STALKER

By artcebis

61.8K 2.9K 110

Cerita iseng yang dibuat tanpa konsep. Cerita general yang mungkin lazim dialami oleh banyak orang. But overa... More

About My Life
Today Is...
Kepompong
Someone Is Back
Move On
What A Day
Meet Reval
Fighting
Loosen Up
Cracked
Kiss Test
A Day With
Confilct
Compliment
Party
Breathe
Mr. Unpredictable
Friend?
Changed
Reality
Deserve
It's Mikah
Camping
Heart to Heart
Starting Again
How It's End Up (Re-post)

Out of Control

1.3K 103 2
By artcebis

*noproofread

Out of  Control

Hidup monoton bukan hal yang baru buat gue. Demi! Dari jaman mens pertama sampai sebelum magang gue punya hidup paling monoton dibanding siapapun. Dan sekarang gue berasa kembali ke titik awal.

Dari rumah ke Lotus sampai sore lalu pulang ke rumah atau kadang-kadang sesekali ke kampus karena ada urusan sama dosen pembimbing. Dan begitu seterusnya dua minggu belakangan. Hubungan gue sama Mikah masih sama nggak ada kemajuan atau apapun. Gue bahkan ragu kita berdua masih sahabatan atau enggak.

Dan Reval. Gue sering lihat dia ke Lotus cuma duduk dari siang sampai sore di salah satu meja pojok café. Gue bukan orang yang pinter buat batasan ternyata. Hah! Karena pada akhirnya gue lebih milih buat menjauh dalam arti yang sebenarnya. Gue sendiri sadar kalau Reval nggak bersalah di sini, seharusnya nggak ada yang bersalah. Tapi gue lebih memilih sikap mencegah daripada mengobati.

“Mbak Di, itu laporannya ada yang salah. Kolomnya ada yang nggak sesuai sama jurnal.” Mbak Diva langsung ambil dokumen yang gue sodorin. “Udah gue cek sampai tiga kali takutnya yang dimasukkan dari jurnal lain tapi ternyata emang salah.”

“Ya udah, lo panggilin Stefany ke dalam. Lo keluar dulu deh, sumpek gue lihat muka lo.”

Gue senyum lebar. “Makasih Bu Diva.”

Mbak Diva mengibas-kibaskan tangannya buat ngusir gue. Mending gue makan siang sekarang. Lihat menu makan siang dulu kalau nggak sesuai selera mending langsung nyeberang jalan buat beli mie ayam.

“Mbak Stefany dipanggil sama Bu Diva.”

Masih jam satu kurang sepuluh menit. Pantesan mbak-mbak staff lagi sibuk ngobrol cantik di pojokan sambil bawa cangkir masing-masing.

“Kenapa Dy?” tanya mbak Stefany.

“Mbak masuk aja deh, lagian ini saya juga mau makan siang dulu. Menunya apa ya?”

“Sup ayam sama tumis jamur.” Jawab mbak Wina, cewek yang sebenarnya cantik kalau saja rambutnya nggak pendek banget ngalahin Pak Satpam depan.

“Saya makan di luar aja deh mbak.”

Kayaknya nanti gue harus pesen dua porsi langsung deh. Cuma ngebayangin gimana bentuknya mie ayam aja gue dah kelaperan.

“Ody…”

“Kenapa mbak Wina?”

Mbak Wina kelihatan rada sungkan ngomong sama gue, kentara banget. “Lo mau makan siang keluar sama mas Reval?” gue cuma diam nunggu kira-kira nih pertanyaan bakal nyasar kemana. “Mas Reval belakangan jad sering banget duduk mojok di Lotus dari jam makan siang sampai jam pulang kerja staff. Lo ada hubungan yang kayak begitu sama mas Reval?”

Chasingnya mbak Wina emang cowok banget tapi tetep aja dia nggak bisa ngilahin sifat kepo kebangetan yang dimiliki sama kebanyakan cewek, termasuk gue sometimes.

“Saya kenal sama mbak Diva sama mas Reval juga sebelum magang di sini sih mbak Wina. Jadi ya hubungan saya sama mas Reval kayak hubungan saya sama mbak Diva.”

“Kamu tahu kalau mas Reval udah nyebar undangan?”

