2. Jamur

6 0 0
                                    


Jadi groomer itu gampang-gampang susah

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Jadi groomer itu gampang-gampang susah. Kalau dilihat sepertinya memang mudah tinggal gendong kucing bawa ke kamar mandi/wastafel/bak mandi terus dicuci, disabun, disikat, bilas, dikeringin. Pliss deh kucing bukan cucian ya teman-teman.

Bukan sebentar belajar memandikan kucing. Meski awalnya takut nanti kucing kenapa-napa tapi inilah pekerjaan dan harus dilakukan. Saya suka penasaran dengan hal-hal baru dan ingin cepat bisa memandikan kucing. Dulu sampai hampir sebulan belum berani pegang untuk mandikan kucing. Hanya melihat setiap hari dan bertanya step by step. Tapi saya lebih sering melihat apa yang dilakukan para suhu senior hehehe...

Kucing yang paling banyak dipelihara adalah kucing ras seperti Persian, Maine Coon, Bengal, Munchskin, Spink, dan tentu saja domestic/lokal yang biasa kita lihat berkeliaran di pekarangan, depan rumah, jalanan, selokan. Setidaknya itu yang paling sering datang dibawa untuk grooming. Sebenarnya sangat banyak jenis kucing ras tapi di Indonesia belum semua ras bisa masuk karena mungkin biaya dan persyaratan yang ketat.

Jangan pikir kalau yang dibawa itu kucing yang selalu sehat, lincah, putih bersih tanpa debu. Mungkin saja tampaknya kinclong di luar tapi waktu diguyur luntur deh lumpur dan debu yang sembunyi di bawah rambut kucing. Pernah juga nanganin kucing dengan kutu yang luar binasa banyaknya sampai seluruh badannya itu tertutup bintik hitam dan itu bukanlah wijen.

Masalah harian yang sering dijumpai pada kucing berbulu panjang [Long hair] itu jamur yang bahasa kucingnya disebut ringworm. Kalau saja ini jamur bisa dimasak mungkin pemilik kucing berjamur bisa buka restoran jamur krispi atau semur jamur saking banyaknya. Tapi ini jamur yang warnanya pink bulat di kulit kucing seperti sebuah kawah meteor di gurun pasir. Kalau sudah kena air lebih mudah nyabutnya. Jamur ini kalau sudah menular ke kulit manusia gatalnya ampun-ampun deh. Tidak perlu panik saudara-saudara karena jamur ini bisa disembuhkan. Kalau untuk kucing cukup mandi rutin perawatan jamur dan dikasih obat oles yang biasanya direkomendasikan atau bisa didapat di petshop atau klinik hewan. Kalau manusianya yang tertular cukup kasih betadine atau obat salep terpercaya.

Groomer nggak akan luput dari yang satu ini. Saya beberapa kali kena ringworm tapi itu sudah biasa karena resiko pekerjaan. Terkadang ada saja orang yang nggak mengerti pekerjaan kami yang penuh resiko entah itu tertular jamur, dicakar, digigit, dicium kucing. Para pemilik banyak juga yang nggak percaya kalau dibilang kucingnya galak, tukang cakar, sampai menggigit. Baiklah, kucing memang binatang yang sensitif. Terkadang dia sangat jinak di rumah sendiri tapi ganas begitu keluar pintu. Saya memakluminya karena kucing saya sendiri seperti itu hohoho...

Kalau kucing satu ekor tidak masalah terkena jamur karena pengobatannya lebih mudah. Tapi untuk yang memiliki lebih dari satu itu yang repot. Satu ekor berjamur semuanya bisa kena jamur juga.

---000---

-familZ=!

GROOMERS DIARYWhere stories live. Discover now