Pelatihan ACLS PERKI HOUSE

32 0 0
                                    

HAIII.....

Apa kalian tahu acls?acls adalah penanganan klinis untuk kegawatdaruratan contohnya jantung.

dr. Dinda kartika putri yang biasa di panggil dinda. Dinda ini salah satu mahasiswi fakultas kedokteran di universitas sriwijaya,Palembang. Dinda ini dokter, suatu hari ia bertemu dengan teman nya yang sudah mengikuti pelatihan acls,dinda memang sudah ingin mengikuti pelatihan tersebut tahun lalu,karena ada halangan dinda akhirnya tidak mengikuti pelatihan acls tahun lalu. Dan temannya dinda menyarankan lagi untuk dinda ikut pelatihan acls, dinda masih mertimbangkan karena ia harus memikirkan terlebih dahulu.

Saat kemarin bertemu temannya dan akhirnya sekarang pun bertemu lagi,dan dinda bilang dengan temannya kalau dia ingin ikut pelatihan acls. Jadwal yang di ikuti dinda di Periode 38 02 - 04 November 2018.

Dinda pun sering googling tentang materi acls,yaitu:

Filosofi BLS (Basic Life Support) , ACLS + Film; BHD Dewasa , AED , RJP Anak dan Bayi , Choking Dewasa, Anak dan Bayi; Praktek dan Ujian BHD Dewasa, AED, RJP Anak dan Bayi, Choking Dewasa, Anak dan Bayi; Post Test BCLS; Pre Test ACLS; Defribilasi; Perawatan Pasca Henti Jantung; Tata Laksana Jalan Nafas; Skill Station : Teori / Praktek EKG, Teori / Praktek Defribilasi, Teori / Praktek Airway Management; Hipotensi , Shock dan Edema Paru Akut; Sindrom Koroner Akut; Farmakologi dan Therapi; Skill Station :Teori / Praktek VT / VF – PEA – Asistole, Teori / PraktekTakikardi, Teori / Praktek Bradikardi; Skill Station : Kasus Komprehensif (MEGACODE); Ujian Postest; Ujian Praktek RJP berkelompok sebanyak 6 kelompok.

Fasilitas, yaitu :

● Pelatihan ACLS PERKI selama 3 hari (Hari Jumat sampai Minggu)

● Buku Panduan ACLS PERKI (2 Buah) versi bahasa Indonesia (Edisi 2018)

● Sertifikat ACLS PERKI (Akreditasi 14 SKP)

● Masa Berlaku Sertifikat 3 tahun

● Konsumsi (1x Lunch + 2x Coffee Break)/hari.

Persyaratan :

Yang harus dibawa saat hari H , yaitu :

1. Fotokopi ijazah 1 lembar

2. Foto berwarna ukuran 4x6 sebanyak 4 lembar

3. Bukti transfer biaya pelatihan

4. Soal Pre Test yang sudah dikerjakan (Soal Pre Test ada di dalam paket buku ACLS)

· pelatihan acls untuk perawat 2018 dibuka oleh PERKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia ) dikhususkan untuk para tenaga medis seperti dokter/ perawat yang ingin mendapatkan pengalaman dan sertifikat dari pelatihan ACLS (Advanced Cardiac Life Support). Tetapi untuk mengikuti pelatihan ini diperlukan beberapa persyaratan , yaitu contohnya : anda harus sudah mengikuti pelatihan BLS (Basic Life Support) , selama masa pelatihan untuk perempuan tidak boleh sedang hamil .

· pelatihan acls untuk paramedis 2018 untuk masa di 2018 ini, kami sudah menyediakan jadwal pelatihan untuk anda yang ingin mengikuti pelatihan, mulai dari ( Agustus – Desember ) , baca juga JADWAL yang telah kami sediakan . apabila anda ingin mendaftarkan diri anda segera, lakukan dengan mengecek Periode ke berapa & bulan apa ? , karna itulah hal yang harus anda tanyakan ketika anda ingin mengikuti pelatihan . Misalnya = " Septian Aditya , mengikuti pelatihan ACLS di bulan September Periode ke 32, berada di tanggal 8-10 SEP"

Dinda dari Palembang ke Jakarta mengendarai pesawat,sebelum itu juga keluarga dinda ikut mengantar ke bandara. Berhubung dinda punya teman di Jakarta, dinda menginap di rumah temananya dan orang tuanya pun tidak cemas.

