Study Tips II

4 1 0
                                    

Cara Stop Rasa Malas Belajar

Guys, sesekali rasa malas itu wajar, tapi kalo terus-terusan malesnya baru gak wajar. Dan ada beberapa penyebab berbeda tentang mengapa kita nih malas dan juga itu berbeda-beda pada setiap orang . Contohnya nih, ada malas karena cape, males karena ketergantungan hp, males karena gak ada motivasi dan lain sebagainya.

Nah, di sini aku udah rangkum beberapa solusi untuk setiap sebab rasa malas belajar kita. Baca baik-baik guys.

1). Yang pertama adalah buat kertas konsekuensi.

Ini tips buat kalian yang males karena gak peduli atau gak tau alasan kenapa kalian harus belajar. Caranya adalah dengan tulis konsekuensi kira-kira apa yang akan terjadi jika kita tidak belajar dan jika kita belajar. Jadi perbedaannya tuh keliatan jelas. Buatnya sesuai kreativitas masing-masing aja. Nah kadanf rasa takut dan cemas itu perlu biar kita ada rasa peduli sama tanggung jawab kita. Makanya dari itu agar kita takut kita tulis hal-hal buruk yang kemungkinan terjadi jika kita tidak belajar. Terus disebelahnya kita tulis hal-hal baru yang akan terjadi jika kita belajar. Kalo udah ditulis, tempel di dinding kamarmu atau di tempat kamu males-malesan. Jadi, setiap kali mau males-malesan tulisan di tembok itu ke baca. Semoga membuat kita sadar dan mendorong diri untuk belajar.

2). Yang kedua adalah buat goals dan study planner

Ini tips buat kalian yang males karena merasa banyak banget yang harus dipelajari jadi bingung harus mulai dari mana. Tips dari aku kalo mau nulis goals atau tujuan yang mau dicapai jangka nulis yang jangka panjang, susah dicapai dan yang gak bisa kita kontrol. Yang gak bisa dikontrol contohnya diterima universitas A, nah loh. Keterima atau nggak nya kan tergantung saingan kita nanti, ketentuan pihak kampusnya, kalo kita pake ini untuk goals kita, ya jelas kalo misalkan gak keterima atau gak terapai kita bakal kecewa. Lagian kalo goals kita terlalu tinggi atau terlalu susah dan gak realistis ada kemungkinan ujung-ujungnya kita akan putus asa sama goals nya dan malah tambah males. Ya lebih baik kita tulis yang berhubungan langsung sama diri kita sendiri, contohnya, selesaiin ngerangkum sebelum hari minggu, minimal baca buku dua jam sehari, dll. Itu goals yang buat diri kita sendiri. Itu goals goals kecil tapi kalo dilakuin hasilnya malah lebih besar. Itu tercapai atau nggaknya ada di tangan kita sendiri. Setelah buat goals, kita pake study planner kita biar belajarnya terjadwal.

3). Yang ketiga hilangin pilihan yang lebih asik

Tips yang ketiga ini untuk kalian yang malas belajar karena ketergantungan hp atau media sosial, karena belajar itu ngebosenin dan jenuh. Akhirnya gak bisa berhenti main hp. Biasanya itu terjadi karena kita bebas milih, karena rasanya belajar itu kayak bukan keharusan, ada buku tapi ada hp juga, ya jelas hp yang akan kita pilih karena itu yang lebih asik kan. Cara yang paling ampuh untuk nyelesain masalah ini ya dengan ilangin pilihan yang lebih asik, yaitu hp nya. Jadi mau gak mau kita belajar, insyaallah lama-lama jadi kebiasaan. Kalo kita suka terganggu gara-gara hp, minta orang tua buat nyita hp kamu dalam beberapa jam. Atau sembunyiin hp jauh-jauh biar kita mager ambilnya. Atau kalo emang butuh hp nya untuk searching kita hapus aplikasi yang selalu menjadi pengganggu kita dalam belajar, contohnya instagram, favebook, wattpad, dll. Sadarlah, media sosial ingin mengambil duniamu, ingin menyita semua waktumu hingga kamu gak ada kesempatan untuk focus belajar dan meraih cita-cita.

Nah untuk membuat proses belajar kita lebih seru, kita bisa buat rangkuman yang lucu-lucu, pake alat tulis yang kita suka, menyiapkan makanan ringan di meja belajar, dan memakai teknik-teknik belajar yang berbeda.

4). Yang keempat janjian sama teman untuk belajar bersama

Ini tips untuk kalian yang gak bisa belajar sendiri, dan gak bisa berkomitmen untuk tetap lanjut belajar. Cari teman di kelas atau mungkin sahabat kita di kelas yang rajin belajar, ajakin dia untuk belajar bareng tapi online. Tapi yang ada di call nya Cuma dua orang aja, yaitu kita sama temen belajar kita. Soalnya kalo rame malah lebih susah untuk focus. Kalo kita belajar sendiri kan kadang kita ngantuk, ketiduran, main hp dan lain-lain. Nah makanya kita janjian sama temen belajar untuk sesekali ngecek atau nanya lagi belajar bagian mana atau masih belajar atau ngga, soalnya kalo kita tau ada yang ngawasin dijamin belajarnya akan lebih serius. Tapi inget, harus sepakat dulu kalo kita tidak akan obrolin hal lain selain belajar, kita juga bisa saling nanya kalo ada yang kurang ngerti, bagusnya belajar masing-masing dulu 30 menit tanpa bersuara. Terus istirahat 5 menit buat ngobrol-ngobrol tapi jangan sampe dipake buat main sosmed. Abis istirahat lanjut lagi belajar 30 menit, aku suka cara ini karena sambil telponan kita bisa saling melihat waktu udah berapa lama callnya atau udah berapa lama belajarnya. Jadi tiap hari bisa nentuin mau belajar berapa jam sesuai yang biasa dilakuin.

MATERI WAJIB LKOnde as histórias ganham vida. Descobre agora