Eps.4 Night Chatting

5.7K 238 32
                                    

#MEDINA

Jam di dinding kamar sudah menunjuk angka 11 malam. Beberapa rekan satu apartemen di pinggiran Montreal sudah lelap dalam mimpinya.

Tapi tidak gadis itu. Mata Medina masih terpaku menelusuri lembar demi lembar Soul Adventure. Semakin lama semakin penasaran mengikutinya.

Sebenarnya ia sudah bisa membaca garis besar novel motivasi Nolan Ramirez ini. Sebuah pencarian jati diri, tapi dikemas dalam bahasa tutur yang asyik dan mengalir sehingga tak nampak sebagai karya berat. Banyak personifikasi dan bahasa metafora yang mungkin hanya bisa diserap oleh mereka yang memiliki rasa humor berkelas. Ia pun kerap mengulangnya.
Jangan-jangan aku yang kurang asyik ya, benak Medina.

Bab-bab awal Nolan berkisah bagaimana petualangan hidupnya yang tak tentu arah dan semau gue karena dia dibesarkan dalam keluarga yang bercitarasa atheis.

Tapi ada satu pantangan yang benar-benar ia patuhi meski hidup dalam kebebasan tak berbatas karena takut mendapat kualat sang nenek dan ibunya; seks bebas. Sampai usia 20an ia bahkan diceritakan tak punya pacar.

Serious??. Untuk sosok yang mirip Justin Trudeau di belantara negara barat?

Ayahnya adalah ilmuwan tangguh yang sangat mengagungkan logika dan kebebasan berpikir. Ibunya seorang pekerja seni yang lukisannya banyak dipuja para aliran surealisme.

Adventurenya bermula di halaman 125, ketika umur 24 tahun ia berkelana untuk merayakan kelulusan magisternya di bidang hukum. Jadi setelah lulus bachelor alias sarjana, Nolan mengambil kuliah magister di 2 tempat. Satu fakultas hukum dan satunya lagi antropologi di 2 universitas yang berbeda.

Tahun 2003 itu ia mendapat biaya fieldtrip free ke Aceh bersama seorang kawannya.
Di Aceh itulah ia bertemu dan berkenalan dengan seorang gadis anak dari pemangku adat namanya Cut Medina.

Deg!. Medina terperanjat dan tarik nafas. Jadi...apakah karena namanya sama dengan Cut Medina, lelaki itu menyimpulkan aku dari Aceh? Atau karena namanya sama pula profesor muda itu ingin berkenalan dengannya?.

Ah,.. kenapa tiba-tiba ia jadi tak suka. Semacam pelarian saja. Pelarian apa? Entahlah. Lelaki itu masih menyimpan misteri bagi Medina.

Yang jelas Cut Medina, gadis yang digambarkan oleh Nolan sebagai perempuan Asia yang berwajah klasik namun berkarakter itu membuat jiwa sang penulis sedikit goyah dengan pandangan hidupnya selama ini.

Akan tetapi itu tak serta merta membuatnya tertarik dengan Islam. Agama yang dipeluk begitu hangat oleh gadis bernama Cut Medina itu , karena baginya agama adalah hambatan, mengekang kreativitas berpikirnya.

Medina mencoba membayangkan secantik apa sosok bernama Cut Medina yang sepertinya memiliki tempat khusus di jiwa Nolan yang tengah berpetualang.

Namun...dada Medina tersentak ketika di beberapa lembar berikutnya ternyata ada kejadian yang memilukan. Dan itu juga mempengaruhi perjalanan hidup Nolan?

"Jadi, Cut Medina meninggal sebagai salah satu korban musibah tsunami 26 Desember 2004?. Inna lillahi" Medina kaget sendiri dan menutup mulutnya.

Sekarang menjelang akhir tahun 2015. Sebelas tahun yang lalu, berarti. Medina mencoba mengingat kembali peristiwa itu yang jelas ia mengetahuinya dari berita. Siapa yang tak tahu kisah tsunami Aceh yang merenggut ratusan ribu korban jiwa?. Bahkan Mama pernah bilang ada saudaranya yang menjadi korban.

Nolan lalu pulang ke Kanada dan melanjutkan kembali studi S3 nya dari tahun 2005-2008. Peristiwa Aceh itu mulai mengubah pandangannya tentang hidup. Bahwa kekuatan manusia tiada arti apa-apa saat ditaklukan oleh kekuatan alam.

MEDINA (SUDAH TERBIT)Opowieści tętniące życiem. Odkryj je teraz