Dada gue reflex sakit. Stop it, stupid lung. Keep breathing. Gue harusnya udah bisa ngatasi hal ini tapi kok masih kerasa nyesek banget ya? Lebih nyesek daripada saat pertama kali Kyuhyun punya adegan kisseu sama lawan mainnya di drama musical.

“Oh, mungkin belum nyampe ke saya.” Gue cuma senyum simpul ke mbak Wina, aslinya sih males. “Saya mau keluar sekarang deh, udah laper soalnya. Misi mbak.”

Dan akhirnya gue beneran keluar dari ruangan yang belakangan berasa sesak banget. Dari pintu samping khusus staff langsung ke mushalla buat shalat baru lanjut ngisi perut. Gue ngak mau kali kalau tiba-tiba nyeberang jalan terus ketabrak dalam keadaan hutang ibadah. Naudzubillah omongan gue.

“Ody tumben shalat sendirian, biasanya kalau ada mas Reval shalatnya barengan.” Bahkan di mushalla masih ada yang negur gue tanpa ketinggalan nyebut nama Reval.

“Iya mbak.” Nggak niat buat jelasin ataupun ngasih tambahan bahan gossip, siapa tahu ada yang ngegosipin gue di belakang, gue langsung cabut setelah senyum-senyum ala receptionist yang super ramah. Gue butuh makan!

Warung makan satu ruangan dengan meja panjang dan deretan kursi plastik di sisi kanan dan kiri. Kecil tapi bersih dan lumayan adem dari kipas angin yang muter-muter di atap. Apalagi ditambah aroma mie ayam yang makin bikin laper.

Habis pesan dua porsi mie ayam dan segelas es teh, gue milih duduk di meja satu arah karena lawannya tembok putih yang catnya udah mengelupas di sana sini. Lagian meja yang lain dah penuh padahal jam makan siang sudah habis.

“Ody.”

Ya Allah, berapa orang lagi sih yang harus manggil gue seharian ini? Tadinya gue mau pura-pura nggak denger dan masih duduk diem sambil lihatin gelas es teh yang dateng lebih dulu daripada mie ayam gue.

“Tok… Tok… Tok… Odynya di rumah?”

Takut dikira budeg apalagi nih orang satu yang suaranya mirip sama Bintang dan asik ketuk-ketuk meja depan muka gue. Nggak sopan!

“Eh…” Beneran Bintang. “Kak Bintang di sini?”

“Gue dari tadi kali di sini. Gue aja lihat pas tadi lu pesen sampai duduk mojok di mari.” Eh? Masa sih, kok gue ngggak nyadar ada nih orang ya? “Lo lagi butuh me time ya?”

“Ha?” otak gue masih belum kerja maksimal sampai lihatin muka nggak enak Bintang. “Oh, nggak kok. Nggak mungkin juga me time di warung mie ayam.”

Bintang kayak yang nahan senyum tapi masih sukses bikin gue kesengsem. Aih, apaan sih. Beneran susah banget yah ngilahin nih cowok dari hati gue.

Awkward. Gue cuma ngaduk-aduk gelas es teh dan Bintang malah gigit-gigit sedotan. Baru nemu kebiasaan Bintang yang satu ini.

“Masnya tadi yang duduk di sana pesan mie ayam kan?” Mas-mas yang nganter makanan langsung naruh tiga mangkuk mie ayam di atas meja setelah lihat Bintang ngangguk. Duh, gue jadi inget kalau pesan dua porsi mie ayam. Mau ditaruh mana muka gue yang unyu ini?

“Eh, kok mangkuknya tiga mas?” Tuh kan, Bintang nanyain ke mas-masnya.

“Itu mbaknya tadi pesen dua mangkuk. Iya toh mbak?” gue yakin banget kalau nih mas-mas nggak ada niat ngeledek sama sekali tapi jujur gue pengen banget buat… ah sudahlah. Toh gue cuma ngangguk sambil senyum kepaksa.

Bintang masih lihatin mas-mas yang pergi bawa nampan dan rasa malu gue. Duh, mamaaaaaa.

“Lo seriusan bisa ngabisin dua mangkok, Dy?”

Jujur ada deh, udah kecebur gini. “Nggak sih, tapi kalo semangkuk doang kurang.” Gue jujur, seriusan!

