Kelas Umum: Genre Misteri dan Thriller

1K 114 3
                                    

Kelas Umum HMT The WWG
Jumat, 12 April 2019

Pemateri: andhyrama
Pembahasan : Genre Misteri dan Thriller

° ° ° ° ° ° ° ° ° ° ° ° ° ° °

A. Perkenalan Pemateri

Selamat malam untuk saya sendiri!
Saya Andhyrama, biasa dipanggil Sayang.
Umur pernah 14, sekarang sedang duduk. Terima kasih.

B. Materi

1. Apa itu Misteri dan Apa itu Thriller?

Misteri adalah sebuah genre yang mana pembaca sudah diberikan sebuah kasus seperti pembunuhan, penculikan, dan lainnya. Sepanjang cerita, kalian akan dibawa untuk menemukan jawaban dari kasus itu, siapa pembunuhnya atau siapa penculiknya, kenapa kejadian itu bisa terjadi?

Sedangkan Thriller adalah suatu genre yang mana pembaca akan digiring untuk menuju ke sebuah "bencana" besar.

Perbedaan mendasar dari dua genre ini adalah tentang peletakan kasus. Namun, sekarang kedua genre itu hampir disamakan karena sebuah cerita Misteri pasti memiliki Thriller begitu juga sebaliknya.

Bencana besar yang dimaksud juga bisa berarti pembunuhan, atau bisa juga pengeboman. Intinya kalau cerita Thriller kita akan dibuat tegang karena kita tahu akan ada bencana yang mengintai para tokoh-tokohnya.

Peletakan Thriller pada Misteri biasanya saat terjadi pembunuhan pertama, orang-orang mulai was-was siapa tahu ada pembunuhan kedua.

Peletakan Misteri dalam Thriller misalnya kasusnya udah terjadi di tengah-tengah, para tokoh tinggal mencari pelakunya atau mencari kenapa bencana itu bisa terjadi. Jadi itu kenapa dua genre itu sulit dipisahkan.

Kita lanjut ke pemaparan kedua yaitu hal-hal paling esensial di cerita Misteri dan Thriller.

2. Hal-hal Paling Esensial di Cerita Misteri dan Thriller

Ada lima hal yang harus diperhatikan ketika kita menulis cerita bergenre Misteri ataupun Thriller

*Characters
Karakter dalam cerita misteri haruslah unik, karena pembaca harus bisa membedakan setiap karakter entah itu based on personality-nya, kebiasaanya, atau look-nya. Ini sangat penting, karena sebuah cerita misteri akan menebarkan clue, dan clue itu pasti akan merujuk pada karakter kita.

*Setting
Ya, tempat dan waktu adalah bagian yang tidak bisa dilepaskan dari penulisan cerita misteri. Karena jika hal-hal semacam ini tidak penulis ketahui secara detail, akan memunculkan kemungkinan adanya plot hole.

*Plot
Plot yang sistematis sangat diperlukan, kita tidak bisa menulis cerita misteri dengan plot yang asal-asalan. Karena saat kita melempar clue, kita harus sadar plot kita. Apakah clue ini sudah pantas diturunkan sekarang, atau di bagian berikutnya?

*Problem
Cerita Misteri dan Thriller itu biasanya rumit? Why? Karena jawabannya singkat. Misal pembaca hanya disuruh menebak siapa pembunuhnya, dan itu cuma satu. It's simple. Mereka asal tebak aja kemungkinan benar. But, when we reveal new problem to distract them, mereka akan mulai berpikir kembali atas tebakan mereka.

*Solution
Ya, ini adalah hal penting terakhir yang perlu diperhatikan. Solusi dari segala masalah yang sudah kita buat harus sudah disediakan.

Jurusan HMTK The WWGWhere stories live. Discover now