[2] Tentang Menikah dan Perubahan

2.3K 350 99
                                    

Menikah mengubah hidup Fajar Alfian dalam banyak hal.

Pertama, Fajar gak tidur sendirian lagi di single bed asrama pelatnas, tapi lebih sering tidur berdua---di rumah mereka, di atas king size bed, sama Rian yang badannya enak buat dipeluk; soalnya Rian makin berisi dan montok semenjak hamil. Bukannya gak pernah bobo berdua sama Rian sih, waktu pertandingan ke luar juga sering sekamar, apalagi bobo yang lain, makin sering. Buktinya mereka nikah karena keseringan bobo bareng.

Kalau pagi, hal pertama yang Fajar liat adalah rambut Rian. Soalnya Rian suka ndusel-ndusel ke dada Fajar kalo bobo. Katanya anget. Katanya lagi, bau Fajar enak. Fajar punya kebiasaan selalu mandi dulu pakai air anget sebelum tidur, trus pake sabun wangi lemon yang sengaja dibeliin Rian. Makanya kalau Fajar sehabis mandi dan bersiap tidur, Rian udah nungguin di atas kasur sambil senyum-senyum gitu, nunggu Fajar buat naik ke kasur juga. Fajar lalu baringan di samping Rian dan rentangin tangannya, Rian masuk disela-selanya dan  bergelung kaya anak kucing, tidur kaya gitu sampe pagi di pelukan Fajar.

Kedua, dengan menikahi Rian, tanggung jawab Fajar nambah lagi. Bukan cuman satu, tapi dua; Rian dan calon anak mereka. Itu berarti, Fajar harus kerja lebih keras.

Dari muda, Fajar udah jadi tulang punggung keluarga. Kerja keras adalah teman setianya. Jadi atlet adalah cita-citanya, yang dia terusin sampai jadi profesi utama. Pisah dengan keluarga, pulang sebulan sekali, latihan dari pagi buta sampai malam gelap, otot kram sana sini, semua dia jalanin demi tanggung jawabnya buat angkat derajat kedua orangtua sekaligus mengarumkan nama bangsa.

Kali ini, waktu dia udah merasa cukup dan bisa hidup mapan, Tuhan kasih dia tanggung jawab yang lebih besar; jadi tulang punggung keluarga kecilnya sendiri, untuk Rian dan anak-anaknya kelak. Memastikan mereka merasa tercukupi, bahagia lahir batin, selamat dunia akhirat. Selain itu, tanggung jawab Fajar juga kepada kedua orangtua Rian; Hendra dan Ahsan. Ahsan udah wanti-wanti, kalau dia buat Rian terluka dikit aja, mertuanya itu udah siap-siap buat hukum Fajar pakai cara yang gak bisa dia bayangin. Fajar cuman bisa nelan ludah, Fajar tahu Ahsan masih dendam kesumat sama dia. Ya gimana, resiko.

Ketiga, ini bikin Fajar senyum-senyum sih. Bayi mereka belum lahir, kandungan Rian bahkan masih 3 bulan, tapi Rian udah sering manggil Fajar dengan sebutan yang manis banget menurut Fajar : Ayah. Nggak selalu, tapi cukup sering. Kalau waktu pacaran dulu manggilnya masih lo-gue, kamu-aku, jay-jombi, mas/aa-adek, atau mentok, yank-sayang, menurut Fajar, Ayah adalah panggilan terbaik.

Kalau Fajar masih latihan ekstra sampe malem, Rian suka tiba-tiba ngechat "Ayah, kapan pulang?" yang bikin Fajar kalang kabut mau pulang saat itu juga.

Kalau Fajar lagi nyantai nonton teve malem-malem, Rian suka senderan di bahunya terus tiba-tiba nyeletuk "Ayah, Bunda mau gudeg," yang bikin Fajar langsung nyamber kunci mobil buat cari gudeg keliling Jakarta malem-malem sampe ketemu. Rian itu terlahir gemesin, tapi kalau lagi hamil trus ngidam dan lagi manja, dia berkali-kali lipat makin gemesin.