Bintang nggak ngomong apa-apa. Pasrah deh kalau nih cowok illfeel sama gue. Dan selanjutnya yang terjadi cukup buat gue speechless. Gimana enggak kalau dengan seenaknya Bintang narik satu mangkuk mie ayam gue dan masukin setengahnya ke mangkuknya dia dan dengan seenaknya lagi nariuh yang setengahnya ke mangkuk gue. Sejak kapan hubungan gue sama Bintang bisa sekurang ajar gini? Sejak waktu naik motor mau pulang dulu? Bahkan itu beberapa minggu yang lalu.

“Kalau nyisa setengah kan mubadzir, jadi buat gue aja. Udah ayo dimakan, keburu dingin nggak enak. Mau sambel?”

Gue reflex ketawa sendiri. Ini orang kesambet atau gimana? Sok akrab banget sama gue. “Boleh.”

Kayaknya tanggal hari ini perlu gue lingkari di kalender. Makan bareng sama Bintang biarpun nggak sengaja dan bisa ngobrol sedikit nyaman biarpun temanya absurd. Dan gue berbagi satu mie ayam sama dia! Meskipun nih warung nyetelnya musik dangdut pantura. Gue bakal jadiin nih warung tempat favorit gue!

“Jadi lo magang di sini?”

“Iya.”

Bintang masih lihatin sekeliling Lotus lalu balik lihatin gue sambil ngangguk-ngangguk.

“Gue beberapa kali ke sini kok nggak ketemu sama lo.”

Iya ya? Belakangan gue emang jarang ikut turun ke café soalnya akhir bulan pekerjaan makin banyak di belakang panggung. “Gue kan di bagian staff kali kak. Mau mampir ngafe? Tapi gue harus balik kerja atau bos gue bisa keluar taring.”

Bintang cuma ketawa. “Gue balik deh, itu motor gue masih di seberang jalan. Ya udah deh, gue duluan ya.”

“Hati-hati.” Bintang langsung nyeberang jalan buat ambil motornya yang masih keparkir di depan warung mie ayam. Duh berasa special kan gue kalau Bintang repot-repot bantuin gue nyeberang jalan. Salahkan ketiadaan jembatan penyebarangan.

Sudah mau jam dua dan gue harus balik sekarang. Tapi gue pengen tidur. Perut kenyang begini langsung berimbas ke mata. Semoga aja ntar bisa nyuri tidur-tidur ayam di sofa ruangannya mbak Diva.

Jalan ke samping kafe buat masuk lewat pintu khusus staff doang malesnya minta ampun. Berasa jalannya diseret-seret. Satu orang di depan pintu dengan tulisan Staff Only cukup buat ngantuk gue perlahan hilang diganti perasaan campur aduk, gue pengen putar balik tapi gue juga mau nunjukin kalau gue bisa langsung lewatin nih orang dan masuk ke dalam bangunan.

“Siapa cowok tadi?” Sama sekali bukan kalimat yang gue kira bakal keluar pertama kali dari mulutnya.

“Temen.” Cuma buat ngomong normal kenapa susah banget sih, Reval? “Saya masuk dulu yah, mas.”

Belum sampai buka pintu tangan besar Reval, gue rasa di pangkal siku kencang. Reval yang gue tahu nggak akan sekasar ini tapi lihat gimana sorrow raut mukanya, gue nggak heran kalau Reval bisa sampai nyeret gue buat berdiri tepat di depannya.

“Sudah cukup aku sabar kamu diemin kayak gini. Dan seenaknya kamu masih bisa ketawa sama temen cowok kamu itu? Dan aku kayak orang bodoh nanya sama diri aku sendiri kenapa tiba-tiba sikap kamu berubah.”

Cekalan tangan Reval beralih ke lengan gue dan makin kencang. Nih orang niat pengen remukin lengan gue apa?

“Reval lepasin, sakit.” Bahkan protesan gue nggak dia dengerin dan telapak tangannya makin kenceng di lengan gue sampai kebas. “Kamu nggak punya alsan buat semarah ini sama aku.”

“Apa sikapku selama ini kurang jelas ke kamu? Kamu mau aku ngomong secara langsung kalau aku…”

“Re, sadar. Kamu nggak berhak buat ngomong hal itu sama aku.” Mata gue udah panas antara nahan sakit di hati gue sama lengan gue yang makin sakin gara-gara Reval sama sekali nggak ngelepasin pegangan tangannya.

