Study Tips

11 0 0
                                    

MATERI WAJIB LITERASI KITA

18 Agustus 2020

Ada satu hal yang selalu dilakukan oleh semua orang baik sejak bayi, anak kecil, remaja, dewasa hingga tua. Hal itu adalah "BELAJAR"

Belajar itu gak mengenal waktu, ga mengenal umur, baik di sekolah, di tempat kuliah, di tempat kerja, maupun sampai tua sekalipun semua orang harus terus belajar!

Karena belajar itu juga bisa mendewasakan kita, tapi ingat loh belajar juga nggak boleh sembarang belajar. Belajar juga harus dengan cara yang benar. 

📖 Ada 5 hal yang harus kamu lakukan supaya kamu bisa belajar dengan cara yang benar📖

🌎 Pertama, Mindset yang benar 🌍

Sama seperti ketika sebelum berolahraga kamu kan juga harus melakukan pemanasan dulu nih, sama juga dengan belajar, sebelum belajar pun harus ada yang dipersiapkan terlebih dahulu. 

Yang harus dipersiapkan adalah mindset atau cara berpikir kita.  Pikiran kamu harus dibenarkan dulu nih! Bagaikan gelas kosong yang siap menerima, bagaikan spons yang siap menyerap, pikiran kamu juga harus terbuka! 

Jangan belum apa-apa udah antipati duluan, jangan belum apa-apa kamu sudah memblok dan bilang, "ah udah tahu! Ah nggak perlu! Ah ini kan caranya beda!" Kalo komentar kamu seperti itu tuh kamu juga gak akan bisa untuk menerima semua pembelajaran yang akan masuk kedalamnya. Kalo pun mungkin memang ada yang berbeda, jangan di tolak dulu tetapi harus dicerna dan juga di olah. Ingat, dengan mindset yang benar, maka kamupun bisa belajar dengan cara yang benar.

🌚 Yang kedua, guru yang benar🌚

 Belajarlah dari orang yang pernah melakukan hal yang ingin kamu pelajari, belajarlah dari orang yang benar-benar mengerti hal-hal yang memang kamu ingin kuasai. Kalo kamu belajar masak tapi belajar nya sama montir yang ga bisa masak sama sekali pastinya ga akan bisa juga kan! Tapi kalo kamu mau belajar dengan orang yang ahli, yang benar-benar sudah mengerti hal-hal yang ingin kamu kuasai. Belajar juga dari orang-orang yang sudah terbukti melakukan hal yang memang ingin kamu  dapatkan dan juga ada track record nya. Pastinya pembelajaran kamu pun juga pasti akan jauh lebih cepat dan jauh lebih efektif. 

🌝 Yang ketiga, waktu yang benar 🌝

Belajar juga butuh yang namanya 'Waktu'. Nggak bisa semua dikebut dalam semalam. Walaupun emang sih ada istilah SKS (sistem kebut semalam) atau istilah the power of kepepet. Sama halnya dengan belajar, belajar juga butuh yang namanya waktu. Pikiran kita pun juga butuh jeda, untuk bisa mengolah dan mencerna semua hal yang ada. Karena sebenarnya nih, bahkan belajar itu harus dijadikan _"sebuah kebiasaan!"_ 

Sama seperti halnya analogi tentang mandi, ataupun gosok gigi nih, mungkin nggak sih kamu mandi selama satu jam, bahkan dua jam, habis itu kamu tidak mandi lagi selama satu bulan. Pasti rasanya risih,  pasti rasanya aneh banget, sama juga belajar pun juga harus seperti itu. Harus dijadikan *"HABBIT!"* 

Jangan sampai, "wah hari ini kan saya sudah belajar 10 jam terus terusan, habis itu tinggalin gitu aja deh, nggak belajar lagi!" Jadinya nggak akan efisien. 

Ingat, belajar itu sekali lagi harus dijadikan sebuah kebiasaan, sama seperti mandi, sama seperti gosok gigi. Sehingga bila ada hari di mana kamu nggak mandi, nggak gosok gigi, pasti kamu akan merasakan "aduh ada yang kurang ya, aduh kok ga enak ya", begitu juga dengan belajar, kalo itu sudah menjadi kebiasaan, sehari aja kamu nggak belajar pasti kamu akan merasa "aduh risih ya, kok ada yang kurang ya!" Karena sekali lagi semua itu sudah menjadi kebiasaan yang kamu lakukan setiap hari nya. 

🌨️ Keempat, cara yang benar🌨️

Setiap orang punya cara tersendiri bagaimana ia menyerap informasi secara efektif dan juga efisien. Kamu pun harus bisa mengenali, kamu termasuk tipe orang yang belajarnya seperti apa? Secara garis besar nih, ada 3 tipe orang 

1. Visual

2. Auditory

3. Kinestetik

Orang visual itu, biasanya mereka akan menangkap secara optimal, menyerap informasi yang dibaca ataupun dilihat.

Orang auditory, biasanya adalah orang yang lebih mudah menerima informasi melalui apapun yang ia dengar. 

Orang kinestetik biasanya adalah orang yang sangat senang dan juga cepat mengerti bila informasi itu diserap terlebih dahulu ataupun dicontohkan terlebih dahulu atau dia membayangkan orang lain untuk melakukan hal yang sedang dipelajarinya. 

Kalo kamu, termasuk yang mana nih?

Coba kenali diri kamu terlebih dahulu dan ketahui, cara belajar mana yang paling efektif untuk kamu sehingga kamu pun bisa menggunakan cara belajar dengan tepat.

🌥️ Kelima, lingkungan yang benar🌥️

Ada yang suka ketenangan dalam belajar, harus tenang banget, bahkan ada suara nyamuk lewat aja "waduh mengganggu konsentrasi." Tapi ada juga nih orang yang suka belajar dengan menggunakan musik, jadi saat belajar dia harus mendengarkan musik, mau itu musik klasik, musik pop atau bahkan musik rock. Bebas, apapun itu, yang paling penting adalah kamu tau mana yang membuat kamu bisa lebih efektif untuk belajar! 

Ada juga nih orang yang suka belajar nya sendirian, ada juga orang yang suka belajar secara berkelompok, "biar ada temen yang diajak diskusi katanya!" Boleh boleh aja, nggak ada salahnya, yang penting kamu sendiri tau. Dengan cara itu, pembelajaran kamu bisa efisien atau nggak. 

Dan yang paling penting apapun itu, pastikan kamu sudah berada dilingkungan yang positif. Karena dengan siapa kamu bergaul saat ini, itu akan mempengaruhi masa depan kamu.

MATERI WAJIB LKTahanan ng mga kuwento. Tumuklas ngayon