🕋 Perang Bani Quraizhah

279 9 0
                                    

Sirah Nabawiyah 15; Perang Bani Quraizhah.

Kaum Yahudi, khususnya dari Bani Quraizhah, sering mengkhianati perjanjian dengan kaum muslimin. Bahkan, mereka telah menyiapkan 1.500 bilah pedang, 2.000 tombak, 300 baju besi, dan 500 perisai untuk menumpas kaum muslimin di Madinah.

Pada waktu zhuhur ketika Rasulullah beristirahat di rumah Ummu Salamah sepulang dari peperangan Khandak, Jibril datang dan berkata, "Mengapa engkau letakkan senjata? Bangkitlah dengan orang-orang bersamamu ke bani Quraizhah. Aku akan berangkat di depanmu. Akan kugun-cang benteng mereka dan aku susupkan ketakutan ke dalam hati mereka." Lalu, Rasulullah memerintahkan muazinnya menyeru kaum muslimin untuk berkumpul dan pergi berperang menuju perkam-pungan bani Quraizhah.

Rasulullah dan para sahabat pergi secara berkelompok. Beliau dan rombongannya tiba di Bi'r Anna perkampungan bani Quraizhah. Rasulullah melaksanakan shalat ashar, sedangkan yang lain ada yang melakukannya di perjalanan dan ada pula yang terlambat hingga waktu isya. Pasukan muslimin mencapai 3.000 orang. Di antara mereka ada 30 penunggang kuda. Rasulullah memerintahkan mengepung benteng secara ketat selama beberapa hari. Perang kali ini lebih bersifat perang urat saraf sehingga kaum Yahudi mau menyerah.

Ka'ab bin Asad, pemimpin bani Quraizhah mengusulkan tiga hal kepada kaumnya: (1) mengakui kenabian Muhammad dan masuk ke agamanya; (2) membunuh anak dan istri mereka sendiri lalu bertempur habis-habisan melawan Muhammad; (3) menyerang pasukan Muhammad tanpa memedulikan hari suci Sabat.

Kaumnya pun menolak semua usulan dan memilih menyerah kepada Rasulullah. Muhammad bin Salamah AI Anshari ditunjuk Rasulullah untuk mengawasi para laki-laki yang membangkang yang mencapai 700 orang ditangkap dan digiring menuju suatu tempat untuk dihukum mati. Sebagian mereka ada yang dibebaskan karena sebelumnya telah menyerah dan masuk Islam. Sementara itu, para wanita dan anak-anak diungsikan ke wilayah lain.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Analisis Peta 15; Peta Lokasi Bani Quraizhah.

Perang bani Quraizhah adalah peristiwa pengepungan kaum Yahudi dari bani Quraizhah

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Perang bani Quraizhah adalah peristiwa pengepungan kaum Yahudi dari bani Quraizhah. Perkampungan bani Quraizhah terletak di antara Hurratul Waqim dari sebelah utara dan Wadi Mudzayyab dari sebelah selatan, sedangkan sebelah baratnya adalah Yastribul Aliyah.

Di perkampungan ini, dari balik benteng mereka, kaum muslimin mengepung dan menangkap orang-orang bani Quraizhah yang telah melakukan pengkhianatan dan telah bersiap mengadakan penyerbuan.

Kemudian, Rasulullah memerintahkan kepada para sahabat untuk menjatuhkan hukuman mati kepada sebagian mereka di lokasi hukuman, yaitu di perkampungan bani Najjar yang berdekatan dengan pasar Madinah dan Masjid Nabawi.

🎀🎀🎀🎀

ATLAS Dakwah Nabi Muhammad SAW (Terbit) ✓Where stories live. Discover now