“Aku punya salah sama kamu? Atau ada kata-kata aku yang menyinggung kamu? Kamu cukup bilang dan nggak perlu tiba-tiba menjauh.”

Suara Reval merendah meskipun cekalan tangannya sama sekali nggak mengendur apalagi terlepas. Gue dilemma antara pengen nangis atau nendang kakinya dia.

“Nggak ada apa-apa. Aku Cuma terlalu sibuk sama urusan pribadiku dan…”

“Dan sibuk sama cowok tadi?”

Apa Reval lagi cemburu sekarang? Dia bahkan masih bisa cemburu sama gue padahal udah nyebar undangan? Gila!

“Gue mau sibuk sama cowok atau enggak itu juga bukan urusan lo!”

Gue sadar gimana raut kagetnya Reval pas gue ngomong tadi, gue nggak terlalu insane buat teriak.

“Maksud kamu?”

Tarik napas perlahan, Ody. Gue harus berani konfrontasi begini sama Reval. Meskipun jantung gue berasa terlalu cepat memompa darah, tapi mau nggak mau gue tetap lihat pas di mata Reval. Tahan, Ody!

“Aku punya kehidupan pribadi dimana cuma aku yang berhak sepenuhnya, bukan orang lain, bukan kamu. Dan soal aku deket sama cowok manapun juga hak pribadi aku, kamu nggak berhak buat ikut campur. Dan hal itu juga berlaku buat aku yang nggak berhak mencampuri urusan pribadi kamu. We’re just friend. Bahkan sahabat aku nggak berhak buat meng-intervensi keputusan yang aku buat.”

Tarik napas lebih dalam. Ya Allah… ini kenapa orang yang lagi emosi mendingan diem daripada ngomong hal yang bisa bikin dosa banget.

“Apa kamu pernah sekali saja berpikir tentang bagaimana perasaan aku ke kamu?”

Lihat bagaimana Reval ngomong dengan nada lirih begini buat gue pengen nangis. Kalau bisa gue pastilangsung teriak di depan mukanya dia. ‘APA GUNANYA GUE NGERTI PERASAAN LO KALAU TOH LO BAKALAN NIKAH SAMA ORANG LAIN, BRENGSEK!’ Tapi tentu saja gue nggak bakal ngomong begitu sama Reval, harga diri gue perlu diselametin selain perasaan gue tentunya.

“Kenapa? Kenapa aku harus berpikir soal itu? Nggak ada alasan kenapa aku harus berpikir tentang hal itu.”

Sangat kentara bagaimana Reval emosi. Bahkan saat dia menutup matanya dan menarik napas dalam-dalam. Mata hitamnya juga berbeda dari biasanya.

“Sekalipun kamu tidak pernah memiliki perasaan buat aku?”

Jangan nangis… jangan nangis, Ody. Lo cewek yang kuat!

“Apa gunanya kamu nanya hal ini ke aku sih, Re? Toh bentar lagi kamu sudah mau nikah kan? Lebih baik sekarang kamu biarin aku masuk ke dalam sekarang.”

Belum selangkah gue coba untuk masuk ke dalam café tapi genggaman tangan Reval di lengan gue makin kencang dan menyentak keras buat kembali ke hadapannya.

“Re, sakit.”

“Jadi karena itu kamu menjauh dari aku? Kamu tahu kalau aku akan menikah?” Reval yang saat ini ngomong di depan gue beneran bukan Reval yang gue kenal. “Aku bisa batalin acara pernikahan kalau itu bisa buat kamu berhenti menjauh dari aku. Ody…”

“Reval. Kamu pikir aku sepicik itu nyuruh orang yang bahkan sudah menyebar undangan untuk membatalkan acaranya sendiri?” gue bener-bener nggak habis pikir sama orang ini. Kemana Reval yang selama ini gue kenal?

“Aku bisa melakukan hal itu. Kamu cukup bilang kalau kamu punya perasaan yang sama denganku.”

Gue sadar kalau gue orang paling egois yang pernah ada. Tapi gue juga cewek yang nggak mungkin menyakiti perasaan perempuan lain.