Keempat, karena mereka udah tinggal bareng sekarang, tiap pagi sebelum Fajar berangkat ke Cipayung, dia dan Rian nyempatin buat sarapan bareng. Kata Rian, sarapan adalah satu-satunya waktu dimana dia dan Fajar bisa ngobrol dan bertatap muka sebelum ngelakuin aktivitas masing-masing.

Rian gak pinter masak, Fajar apalagi. Kalau ada latihan pagi banget, biasanya mereka sarapan pake roti bakar atau roti selai, plus telur rebus sama susu. Kalau ada waktu lebih, Rian bakal masak sop atau soto Bandung. Soalnya Fajar suka dua-duanya. Soalnya lagi, Rian cuman bisa masak itu. Itupun hasil nanya dan diajarin sama Ibunya Fajar. Awalnya Fajar seneng, ya walaupun rasanya begitu, Fajar menghargai kerja kerasnya Rian. Lagipula Fajar cuman bisa masak mie instan sama mie endog, dia gak berhak protes. Tapi lama-lama, kok ya gemes juga.

Kalau punya waktu luang disela jadwal latihan, Fajar bakal pulang ke rumah buat makan siang. Kalau dia nanya ke Rian yang lari-lari kecil buat nyambut dia di pintu gerbang, "Hari ini masak apa, Dek?" Jawabannya pasti sama : "Soto Bandung," atau "Sop," gitu aja terus gak pernah ganti menu. Kadang Fajar sampai lupa bedanya dua makanan itu apa, soalnya rasanya sama aja. Kalau ada lobaknya, berarti soto Bandung, kalau gak ada, berarti sop.

Tapi Fajar gak sampai hati ngeluh ke Rian. Suaminya itu, lagi hamil muda, masih sering mual muntah, tapi bela-belain belajar masak makanan yang dia suka. Belum lagi Rian berhenti cuti main badminton, kalau malam Rian suka ngeluh badannya pegal-pegal karena melewatkan rutinitas latihan. Mana tega Fajar buat sekedar bilang "Sop sama soto-mu rasanya sama aja, Dek". Nggak. Fajar gak bakal tega.

Apalagi kalau udah lihat senyum lebar Rian waktu nyambut dia di rumah. Liat badan Rian yang sehat, makin berisi sana sini, pipinya gembil merah merekah enak buat dicium. Paling-paling kalau udah gak mood makan soto atau sop, Fajar bakal ngajak Rian makan di luar. Yang penting mah selalu bareng-bareng, lur. Gitu prinsipnya.

Kelima dan seterusnya, Fajar masih punya banyak lagi perubahan-perubahan dalam hidup dia pasca menikah. Yang pasti, Fajar berusaha menikmati semua itu.

Fajar menikmati tanggung jawabnya yang bertambah buat jadi motivasi untuk kerja lebih keras. Nikmatin panggilan Ayah yang terdengar merdu keluar dari bibir Rian dan sikap manja Rian di awal-awal kehamilannya. Nikmatin rasa sop dan soto Bandung yang rasanya sama aja. Nikmatin kehadiran Rian di saat menjelang dan bangun tidur, meluk tubuhnya, cium pipinya, membiasakan diri sama morning breath waktu berbagi ciuman pagi hari, muka berminyak dan rambut acak-acakan khas bangun tidur. Juga menikmati pertumbuhan calon bayi mereka yang makin hari makin membuat berdebar, debaran penuh oleh cinta dan kasih sayang yang disiapkan kedua orangtuanya.

Fajar bahagia dan hanya mampu menikmati semua perubahan di hidupnya saat ini.












Setindaknya, sebelum ngidamnya Rian belum aneh-aneh dan naik turun mood-nya belum terlalu parah. Ya 'kan?











[2] Tentang Menikah dan Perubahan.





.


A/N :

Hi! Chapter baru, masih penuh narasi, soalnya kita pikir perlu tahu masing-masing character development dari tiap tokoh. Tho, ini lebih ke Fajar curhat. Hahaha

Kaya yang Fajar bilang, dia lagi menikmati, sebelum yang lebih parah datang. Ditunggu ea hahahahahahah

Makasih yang udah baca! Muach!

.

Keluarga CipayungTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang