Sang Kyai 9

859 39 2
                                    


Setelah sholat subuh, aku membuat sketsa lukisan dinding, sambil menyelesaikan wirid. Dingin masih menusuk tulang, teman-temanku habis wirid subuh semua kembali ke dalam selimut sarung, kamarku terasa dingin apalagi ketika angin masuk dari sela-sela papan kayu dinding kamar, yang pemasangannya asal-asalan.

“Mas…! Gak nyarap?” suara Khanafi santri dari Cilacap, berdiri di pintu kamar.

“La kamu gak puasa to Fi?” tanyaku balik.

“Wah mutung kang,”

“Halah Fi… Fi… La gimana to, apa kamu mau terus di pondok nyampai tua? Masuk aja Fi, gak dikunci kok…” kataku sambil terus membuat sketsa gambar.

“Lagi bikin apa mas?” tanya Khanafi setelah masuk ke dalam kamar geladakku, yaitu kamar yang beralaskan papan kayu.

“Ah, ini Fi lagi bikin sket, buat lukisan di aula belakang, duduk, tunggu bentar, entar nyari sarapan bareng.” kataku.

Hari makin beranjak siang, dingin pun kian hilang, meninggalkan titik embun di rerumputan, suara burung ramai bercicit, menyambut matahari yang telah mulai menyembul dari puncak gunung Putri. Seakan dunia ini betapa damainya, tak ada problem, tak ada dendam iri dengki, tak ada pembunuhan, kematian hanya terjadi karena kewajaran, seperti daun yang berguguran, seperti matahari yang terbit kemudian tenggelam. Angin pun mengalir dengan kasih sayang, alam dan manusia seperti keselarasan yang saling melengkapi, tak ada kejahatan manusia, atau jin, tapi dunia di luar tak sesempit harapan setiap orang. Aku pun selesai membuat sketsa, ketika jam tangan butut telah menunjukkan jam 7 pagi.

“Ayolah Fi, kalau mau nyari sarapan…” kataku setelah selesai memberesi buku. Dan kami pun beranjak untuk pergi ke tempat nyari makan di warung bu Enur, biasa makan nasi uduk, tak mahal cuma 1500 sudah bisa mengganjal perut, plus teh pahit gratis.

Sebenarnya di warung bu Enur, sudah jadi rahasia umum, bahwa setiap pemuda yang datang bukan hanya yang dituju makannya tapi anak gadis bu Enur yang cantik, manis dan centil, itu juga tak ketinggalan si Khanafi, dan aku ujung-ujungnya juga ikut ngelirik. Ah memang syaitan paling gampang menularkan penyakit menular, yang paling mudah yaitu nafsu. Melewati got-got aliran darah, dan menghangatkan hati yang kasmaran dengan bisikan-bisikan menghanyutkan. Dan membumbui sesuatu yang sepele jadi besar, bahkan jadi gunung yang siap meletus. Karena jaraknya cuma seratus meteran dari pondok, maka kami berdua pun cepat sampai, tapi rupanya teman-temanku yang ku kira mendengkur di bawah selimut ternyata sudah pada nongkrong di warung, sembari menggoda Afifah, anak gadis bu Enur yang tak bosan-bosannya melempar senyum termanis.

“Oalah, kalian sudah pada di sini to?” tanyaku dijawab dengan cengengas-cengenges si Kolil, Udin, Tarsan, Majid, dan yang lain. Mereka tak segera beranjak padahal semua nasi di piring sudah tak ada sebijipun. Heran!

“Ah mbok ya gantian to!” kataku agak jengkel, karena kursi penuh sudah tak ada tempat duduk.

Teman-temanku pun segera beranjak, “Udah deh mas, dienak-enakin aja, ku tinggal dulu.” kata Udin mewakili yang lain. Aku dan Khanafi segera memesan nasi uduk, yang segera dibawa keluar oleh Afifah, biasa Khanafi pun mengeluarkan jurus menggoda,

“Aduh ini nasinya apa orangnya ya, yang baunya harum?”

“Ih mas Khanafi bisa aja…” jawab Afifah dengan nada kenes.

“Mas Ian, tolong dilukis Afif dong…” katanya manja sambil duduk di sebelahku.

“Kamu minta dilukis?”

“Heeh…”

“Emang kuat kamu musti duduk seharian?”

“Jangankan seharian, bertahun-tahun duduk di depan mas Ian pun aku kuat.” jawabnya makin kenes dan manja, wah bisa membuatku tak bisa tidur. Sementara Khanafi makin mbesengut melihat Afifah dekat di sampingku. Afifah memang cantik, wajahnya mirip Bunga Citra Lestari, malah mungkin lebih cantik, kecantikan yang alami tanpa polesan, sebenarnya beberapa hari yang lalu, ketika aku belanja sendiri ke warung bu Enur dan Afifah yang melayaniku membeli menanyaiku,

Penguasa Alam GhaibWhere stories live. Discover now