Dinda akhirnya mendaftarkan diri dengan biaya yang cukup mahal yaitu Rp 2.750.000/peserta.bukan itu saja pelatiahan ini juga mendapatkan sertifikat. Pelatihan acls-perki bersertifikat ini di lakukan bersan cabnag-cabang,perki di berbagai tempat di seluruh Indonesia,antara lain di medan,batam,Palembang,padang,Jakarta dan sekitarnya. Perki telah melatih ribuan dokter disseluruh Indonesia, perki juga bekerja sama dengan departemen kesehatan RI dalam pelatihan program penangulangan gawat darurat. Pelatihan acls-perki berlangsung secara intensif selama 3 hari dengan melalui,diskusi interaktif,kuliah terarah,kerja tim,pelatihan keterampilan dalam skill station dan megacode dengan mengunakan alat-alat simulator yang paling modern.untuk memudahkan mereka yang ingin mengetahui lebih banyak tentang program pelatihan ACLS serta mendaftarkan, portal ACLS-PERKI ini di bangun dan akan di sempurnakan.

Di hari pertama dinda bergegas untik ke empat pelatihan acls di perki house jl. Danau tona no 139 A-c,bendungan hilir,Jakarta pusat.

Hari pertama dimulai jam 07.00 pagi, dengan pretest. Soal pretestnya biasanya *membingungkan* apalagi buat yang belum paham benar sama bahannya. Nggak masalah... asal kalian setidaknya sempat membaca, pasti persentase soal yang bisa lebih dari 50%. Untuk hari pertama yang dipelajari lebih umum, yaitu bantuan hidup untuk seseorang yang tidak sadar. Disebut juga Basic Life Support. Mulai dari algoritma penanganan, teknik-tekniknya, sampai yang terakhir (pas giliran gw dulu) airway management. Hari pertama ini cape, pulangnya bisa sampe jam 18.00-19.00...

Pelatihan hari 2

Materi yang sudah diberikan di hari 1, dilanjutkan sedikit di hari 2. Namun yang terpenting, di hari 2 ini ada pelatihan tim... Inilah inti dari pelatihan ACLS di mana kerja sama tim itu merupakan bekal yang paling dibutuhkan untuk praktik di lapangan. Satu tim terdiri atas 5-6 orang, dengan posisi2: ketua/kapten tim, personil yang membantu pernapasan, personil yang membantu kompresi dada, memasukkan obat2an, dll. Bagian dari pelatihan ini disebut megacode. Kita dituntut cepat dalam mengambil keputusan, akan dilakukan tindakan apa terhadap si korban. Tentunya pemikiran itu berdasarkan teori2 yang sudah diberikan tadi/hari sebelumnya. Intinya: Megacode menegangkan, tapi seru... Malam Minggu, jangan lupa belajar megacode, supaya ujian hari Minggu besoknya lancar. Jangan begadang. Jaga kondisi badan.

Pelatihan hari 3

Hari ujian... Tidak ada pelatihan lagi hari ini. Sarapan dulu sebelum berangkat, karena coffee break-nya baru jam 10. Tergantung kebijakan dokter pembimbingnya, ujian bisa dimulai dari Megacode ataupun dari teori dulu. Nanti baru bertukar giliran. Kebijakan ujian tergantung dokter pembimbing juga. Umumnya buat yang gagal ada kesempatan untuk perbaikan skor. Siang hari (biasanya habis lunch atau coffee break 2) ditutup dengan acara penutupan dan penyerahan sertifikat.

You've reached the end of published parts.

⏰ Last updated: Sep 25, 2018 ⏰

Add this story to your Library to get notified about new parts!

Pelatihan ACLS PERKI HOUSEWhere stories live. Discover now