Make a Dazzling Tittle

936 116 29
                                    

Judul adalah nama yang dipakai untuk buku, bab dalam buku, kepala berita, dan tulisan lainnya

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Judul adalah nama yang dipakai untuk buku, bab dalam buku, kepala berita, dan tulisan lainnya. Judul merupakan identitas, cerminan isi tulisan, atau jiwa dari karya tersebut. Judul harus menjelaskan isi dari cerita tanpa membocorkam hal-hal penting di dalam cerita itu.

Di Wattpad, judul "Cool Boy" atau "Ice Prince" ini sudah banyak sekali. Tapi, karena suka, orang-orang terus memakainya. Hal ini sebenarnya bukan hal yang bagus. Hal ini malah membuat pembaca jadi bingung, merasa bukumu kehilangan identitas kekhasan yang berbeda dengan buku lain. Apalagu kalau pembacamu googling judul bukunya. Wah... bisa bingung dia.

Bees, judul buku itu memiliki kekuatan yang luar biasa, lho. Jika kita mendapatkan judul yang bagus, dari judul aja orang akan tertarik untuk membeli buku kita. Namun, kalau judulnya nggak bagus, biar ceritanya bagus, orang bakal sangsi.

"Ah, judulnya saja nggak meyakinkan gini, apalagi isinya."

Padahal belum tentu. Bisa saja isinya malah bagus banget.

Judul Rooftop Buddies kan dulu Suicide Buddies. Karena kondisi sosial di Indonesia yang agak anti dengan suicide, maka editor menyarankan untuk ganti judul. Kami berdiskusi lama sekali sampai saya bertanya ke teman-teman di grup penulis senior tentang judul yang bagus. VOILA! Dari sekian banyak masukan judu; Rooftop Buddies ini terpilih menjadi judul bukunya.

Sepenting ini lho judul itu.

Pertimbangan selera pembaca juga sangat diperhitungkan dalam pembuatan judul. Di setiap platform juga memiliki selera yang berbeda mengenai judul. Di wattpad misalkan pembacanya lebih suka kalau judulnya tentang pernikahan. Marriage-marriage gitu biar bisa masukin adegan nana-nina. Hihihi...

Kalau kalian masuk ke platform lain, ganti dong judulnya jadi yang lebih diterima oleh pembaca di platform tersebut. Ada platform yang suka judul yang menjurus ke esek-esek, ada juga yang suka judul kekoreaan. Selain bergantung sama selera pembaca, juga bergantung pada branding platform tersebut. So, sebelum nulis di sebuah platform, kalian pelajari dulu ya.

Sekalipun teman-teman hanya membuat cerpen, buatlah judul yang kuat agar karya kalian menjadi karya yang diingat. Bangga dong kalau di antara puluhan cerpen, ternyata judul kalian yang sukses mencuri hati pembaca?

Judul ini juga menjadi penyaring awal pembacanya. Kalau judulnya bahasa Indonesia dengan diksi yang kuat, maka pembacanya juga pasti kebanyakan dari penikmat sastra karena yakin isinya adalah sastra dengan kalimat puitis yang cakep.

Kalau judulnya bahasa Inggris, jelas pembaca yang merapat adalah pembaca muda yang menyukai fiksi populer dan lebih modern.

Kalau judulnya bahasa Indonesia yang ringan, pembacanya juga biasanya berekspektasi isinya adalah cerita dengan bahasa Indonesia yang baik dan mudah dinikmati.

Nah, sudah tahu kan perbedaannya?

Jadi, jangan mencerca "Ih, ini judulnya kok bahasa Inggris mulu? Nggak cinta bahasa Indonesia?"
atau
"Ih, judulnya bahasa daerah. Mesti ini nggak bisa bahasa Indonesia yang baik dan benar."
Atau
"Loh, zaman modern gini kok pakai judul bahasa Indonesia panjang banget gitu, sih?"

HOW TO BE BESTSELLER AUTHOR (On Going)Where stories live. Discover now