1

6.9K 344 58
                                    


Gue pernah jatuh cinta, dulu waktu gue tergila-gila sama Eka, suaminya Alby. Gue rasa itu bukan cinta, tapi obsesi. Gue sampe rela buat nyelakain orang lain biar gue bisa milikin Eka, tapi pada akhirnya gue gigit jari.

Bertahun-tahun gue belajar, belajar buat jaga perasaan gue. Gue gak mau nyoba jatuh cinta lagi, gue takut kalo gue jadi manusia jahat lagi. Jadi, gue lebih milih fokus sama kerjaan gue dan perusahaannya papa.

Tapi, fokus gue hilang, gue gak tahu kenapa, sesuatu dalam diri gue berubah waktu gue ketemu Irgi. Awalnya biasa aja, tapi entah kenapa semakin gue kenal Irgi semakin gue ngerasa ada sesuatu di dalam diri gue yang kayaknya selalu butuhin Irgi. Tapi, gue sadar perasaan Irgi masih buat orang lain dan gue gak tahu kapan dia bakal lupain perasaannya dia itu, walaupun sekarang gue sama dia udah mulai deket. Gue akuin gue deket sama Irgi karena gue harus urus Eza yang bolak balik ke psikiater dan papa yang juga mesti terapi karena strokenya. Gue bersyukur sih, Irgi mau peduli seenggaknya dia udah mau ngerekomendasiin beberapa dokter yang cukup kompeten buat papa sama Eza.

"Ada kemajuan?"

Gue noleh waktu Irgi duduk di samping gue.

"Belom, Eza masih gitu-gitu aja, masih sering ngelamun. Gue kasihan lihat dia kaya gini terus."

Tiba-tiba Irgi ngelus pundak gue, "udah satu tahun Eza terapi, tapi gak ada kemajuan sama sekali. Capek gue,"
Entah kenapa gue selalu jujur tiap kali ngobrol berdua sama Irgi.

"Dia selalu bilang, kalo dia butuh dokter yang bukan cuma ngasih obat, tapi dokter yang mau dengerin dia dan ngertiin dia. Dia ngerasa kalo dia itu gak sakit, gak ada yang salah sama dia."

Gue gak peduli kalo sekarang Irgi ngerasa gue lagi ngerengek sama dia.

"Kamu udah makan siang?"

Gue noleh waktu Irgi tanyain itu ke gue. Jujur, gue kadang gak sempet buat mikirin diri gue sendiri. Gue cuma gelengin kepala ke Irgi buat jawab pertanyaan dia.

"Ini udah jam dua dan kamu belum makan siang, ayo ikut aku ke kantin, ada soto ayam enak di sana. Kamu bisa kan, makan soto ayam?"

Irgi narik lengan gue, terus jalan lewatin lorong rumah sakit sambil terus pegangin tangan gue, padahal waktu itu banyak orang di sana.

* * *

Setahun setelah kepergian Aldy, semuanya bener-bener berubah. Eza, Irgi dan keluarga om Faris, pun. Gue sendiri hampir gila, ngadepin Eza yang gak pernah terima atas kematian Aldy. Setiap hari yang dia lakuin cuma ngunci diri di kamar, nyalahin dirinya sendiri. Entah udah berapa kali dia ganti psikiater cuma buat sekedar balikin kesadarannya.

Dan untungnya waktu itu, Irgi bantu gue. Meskipun gue tahu Irgi juga ngerasa kehilangan banget atas kepergian Aldy.

"Elo gak makan?"

Irgi bawa nampan yang isinya semangkok soto ayam sama nasi dan naroh itu di depan gue.

"Dokter punya jam makan yang tepat waktu," dia senyum abis ngomong gitu.

Irgi ngambil sendok yang dibungkus pake tisu terus ngelapin sendok itu pake tisu lain yang dia ambil dari kotak tisu.

Semenjak Eza sama Papa sakit, gue jadi makin deket sama Irgi. Ya, walaupun kedekatan kami ini gak memiliki status. Dia gak pernah nyatain perasaannya ke gue, begitu pun sebaliknya, gue gak pernah ngomong apa-apa soal perasaan gue ke dia. Tapi, makin hari gue makin jatuh cinta sama dia, dia bener-bener kasih kenyamanan buat gue, perhatian dia, kepeduliannya dia, selalu ngerasa kalo gue ini makhluk yang penting di dunia ini.

"Enak?"

Gue lihatin dia bentar terus ngangguk pelan sambil nyuapin nasi yang udah basah pake kuah soto.

Who Feels Love?Where stories live. Discover now