“Aku nggak punya perasaan apapun sama kamu. Dan kalaupun ada, aku nggak sejahat itu buat hancurin hubungan orang lain cuma karena alasan cinta? Suka? Lagipula aku nggak ada urusan sama hubungan kamu dan calon istri kamu. Jadi please, biarin aja semuanya seperti ini.”

“Lalu bagaimana dengan perasaanku? Apa itu nggak penting buat kamu?”

Ya Allah… kenapa Reval nggak lepasin tangan gue aja terus semua selesai? Perlahan gue coba buat ngomong lagi meskipun lengan gue udah mati rasa karena genggaman tangan Reval nggak juga mengendur.

“Lalu bagaimana dengan perasaan calon istri kamu? Perasaan keluarga kamu? Orang tua kamu? Keluarga calon istri kamu? Bagaimana dengan perasaan mereka?” Reval memalingkan wajahnya. “Kalau kamu nggak yakin sama satu hal sejak awal harusnya kamu sudah bisa mengambil keputusan yang akibatnya sanggup kamu tanggung. Pernikahan kamu juga pilihan kamu sendiri dan soal apapun yang mau kamu lakukan selanjutnya, itu akan jadi tanggung jawab kamu.”

“Jadi kalau aku membatalkan pernikahanku dan selanjutnya memutuskan untuk mengejar kamu. Apapun resikonya akan menjadi tanggung jawabku kan?”

“Kamu kenapa jadi begini sih, Re? Aku masih muda, aku bahkan belum lulus kuliah. Punya hubungan serius sama lawan jenis jelas nggak ada di daftar hidupku sampai beberapa tahun ke depan. Jadi please, aku nggak mau jadi batu sandungan untuk appaun yang sudah kamu dan keluarga kamu rencanakan jauh sebelum aku masuk ke kehidupan kamu.”

Entah gara-gara kesal karena jawaban gue tadi atau rasa amarah Reval memang sudah sampai ke ubun-ubun. Matanya makin lihat gue dengan tajam bahkan warnanya sedikit memerah.

“Selama ini maksud kamu apa sih? Jadi kenapa kamu bersikap seakan sangat nyaman berada di sekitarku dan bertingkah seolah-olah…” Reval menjeda tapi pandangannya masih lurus di mata gue. “Kamu mau bilang itu sikap almaiah kamu sama teman cowok? Iya?”

Bohong kalau aku bilang iya tapi aku nggak mungkin juga untuk bilang bukan. Tapi… andai gue punya kekuatan jumper!

“Re, bisa nggak kalau nggak usah bahas hal ini lagi?” Ayo Ody… kata apa yang harusnya gue keluarin saat ini? Otak gue buntu dan langan gue sakit! “Lagipula… lagipula ini bukan hal penting yang harus dibahas… kamu lanjutin apapun rencana hidup kamu dan aku… biarin aku…”

“Apa aku nggak pernah sekalipun jadi hal penting buat kamu? Walau cuma dalam pikiran kamu saja?” Pertanyaan yang nggak pernah guesangka dari Reval. Gue bahkan nggak benar-benar tahu jawabannya. Gue bahkan nggak tahu bagaimana sebenarnya perasaan gue sama Reval. Meskipun kenyataannya gue selalu nggak bisanahan nyeri di dada gue tiap dengar segala tetek bengektentang diadan pernikahannya. “Ody?”

“Nggak.” Jawaban spontan gue yang langsung gue sesali. “Maksud gue… Re, please? Aku… bukannya aku… tapi… please Re, ini bukan kamu yang aku kenal… aku…”

Suara tawa sinis Reval hampir membuat air mata gue jatuh. “Aku yang kamu kenal? Bahkan sekarang aku nggak kenal siapa kamu. Apa ini kamu yang sebenarnya dan sosok yang beberapa minggu belakangan aku kenal cuma sosok pura-pura kamu?” lagi-lagi Reval tertawa getir. “Kalau begitu selamat karena kamu berhasil membodohi aku sampai jadi sebodoh ini.”

