part 4

22 1 0
                                    

Vote sebelum baca

TARBIYAH ABUYA SAYYID MUHAMMAD AL-MALIKI TERHADAP PUTRANYA

Suatu hari, Abuya Sayyid Muhammad pernah memarahi putranya yang bernama Sayyid Alawi Muhammad Al-Maliki ketika hendak pamit berangkat sekolah SD (perumpamaan tingkatan sekolah di Indonesia) dengan membawa buku tulis.

Abuya melihat buku tulis yang dibawa oleh Sayyid Alawi Muhammad Al-Maliki, kemudian menatap tulisan yang terpampang di sampul buku tulis tersebut. "Assayyid Alawi"  demikian bunyi tulisannya. Abuya langsung mencoret lafadz "Assayyid" seraya berkata, "Jangan gunakan gelar Sayyid sekarang, nanti saja kalau kamu sudah mengajar dan berdakwah."

Usai mencoret, Abuya bergegas menelpon salah satu guru yang mengajar di sekolah Sayyid Alawi --guru tersebut masih santrinya Abuya-- begitu telpon diangkat Abuya langsung memarahi guru itu, "Mulai sekarang kamu jangan memanggil Alawi dengan "Sayyid" panggil saja "Alawi", biar dia belajar dulu karena belum waktunya memakai gelar Sayyid. Kamu lihat si Fulan bin Fulan ...! (Abuya menyinggung seorang anak Ulama besar yang ketika itu kurang beradab akibat sejak kecilnya diagung-agungkan oleh santri-santri ayahnya sehingga ia tidak pernah mengalami khidmah dan menjadi sombong)".

Demikianlah, salah satu cara Abuya mendidik putra-putranya agar belajar mandiri dan tidak mengandalkan orangtua termasuk mengandalkan nasab dalam hal apapun.
.
Masya Allah 😍
Abuya Sayyid Muhammad ❤❤❤

Sumber: "Sang Imam" KH. Ali Badri

Kisah Abuya As-Sayyid Muhammad bin Alawy Al-Maliki Al-Hasani❤Dove le storie prendono vita. Scoprilo ora