𝐃𝐚𝐲 𝟏𝟗 | 𝐀𝐧𝐢𝐦𝐞 𝐇𝐚𝐭𝐞 𝐒𝐩𝐞𝐞𝐜𝐡

258 21 8
                                    

𝐃𝐚𝐲 𝟏𝟗 : 𝐑𝐞𝐚𝐜𝐭 𝐭𝐨 𝐚𝐧𝐢𝐦𝐞 𝐡𝐚𝐭𝐞 𝐬𝐩𝐞𝐞𝐜𝐡

𝐒𝐩𝐨𝐢𝐥𝐞𝐫 𝐫𝐚𝐭𝐞 : ★

•••

Sudah jelas aku bakal kesel banget kalau ada orang yang hate speech tentang kesukaanku—anime. Maksudku, aku suka anime dan nggak ngeganggu mereka, kenapa mereka sibuk?

Yah, yang namanya haters memang selalu ada. Bukan cuman haters nya anime, kayaknya semua yang ada di dunia ini punya haters deh.

Kalau menurutku,  hate speech itu muncul dari perasaan kurang menghargai orang lain, mereka kayak nggak tenang kalau ngeliat orang lain ngelakuin sesuatu diluar apa yang mereka suka atau apa yang biasa mereka lihat. yup, toleransinya kurang.

Aku juga punya beberapa pengalaman ngadapin hate speech nya anime. Dan beberapa itu di dunia nyata—dari teman-temanku malah. Mereka lupa yak kalau aku ini suka anime? Mana ngomongnya pas ada aku lagi, eh daripada ngomong di belakang, tapi kan:((

Nyebelin banget ih, pengen ngamok tapi it's not cool. Soalnya biasanya orang-orang yang hate speech itu cuman pengen mancing emosi kita aja, pas kita udah emosi sambil ngeluarin kata-kata yang perlu disensor, di situlah mereka senang. Aduh, ini suudzon yah?

D

ilihat juga apa yang kita lakuin sih, kalau misalnya kita lagi rebahan santuy eh tiba-tiba direcokin pasti kesal yah. Tapi beda cerita kalau yang dilakuin itu sesuatu yang 'woah', yang nyenggol norma-norma masyarakat, nggak heran sih kalau yang kek gitu kena hate speech, mana netizen indo kalau komentar suka bikin bergetar:>

Terus nih gais, kadang aku suka agak kesal gitu kalau dibilangin wibu. Mungkin kalau di Indonesia itu cuman sekedar ucapan biasa, tapi makan sebenarnya kan nggak sesederhana itu. Aku suka anime tapi nggak se-fanatik itu, walaupun kadang suka halu ehe.

Kadang aku berusaha jelasin kalau  nggak semua orang yang suka anime itu termasuk otaku dan wibu. Beberapa ada yang paham, tapi ada juga yang tetep batu kalau dibilangin:>

Walaupun sebenarnya emosi banget tapi musti berusaha ditahan biar masalahnya nggak meluap kek air bah. Kan ngga lucu dipanggil di BK gara-gara berkelahi karena panggilan wibu.

Mereka nggak takut yah sama konsep Karma? Tau-tau sekarang mereka hate speech ke anime, eh beberapa waktu ke depan mereka malah jadi suka sama anime. Kalau hate speech nya udah terkenal ke mana-mana kan jadi rempong sendiri.

Pokonya orang-orang yang hate speech itu gemesin bgt, jadi pengen nyubit ginjalnya♡

Terakhir, sebagai pengingat buat aku dan kalian yang juga nggak suka sama hate speech. Kita musti paham konsep "Jangan perlakukan seseorang dengan perlakuan yang tidak ingin kita alami". So, jangan hate speech kesukaan orang lain kalau kita nggak pengen kesukaan kita di hate speech sama orang lain.

Kalaupun kita udah berusaha bersabar tapi ada aja orang yang nyebelin, ingetin aja kalau misalnya dia salah. Terus kalau nggak mempan, tinggalin euy. Ngapain ngurusin orang yang bisanya bikin emosi doang? Kalau nggak ada yang merhatiin dia bakal capek sendiri.

Itu aja, ayok kita jadi orang yang anti hate speech—hate speech(〃^ω^〃)

[19/30]
[19.05.20]

𝟑𝟎 𝐝𝐚𝐲𝐬 𝐚𝐧𝐢𝐦𝐞 𝐜𝐡𝐚𝐥𝐥𝐞𝐧𝐠𝐞 ✔Where stories live. Discover now