuan kalutnya.

"Plan?"

Kalau bagi Mean waktu kayak berhenti, beda buat Plan karna bukan waktu yang berhenti tapi jantung sama otak dia yang mandek fungsi. Udah berapa puluh minggu? Udah berapa ratus hari dari terakhir kali Plan ketemu sama papahnya? Iya, bener. Suara tadi suara papahnya. Secara teknis, mamah sama papah Plan itu sama aja—gila kerja, berangkat subuh pulang larut. Tapi, bedanya ada pada porsi perhatian yang mamah dan papah Plan kasih ke Plan.

Setidaknya lima menit aja, papa pasti selalu sempetin buat samperin Plan yang masih tidur di kamar, entah sekedar liat putranya yang lagi lelap, atau sekedar cium putra semata wayangnya. Dibanding mamah, papah lebih sering telpon ke rumah buat nanyain kabar Plan walau seminggu cuma dua sampai tiga kali—at least, papa peduli. Enggak kayak mamah yang lebih suka denger kabar Plan dari mulut pembantu atau dari papa sendiri.

Bagi mamah, Plan cuma butuh uang, enggak kekurangan apapun soal duniawi, sekolah dengan major yang udah ditentuin sama mamah, lulus, dan terusin usaha keluarga. Buat mamah, hidup Plan harus lurus, pendidikkan dan karir, harus se-perfect mungkin.

Jadi, ketika jalan lurus buat Plan yang mamah mau dibelokkin gitu aja sama Plan? Wajar nggak kalau Plan sampai sebingung dan sekalut ini buat hadepin mamah persoal hubugan dia sama Mean?

"Kamu apa kabar, nak?"

Jujur, Plan kangen. Mau sekuat apa, Plan masih butuh orang tua, dia masih putra kecil mereka, kan?

"Baik, pa." katanya, "Papa gimana? Maaf pas pulang kemarin Plan enggak samperin—" lirik Mean, dan gigit bibir bawah, "Plan kerumah Mean, soalnya."

A Heady Boy Next Door | end'Where stories live. Discover now