Bagian 2: Karya Apa yang Dapat Diikutsetakan dan Aspek Penilaiannya

4.5K 354 234
                                    

Guidelines, kayak yang di bab sebelumnya?-Betul, pelajari saja

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Guidelines, kayak yang di bab sebelumnya?
-Betul, pelajari saja.

Apakah boleh mengirim lebih dari 1 cerita
-Tidak. Satu peserta satu cerita.

-Jika karya saya bahasanya campuran, bagaimana?
-Persentase Bahasa Indonesia lebih dari 75% boleh.

-Karya bersambung yang bagaimana maksudnya?
-Karya yang setiap part-nya saling bersambungan (punya plot), kayak sinetron Episode 1 nyambung ke Episode 2, dst. Jadi, kalau kumpulan cerita pendek tidak boleh, ya. Genrenya bebas dari aksi, horror, romance, fanfic, semua genre boleh asal berupa cerita bersambung yang punya plot.

-Jadi ditulisnya pas masa event saja? Update-nya juga saat event?
-Ya, untuk karya baru kalian boleh post dari sekarang covernya, prolognya, atau pembukanya. Tapi nanti yang dihitung itu dari yang ditulis saat event. Tidak boleh nabung dari sekarang, tidak boleh repost cerita!

Untuk yang ingin melanjutkan karya yang udah ada. Tabungan partnya silakan update dulu (kalau ada) biar nanti kalian bisa mulai lanjutin pas masa event (16 Juli). 

Ingat aturannya. Karya baru atau karya lama yang ditulis dan di-update saat masa event yang akan dihitung! 

[Tidak Sah] Menulis tetapi tidak di-update

[Tidak Sah] Menabung dari sekarang di-update saat event (ini adalah tindakan curang, dosa ditanggung sendiri)

[Tidak Sah] Posting ulang cerita

[Tidak Sah] Posting ulang cerita hanya diganti judul atau diedit-edit dikit agar terlihat baru

[Sah] Menulis saat masa event dan di-update saat masa event juga

-Bagaimana jika saya ingin revisi karya lama?

-Tidak. Itu mengedit. Tapi tidak dilarang jika kalian jujur.
Peserta yang update cerita hasil menulisnya saat event berlangsung akan disuruh input ke form dan mencantumkan jumlah kata yang dia update (jumlah kata bersih tanpa catatan lain). Jika cerita kalian adalah cerita revisi, maka cerita itu harus dilihat dulu berapa jumlah kata sebelum direvisi.

Dalam catatan revisinya di draft bukan part yang sudah di-publish!

Contoh Part 1 cerita A sebelum revisi ada 1000 kata, setelah direvisi menjadi 1200 kata. Laporan jumlah kata kalian adalah 200 (setelah direvisi dikurangi sebelum direvisi)

Contoh Part 2 cerita A sebelum revisi ada 1500 kata, setelah direvisi menjadi 1200 kata. Laporan jumlah kata kalian adalah 0 (karena berkurang dan ini tidak perlu dilaporkan)


(Masalah perhitungan jumlah kata akan dijelaskan di bagian selanjutnya dalam sistematika event)

Jadi, kalau kalian mau revisi cerita boleh aja, tapi menurut kami lebih baik memulai baru atau melanjutkan yang udah ada saja.

-Bagaimana jika menulis ulang semua dari awal cerita yang udah ada?
-Jika itu benar-benar menulis dari 0 lagi, bisa dianggap cerita baru. Boleh.


Kategori utama adalah 10 peserta dengan jumlah kata terbanyak yang dia tulis dan update selama masa event! Jadi, kalian di sini ayo tulis sebanyak-banyaknya!

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Kategori utama adalah 10 peserta dengan jumlah kata terbanyak yang dia tulis dan update selama masa event! Jadi, kalian di sini ayo tulis sebanyak-banyaknya!

Kategori kedua adalah Team Choice alias pilihan tim Wattpadindo. Kami akan memilih mana yang menurut kami paling menarik, paling unik, paling rapi, paling wah, pokoknya yang jadi favorit kami deh. Mau jadi favorit kami? Tulis sebaik-baiknya!

Kategori ketiga adalah pilihan pembaca atau Reader Choice. Nanti pembaca akan melakukan voting di Twitter untuk memilih mana cerita favorit mereka pada minggu terakhir event. Sistematika voting akan dijelaskan nanti. Tidak perlu ditanyakan sekarang.

Tapi ingat! Ada satu syarat jika cerita kalian ingin masuk satu dari tiga kategori itu. Kerapian! Cerita kalian harus rapi dalam penulisan. Tapi, kami bukan guru Bahasa Indonesia atau Editor, jadi kerapian yang kami maksud adalah enak dilihat mata. Intinya kalian harus tahu penulisan dasar saja. Seperti penulisan kapital dan tanda baca. Kalimat efektif atau tidak efektif, kalimat rancu, baku atau tidaknya, penggunaan majas dll, kami tidak memperhatikan sejauh itu. Karena inti dari event ini bukanlah menulis sebagus-bagusnya, tetapi tulis sebanyak-banyaknya dan membuang kemalasan yang selalu melekat di diri kalian! Hahahaha!

Jadi, ketika cerita kalian kami anggap tidak rapi, maka gelar itu akan gugur. Misal kalian seharusnya jadi peringkat 8, tetapi karena gugur, peringkat 8 akan diambil peringkat 9 dst.


Silakan bertanya tentang dua hal ini saja ya. Pertanyaan yang akan terjawab di bagian berikutnya tidak akan dijawab oleh kami.


Bagian sebelumnya:

Bagian 1: Tentang WWF2019 dan Persyaratan Umumnya

Bagian berikutnya:

Bagian 3: Prosedur Pendaftaran dan Sistematika Event

Bagian 4: Daftar Peserta Sementara WWF2019

Bagian 5: Daftar Seluruh Peserta WWF2019 dan penjelasan isi form Submit

Bagian 6: Posisi Sementara Minggu Pertama

Bagian 7: Posisi Sementara Minggu Kedua

Bagian 8: Posisi Sementara Minggu Ketiga dan Prosedur Voting di Twitter

Bagian 9: Pengumuman Pemenang dan Hadiahnya

Bagian 9: Pengumuman Pemenang dan Hadiahnya

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.
Wattpadindo Writing Festival 2019 #WWF2019Where stories live. Discover now