Suriah dan Kiamat--

2.9K 96 3
                                    

Bismillahirrohmanirrohim

Tentang negeri Syam Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam mengatakan: 

"Pergilah ke Syam karena ia adalah bumi pilhan Allah, Dia memilih hamba-hamba terbaik-Nya untuk kesana. Jika kalian tidak mau maka pergilah ke Yaman kalian dan minumlah dari telaga-telaga kalian. Karena sesungguhnya Allah telah menjamin untukku Syam dan penduduknya." (HR. Abu Dawud, Ibnu Hibban, dan Al-Hakim; dishahihkan Syaikh Al-Albani).

"Apabila penduduk Syam telah rusak maka tidak ada kebaikan pada kalian. Akan senantiasa ada sekelompok umatku yang selalu beruntung tanpa terganggu dari orang-orang yang menipu mereka hingga hari kiamat." (HR. Tirmizi no. 2351)

"Sesungguhnya kekuatan muslimin pada waktu itu di Ghuthah, di samping kota yang bernama Damaskus yang paling terbaik di negeri Syam." (HR. Abu Daud no. 4300)

Bahkan secara khusus Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam mendoa'kan negeri Syam dengan do'a yang luar biasa. Beliau Shallallahu 'alaihi wasallam mengatakan: "Ya Allah, berkahilah untuk kami pada negeri Syam kami dan pada negeri Yaman kami." (HR. Al-Bukhari).

Imam Izz bin Abdussalam berkata, "Sesungguhnya kekuatan di kerajaan Islam, sebagian besar pasukannya yang berani di negeri Syam." (Targhib Ahlil- Islam Fi Sukna Biladisy-Syam hal. 5)

Suriah adalah bagian dari negeri Syam. Inilah negeri yang dibuka pertama kali oleh khalifah 'Umar bin Khaththab Radhiyallahu 'anhu. Tidak sedikit sahabat Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam dan orang-orang shalih yang berhijrah kesana karena keutamaan-keutamaan negeri Syam. Dari negeri yang penuh berkah ini lahir ulama-ulama Islam besar, seperti: Imam Nawawi rahimahullah, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah, Ibnu Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah, Ibnu Katsir rahimahullah, dan yang lainnya.

Dalam salah satu muhadharah Syaikh Nabil al-Awadhi al-Kuwaity ditanya, "Ada apa dengan Suriah?"

Maka dijawab, Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Barang siapa yang tidak peduli dengan urusan kaum muslimin maka bukanlah golongan kaum muslimin." (HR. Muslim).

"Seorang mukmin dengan mukmin lainnya adalah bagaikan bangunan yang saling menguatkan antara satu dengan lainnya." (HR. Al-Bukhari).

Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam juga bersabda: "Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal kasih sayang bagaikan satu tubuh, apabila satu anggota badan merintih kesakitan maka sekujur badan akan merasakan panas dan demam." (HR. Muslim No. 2586).

Karena kita semua muslim Alhamdulillah, karena kita beriman kepada Allah Ta'ala. Karena Qur'an kita satu, Tuhan kita satu, syariat kita satu, tidak ada sekat dan pembatas yang menghalangi kita. Bukan karena nasionalisme dan kolonialisme yang telah memisahkan kita. Semua itu akan menjadi sampah sejarah dan umat ini akan kembali menjadi umat yang satu sebagaimana yang telah dijanjikan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam.

Lalu kenapa mesti Suriah? Karena Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam telah menguraikan keutamaannya, tidakkah kalian dengar hadits tentang akhir zaman?

Berkata Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, "Akan ada nanti tentara yang berjuang di Syam, tentara yang berjuang di Iraq, dan tentara yang berjuang di Yaman." Rasulullah ditanya, "Kemanakah saya harus bergabung? ".. Pergilah ke Syam." (HR. Abu Dawud).

Dalam riwayat lain: ".. Sesungguhnya malaikat membentangkan sayapnya di negeri tersebut." (Shahih Tirmidzi).

Segala keberkahan ada di negeri tersebut, inilah Syam.

Dari 'Abdullah bin 'Amr, ia berkata, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

"Sesungguhnya saya melihat seakan-akan tonggak al-Kitab telah tercabut dari bawah bantalku. Maka, aku mengikutinya dengan pandanganku. Tiba-tiba terdapat cahaya terang-benderang yang mengarah menuju Syam. Ketahuilah, sesungguhnya iman, apabila telah terjadi beragam fitnah, berada di Syam." [HR. Ahmad No. 21781, Shahihut-Targhib wat-Tarhib, no. 3092].

You've reached the end of published parts.

⏰ Last updated: Jun 26, 2016 ⏰

Add this story to your Library to get notified about new parts!

KISAH PENGHAFAL AL-QUR'AN, YANG MENAKJUBKANWhere stories live. Discover now