“Re! Aku nggak seperti itu. Aku…”

“Kamu bertingkah seolah-olah punya perasaan yang sama sama aku sampai aku suka sama kamu dan setelahnya kamu pergi begitu saja dan…”

Gue nggak mau denger lagi. “Aku nggak seperti itu! Jangan hanyakarena aku nggak bisa balas perasaan kamu kamu jadi bisa menilai aku seenak jidak kamu. Kamu memang nggak pernah tahu tentang aku karena kamu tahu apa yang baru aku sadari saat ini? Kamu selalu berpikir tentang kenapa kamu dan kenapa kamu dan semua tentang kamu, dunia nggak harus selalu tentang kamu dan…”

Kepala gue reflex menoleh ke kanan saat telapak besar Reval menampar keras pipi kiri gue. Sakit! Panas dan perih. Tapi hati gue jauh lebih sakit dari ini. Sial! Bahkan air mata yang sedari tadi gue tahan akhirnya luruh, bukan satu tapi banyak yang cukup buat pipi gue basah. Dan ini nggak bisa berhenti.

“Ody… aku nggak bermaksud. Ody, maafin aku…”

Entah tenaga gue yang bertambah atau pertahanan Reval melonggar karena akhirnya gue berhasil lepasin cekalan tangan Reval di lengan gue. Selangkah dua langkah dengan cepat gue mundur buat menjauh dari Reval. Bayangan tentang bagaimana dewasanya laki-laki ini tentang bagaimana baik dan sopannya Reval yang gue kenal langsung tergantikan dengan sosok Reval dengan wajah marah dengan mata memerah yang sanggup mengangkat tangannya buat nampar gue.

Belum kembali dari rasa syok, lagi-lagi kepala gue pusing lihat Reval jatuh tersungkur tidak jauh dari depan gue. Masih sedikit blur, mata gue berpaling ke si pelaku pemukulan. Bintang. Ya Allah, kenapa harus Bintang dari seluruh orang di dunia ini? Apa dia lihat semua kejadian tadi? Tapi bukannya dia sudah kembali ke seberang jalan buat ambil motornya? Kenapa…

“Kalau lo emang mau main tangan. Berantem sama gue, jangan sekali-kali lo mukul cewek, apalagi Ody.”

Dalam sehari gue harus lihat ekspresi marah dua orang cowok yang nggak pernah gue bayangin sebelumnya.

Tangan gue masih setia mendekap pipi sebelah kiri gue yang masih berkedut-kedut perih. Merasakan bagiamana lengan Bintang merangkul pundak gue hati-hati setelah gue sedikit berjengit kaget. Gimana nggak kalau beberapa menit yang lalu tangan cowok juga yang menimbulkan rasa sakit di lengan sama pipi gue.

“It’s okay now. Kita pergi dari sini sekarang.” Perkataan Bintang cuma gue jawab dengan anggukan. Beruntung gue masih bisa berjalan meskipun terlalu pelan.

“Ody, maafin aku…” Kenapa sih kepala gue reflex nolah ke arah Reval yang masih duduk menyedihkan di lantai semen? Kenapa juga gue lagi-lagi harus nangis nggak jelas gini? Dan kenapa gue harus ngerasa sakit lihat dia juga… nangis.

Dorongan pelan membuat gue kembali sadar dengan keberadaan Bintang. Wajahnya melembuat dibanding sesaat setelah dia meninju Reval. Senyum kecil di wajahnya membuat gue malu sama keadaan gue sekarang. Kenapa harus Bintang sih?

Continue Reading

You'll Also Like

1.9M 89.2K 52
Mari buat orang yang mengabaikan mu menyesali perbuatannya _𝐇𝐞𝐥𝐞𝐧𝐚 𝐀𝐝𝐞𝐥𝐚𝐢𝐝𝐞
955K 44.5K 66
Follow ig author: @wp.gulajawa TikTok author :Gula Jawa . Budidayakan vote dan komen Ziva Atau Aziva Shani Zulfan adalah gadis kecil berusia 16 tah...
9.7M 183K 41
[15+] Making Dirty Scandal Vanesa seorang aktris berbakat yang tengah mencapai puncak kejayaannya tiba-tiba diterpa berita tentang skandalnya yang f...
957K 46.7K 47
Rasa cinta terlalu berlebihan membuat Lia lupa bahwa cinta itu tidak pernah bisa dipaksakan. Rasanya ia terlalu banyak menghabiskan waktu dengan meng...