Muhasabah Cinta Bagian Kelima.

20 2 0
                                    

Muhasabah Cinta

Karya; Tabarak A'Shine


Bagian Kelima:

Sobatku terkasih! 

Kamu tidak perlu berkhayal aneh untuk menjadi langit, matahari, awan putih, bulan, bintang, mutiara ataupun berlian. Cukup menjadi dirimu sendiri di tengah keramaian. Bersabar kala dilanda perihnya cobaan. Tersenyum manis sumringah, dan semangat kala kamu sering gagal mengejar impian!

Lalu, rajin memberi maaf kala banyak hujatan. Jadilah orang paling beriman. Di samping itu sifat tawadhu (rendah hati) dan zuhud (sederhana) harus ditingkatkan. Sebab takabur (sombong), riya (pamer) dan foya-foya (boros) dalam hal apapun adalah serangkaian langkah setan untuk menjerumuskan. Menyesatkan! Sehingga, cepat atau lambat akan pudar wujud taqwa dalam diri kita, maka kita dalam kemunduran. 

Tunjukkan konsisten di dalam pengamalan ibadah secara berkepanjangan! Kita contoh Rasul dengan akhlak terdepan. Keluhuran hatinya tidak ada yang mampu mengalahkan. Namun, beliau tidak pernah terbersit sombong di dalam hatinya, melainkan selalu ditemukan dalam keadaan taqwa illallah. Yaitu, taat kepada Allah. Tentu, jika ingin dirahmati Allah tanpa putus, maka ikutilah langkah Rasulullah! Dialah sebaik-baik manusia di dunia. Bahkan, seindah-indahnya manusia di surga. 

Kita jangan jadi asap yang mudah menghilang, karena tertiup angin. Tapi, jadilah karang yang berjiwa besar lagi senantiasa penyabar! Juga dia terlihat tegar. Karena, meski ada gulungan ombak besar di lautan, lalu terik matahari yang menyengat, mendengar limpahan kemarahan dari para bajak laut tak beriman di atas kapal akibat gagal mendapat harta karun atau gagal membajak kapal rival-nya, dan tersapu badai kencang menakutkan, namun tetap dia yang terbaik. Karena, tidak menyeret langkah si karang untuk setia men-dawamkan (menjaga) istigfar. Selalu menyebut asma-Nya dalam kehangatan jiwa. Menimbulkan kesyahduan. Hingga datang kecintaan Allah untuknya seorang.




Muhasabah Cinta. Karya; Tabarak A'Shine.Where stories live. Discover now