#1 Know Yourself

20 1 0
                                    

  "When you start loving yourself and respecting your time and energy, things will change. Get to know your worth, and your value will go up." 

Germany Kent  




Hal pertama yang wajib, kudu, dan harus temen-temen lakukan adalah ketahui diri sendiri dulu. Banyak yang mengaku siswa, pelajar, tapi kelakuan mereka tidak mencerminkan pelajar. Mereka sebagai pelajar tugasnya belajar, tapi main. Disuruh sekolah, malah berangkat sekolah sampe sekolah kabur ke mall. Hehe hayo ngaku..

Nggak gitu juga kok. Pelajar tugasnya bukan belajar terus-terusan kayak pekerja rodi yang di suruh kerja siang-malam non-stop. Pelajar juga butuh hiburan, ya kan? Cuman di sini kedewasaan temen-temen dibutuhkan. Gimana cara temen-temen buat bisa ngatur proporsi antara belajar sama bermain itu bisa seimbang. Seimbang bukan berarti sama, ya. Pertama ketahui perbedaannya aja. Kalo belajar itu tugas utama dan menjadi prioritas, maka jalan-jalan itu bonus extra time yang buat ngilangin suntuk temen-temen pas belajar. Ibarat makan, nasi itu penting, sambel juga butuh. Kalo proporsi sambel disamakan sama nasi ya bahaya ya. Jadi harus disesuaikan.

Nah, mengetahui diri sendiri di sini melipiti macem-macem. Pertama, ketahui kewajiban temen-temen dulu apa. Kewajiban temen-temen adalah menuntut ilmu, mumpung masih sekolah, serap ilmu sebanyak-banyaknya yang temen-temen bisa. Aku udah kuliah saat ini, dan jujur aku nyesel kenapa dulu aku kurang maksimal dan masih males-malesan. Jadi keterusan sampai sekarang. Cuman belom telat sih menurutku hehe.

Kedua, kenali kelebihan dan kekurangan temen-temen. Kenapa penting? Karena dalam proses belajar temen-temen pasti ada yang namanya titik lemah yang di mana temen-temen udah nggak bisa maksain diri buat bekerja lebih jauh lagi. Butuh istirahat. Dan dalam proses itu juga temen-temen pasti punya kelebihan yang bisa dimanfaatkan sebagai energi untuk mempermudah proses belajar temen-temen.

Contoh nih, ya. Aku punya kelemahan kalo aku susah ngafal. Kalo di suruh belajar sejarah pasti aku lama hafalnya. Nah, di situ aku harus punya siasat buat ngatur strategi gimana caranya punya waktu lebih banyak buat ngafal itu. Berarti waktu buat kegiatan lain harus dipepetin kan. Nah, di sisi lain aku punya kelebihan menghitung rada cepet. Nah, jadi setelah aku mentok nggak bisa ngapalin materi lagi dan udah bebal, di ujian akan aku maksimalkan ke mata pelajaran yang banyak ngitungnya. Jadi saling melengkapi gitu.

Ketiga, kenali kesukaan temen-temen yang bisa mendongkrak semangat temen-temen buat belajar giat. Hal-hal kecil seperti buku catatan yang warna-warni, bolpen dengan tekstur tertentu yang bikin tulisan bagus, ada kan ya (kalo aku sih standard techno hehe) dan lagu-lagu bergenre tertentu mungkin bisa bikin mood belajar bisa lebih baik. Kalo aku sih dulu pas belajar harus sambil nonton drakor. Drakornya Pinocchio, jadi sampe apal aku lah pas ngerjain kimia sambil denger dialog Park Shin Hye apalagi kalo pas cegukan.

Nah, kesukaan di sini tidak melulu soal barang, ya. Bisa juga waktu tertentu atau suasana tertentu juga bisa menciptakan mood belajar yang baik. Contoh, pas hujan trus belajar ditemenin kopi atau teh, atau pas jam 2 malem abis tidur sampe abis subuh kayak aku juga boleh tuh. Pas sepi-sepi menurut beberapa orang biasanya bikin materi yang dipelajarin lebih cepet masuk. Juga termasuk tempat seperti di deket kolam atau di taman, dan makanan-makanan tertentu juga bisa loh buat mood belajar naik. Coba diinget-inget, makanan yang paling sering nemenin temen-temen belajar apa hayo?

Keempat dan mungkin yang terakhir, temen-temen harus tahu kapan temen-temen badmood buat belajar alias mendadak males. Sejalan dengan yang sebelumnya, kalau hal-hal yang bikin mood naik harus dicari dan dikejar atau diupayakan, maka hal-hal yang ngerusak mood emang bener-bener harus dijauhi ya temen-temen. Kenapa? Karena ada pepatah bilang, jalan uang itu ibarat corong. Corong tau kan? Nah, lubang yang besar itu jalan keluarnya uang sementara lubang satunya yang kecil itu ibarat jalan masuknya uang. Hal ini kalo dipikir-pikir, selaras banget antara uang sama mood. Jadi mood yang kondusif itu bener-bener harus dijaga. Jangan gampang badmood ya, kalo badmood cepet-cepet cari penawarnya!

Udah, sih. Itu dulu ya temen-temen. Intinya kenali diri temen-temen dulu sebelum melangkah ke yang lainnya. Semangat belajarnya ya temen-temen. Semoga kesuksesan dan keberuntungan selalu menyertai!


Regards,


Bitara Kama.





+62 341 // 27.09.2018 06:03 p.m.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Sep 27, 2018 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

99 THINGS YOU NEED TO DO AS A STUDENTTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang