3- Otak Seorang Introvert

346 29 9
                                    

1. Menikmati Setiap Waktu di Tempat Sepi

Orang dengan kepribadian introvert, memiliki karakteristik yang sangat unik. Seorang introvert, akan sangat menikmati waktunya manakala saat itu sedang sepi. Ia akan mengisi kesendiriannya dengan berbagai aktivitas yang sudah menjadi hobinya, seperti menonton film, membaca buku, atau mendengarkan musik. Kegiatan ini lah yang disebut me time. Karena kebiasaan ini juga, seringkali orang lain akan takut jika dirinya mengajak introvert untuk bergaul. Karena, mereka akan menganggap hal ini akan mengganggu si introvert di kala aktifitas me time nya sedang berlangsung.

Cara berpikir tentang menghabiskan waktu untuk me time seperti ini, juga seringkali dianggap aneh oleh sebagian orang. Karena sebagian orang pasti akan berpikir untuk menghabiskan waktu ke tempat yang ramai untuk sekedar berbelanja atau jalan-jalan, daripada harus berada di tempat yang sepi atau harus mengurung diri di dalam rumah.

2. Lebih Memilih untuk Diam di Rumah, daripada Menghabiskan Waktu dengan Teman, dan Diam Saja

Seorang introvert akan lebih memilih menghabiskan waktunya di rumah, daripada harus menghabiskan waktunya dengan teman, sedangkan ia hanya diam saja. Mereka lebih nyaman jika harus menghabiskan waktunya bersama hobi atau kegemarannya. Kalau pun harus menghabiskan waktu bersama teman, ia akan lebih nyaman jika waktunya dihabiskan dengan teman atau orang-orang yang sudah ia anggap nyaman saja.

Mungkin cara berpikir seperti ini seakan terkesan aneh dalam pandangan orang kebanyakan. Namun, begitu lah introvert. Mereka hanya nyaman dengan kegemarannya dan beberapa orang terdekat saja. Jauh berbeda dengan ekstrovert yang akan dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, atau dalam artian sangat mudah untuk mendapatakan kenyamanan dengan hal-hal yang ada di sekitarnya.

3. Tidak Begitu Menyukai Keramaian

Seperti yang saya jelaskan pada point-point sebelumnya, bahwa introvert sangat menyukai tempat yang sepi dan sebaliknya, mereka tidak begitu menyukai keramaian.

Introvert akan merasa kurang percaya diri jika berada di tengah keramaian. Mereka menganggap keramain justru membuat mereka berada dalam posisi yang kurang nyaman. Apalagi jika mereka berada di tengah keramaian seorang diri, alias mereka tidak bersama dengan orang-orang yang mereka anggap nyaman. Hal ini akan membuat seorang introvert merasa terasingkan.

4. Sering Dianggap Tidak Menghargai Orang Lain

Otak seorang introvert akan terus bekerja tanpa henti. Berpikir adalah sebuah hal yang selalu dialami oleh introvert. Bahkan untuk hal-hal yang sepele saja, seorang introvert akan terus memikirkannya hingga mereka mendapat kesimpulan dan merasa puas dengan kesimpulan tersebut.

Berbeda dengan ekstrovert yang hanya berpikir secara momentum dan memandang suatu masalah dari satu sisi saja, introvert justru akan berpikir secara kompleks dan mampu memandang suatu masalah dari berbagai sisi. Cara berpikir ini lah yang membuat orang lain menganggap introvert tidak pernah menghargai orang lain, karena terbiasa dengan kesendiriannya. Padahal pada kenyataannya tidak demikian, introvert hanya terlalu banyak memikirkan tentang sesuatu.

~*~











Sumber: https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/stella-azaya/ilustrasi-yang-gambarkan-isi-kepala-introvert-sebenarnya-c1c2/full

(dengan berbagai perubahan)

All About Introvert [ON GOING]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang