Bakso Aku Cinta Indonesia

589 78 19
                                    

Halo semua! Gue Regia alias si imut nan lucu alias ReeLyond. Sebenernya lapak gue bukan di sini, cuma gua mau ngebajak lapak kakak Mail dua seringgit dulu nih buat bagi-bagi resep yang gue suka! Nah, di kesempatan kali ini gue mau bagi-bagi resep bakso aci yang simple dan bisa kamu kerjain kurang dari setengah jam. Bakso ini juga bisa menambah rasa nasionalis kali ya soalnya ACI singkatannya Aku Cinta Indonesia. Mungkin nyokap bokap kamu ngerasain kali ya era sinetron edukasi ini.

Btw, gue cantumin link lagu pembukanya deh biar nuansa masak lo semakin bergairah.

Awalnya, gue kepengen banget nih makan pedes-pedes cuma mager banget gue keluar buat nyari makanan terdekat. Gue buka kulkas, eh isinya cuma ada telur doang jadi sedih hatiku. Gue udah males bikin telor ceplok atau dadar. Kebetulan, gue ada sisa sagu bekas bikin kue sagu keju waktu itu. Akhirnya gue carilah resep yang bisa memanfaatkan dua bahan itu dan gue menemukan resep ini.

Gue dapet resep ini dari instagramnya yackikuka dan setelah gue coba rasanya enak banget. Teksturnya gurih-gurih enyoy tapi ga alot, terus pedes-pedes gigit pas banget buat temen makan sambil gibahin tetangga rasanya, gue suka. Buat isian dan toppingnya, kalian bisa bebas ya masukin apapun yang kamu suka! Semoga kalian juga suka!

 Buat isian dan toppingnya, kalian bisa bebas ya masukin apapun yang kamu suka! Semoga kalian juga suka!

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Bakso Aku Cinta Indonesia

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Bakso Aku Cinta Indonesia

BAHAN:

3 sendok makan penuh/munjung tepung sagu

3 sendok makan penuh tepung serbaguna (misal : kobe, sajiku tepung fried chicken, apapunlah). Bisa diganti pake tepung terigu biasa+royco+garem+lada dikit kalau nggak ada. Nah, gue ada tips lain, kalau mau lebih kenyal, banyakin aja sagunya, kalau mau lebih empuk, banyakin terigunya.

Daun bawang diiris tipis (kalau ada aja, kalau gak yowes)

Air panas mungkin sekitar 50ml

Air (lagi) buat ngerebus si baso acinya


BAHAN LAINNYA

Bumbu Kobe Nasi Goreng Super Pedas 1 sachet. karena aku lazy ngulek sendiri, kalau niat bisa diganti bawang putih, cabe, dan kencur diulek sampai halus. Nguleknya kalo bisa sambil nyanyi jinglenya ACI ya biar semakin nasionalis.

Telur sesuai selera, mau sebanyak apapun boleh. Mau sekandang juga boleh kalo pancinya muat.

Pelengkap lain yang mau jadi temennya bakso ACI. Sebagaimana Indonesia kan Bhinneka Tunggal Ika, ya. Kamu bisa nambahin kerupuk bubur kering yang udh direndem air panas (seblak), sosis, baso, otak-otak, makaroni, kenangan yang dulu pernah ada, dsb.


CARA MEMBUAT

Campur semua bahan dari baso aci di dalam mangkok, untuk air, lebih baik dikasih sedikit2 aja daripada nanti kelembekan, terus diaduk sampe tercampur rata dan bisa dibentuk bulat-bulat. Kalau misalkan udah terlanjur kelembekan, olesin tangan sedikit dg minyak aja biar bisa dibulat-bulatkan.

Rebus air sampai mendidih sebanyak kurang lebih satu setengah gelas di panci, masukin bulatan-bulatan baso aci, rebus sampe baso acinya mengambang. Angkat, airnya boleh dibuang atau boleh disimpen buat kuahnya kalau suka kuah yang agak kental.

Biasanya gue pake panci yang sama, setelah dibuang air bekas rebus baso acinya, gue panasin sampe kering terus kasih sedikit minyak. Masukan telur, terus diorak-arik. Kalau kamu ada baso atau sosis atau apapun, masukin sekarang, terus tumis sampai matang.

Habis itu masukan air (atau air sisa rebus baso aci) ke dalam tumisan telur dan pelengkap tadi. Untuk banyaknya dikira-kira aja pengennya seberapa, tunggu mendidih, lalu masukan bumbu nasi goreng kobe. Gue biasanya cuma pake bumbu nasi gorengnya satu sendok teh aja soalnya pedes banget :"" kalau kurang asin, bisa tambah garam, gula, royco. Cicipi sampe kamu suka.

Masukin si baso aci tadi, dan kerupuk yang udh direndem kalau mau jadi baso aci seblak. Masak sampe meresap dan matang.

Masukin mangkok

Siap disajikan!

Boleh banget nih buat kamu yang butuh kehangatan di malam hari yang dingin ketika teman-teman asik hangout sama temen yang lain tapi kamu nggak diajak karena kamu nggak asik dan sebenernya mereka benci sama kamu tapi nggak pernah ngaku karena mereka updatenya di closefriend dan kamu nggak dimasukin kayaknya cocok banget deh makan ini. Mungkin juga buat meyakinkan mama kamu kalo misalnya anak kesayangannya kini telah pandai memasak, bisa ngekos sendiri, dan tidak lagi takut api apalagi mau ngegoreng aja pake helm.

Selamat mencoba!

.....

Catatan Mail

Ya, jadi bab ini dibajak Regia dengan konsen gue karena dia punya resep enaque yang patut dicoba dan tentu saja cocok untuk sobat misqueen seperti aku, kamu, dan kita semua. Buat kamu-kamu yang mau submit resep buat Lapar: Makan Dong! boleh banget hubungi gue via dm wattpad nanti kalo cocok bakalan gue feature resep kamu di sini.

Terima kasih sudah membaca!

Lapar: Makan DongWhere stories live. Discover now