NOTE ! MAAF BANGET 〒▽〒

16.6K 463 71
                                    

SEBENERNYA GUE MAU NGASIH KEJUTAN SEKALI POST LANGSUNG ENDING. CUMA UDAH TERLANJUR ADA BAGIAN YANG KE POST DAN GUE TARIK :V

ヽ('□`。)ノ

(WAJIB BACA BAGIAN AKHIR)

GUE MINTA MAAF SEBESAR BESARNYA BUAT READERS JVD(ಥ_ಥ)

Tahun lalu gue sial banget udah lupa pass watty sama email, hape jadul yang selalu setia nyimpen draft cerita gue rusak dan nggak tertolong(T_T;)
5 bab draft JVD yang gue cicil lenyap gitu aja nggak kesimpen memory(╥_╥) iya itu emang salah gue yang terlalu nyaman nulis di hape yang menurut gue benda fleksibel yang gue punya.

Kalian pasti mikirnya "Ahh.. Alibi aja lu thor."

Gue emang nggak bisa ngeyakinin buat kalian percaya. Tapi gue ngomong apa adanya. Setelah berhasil login wattpad beberapa bulan yang lalu, gue blank. Bingung mau nulis apa. Setiap ngetik cerita di wattpad, selalu aja gue hapus terus berulang ulang karena 'feels'nya nggak dapet. Kena block writers itu menyebalkan.∪ˍ∪

Dan gue nggak berani ngasih penjelasan dan balasan komentar maupun tulisan yang ada didinding profil gue. Gue juga meringis liat puluhan inbox yang nanyain "Kapan update?" itu pertanyaan terhoror bagi gue yang udah ngegantung kalian 2 tahun lebih. Anggap aja gue pengecut. Gue terima semua makian atau perkataan kalian yang bakal nusuk nusuk gue

〒▽〒

Tapi gue nggak berhenti buat nyari ide, sampai hari H pernikahan gue kemaren, gue masih nyicil buat draft JVD di WPS Office hape gue yang baru.

Draftnya masih sedikit buat dijadiin bab lanjutan JVD. Gue kurang sempet nulis JVD dari awal tahun 2017 kemarin. Gue disibukin rutinitas kerja dan hal hal berbau dunia nyata yang nggak gue sebutin satu persatu. Intinya gue lagi ribet ribetnya mau nulis waktu itu. Terlebih, sebulan sebelum puasa kemarin, gue dilamar dan alhasil gue di sibukin soal pernikahan.

Mungkin cerita gue nggak penting, tapi gue cuma pengen kalian tau. Nggak ada sedikitpun niat buat ngegantung cerita ini sampe selama ini. Sampai sekarang gue masih debat sama suami gue. Dia bilang jangan terusin lagi nulisnya dan fokus ke kandungan gue yang masih muda banget. Rentan buat keguguran. Karena dia tau kalau gue nulis bisa sampe begadang.

Setelah nikah gue diminta berhenti kerja. Gue pikir itu bagus. Jadi banyak waktu luang buat nulis. Tapi ekspetasi sama realita beda banget. Meskipun gue banyak waktu luang buat nulis, apadaya kalau ide buat JVD belum muncul. Mungkin karena gue udah lama nggak nulis. Jadi feelnya nggak dapet.

Tapi tenang. JvD tetep gue lanjutin. Walau target tamatnya udah kelewat. Dari awal gue bikin JVD.gue berterimakasih banget buat readers setia gue. Gue berterimakasih sama masukan masukan kalian yang udah gue baca. Makasih banget buat komenan sopan sampai nyelekit ke hati buat gue♡

Maaf kalau tulisan gue nggak memenuhi standar kalian. Masih banyak typo dan bahasa yang berantakan. Gue masih penulis amatiran. Bukan penulis pro yang bukunya udah sampe rak buku.

Mumpung gue buat note kaya gini.

Sekalian aja gue bahas karakter DEA yang dipermasalahkan atas ucapanny dan perilakunya yang kebanyakan kalian beranggapan tidak sesuai umur dan tidak realistis.

Jadi gini, Anak kecil itu nggak tau apa yang lagi mereka omongin dan apa yang mereka lakuin. Sejujur jujurnya. Gambaran anak kecil di JVD adalah bentuk sindiran gue buat anak kecil zaman sekarang. Yang terkontaminasi akan ajaran disengaja maupun tidak disengaja oleh orang dewasa yang ada di sekitar mereka. Kalaupun bagi sebagian kalian menganggap karakter bocah 6 tahun tidak realistis. Apa gue harus memunculkan sosok DEA langsung di dunia nyata?

Coba kita ingat kembali. Daton yang selalu protes akan sifat DEA yang dia didik mandiri setelah bertemu dengan Rasti. Karakter Dea yang dewasa juga sepenuhnya Daton yang bertanggung jawab atas didikannya yang ingin puterinya mandiri karena tidak ada sosok seorang ibu.

Dan gue juga nggakk akan berani membuat karakter anak kecil seperti itu kalau belum menganalisa dan merisetnya langsung di lapangan.

Mungkin, anak seperti DEA sadar atau pun tidak sadar ada di sekeliling kita. Karakternya yang mungkin terlihat dewasa sebelum waktunya.

Sedikit bocoran, gue mengambil sebagian karakter murid didik les gue buat menggambarkan karakter Dea. Sebenarnya bukan anaknya yang salah. Lingkungannya yang buat dia seperti dewasa pada umurnya. Semacam beban tidak langsung yang diberikan orangtuanya.

Jadi, suka ataupun tidak suka kalian pada sosok DEA. Gue nggak akan merubah karakter DEA yang dari awal udah gue bangun. Dan gue berterimakasih kalau kalian menghargai gue sebagai penulis karakternya.

Dan bagi kalian yang bingung atas hubungan SALMA-BAYU-RASTI. Mereka itu sahabatan dari kecil. Bedanya, Salma sahabat zaman sekolah Rasti dan Bayu sahabat dia dari kecil karena orangtua mereka berteman.

Gimana bisa Rasti menikah dengan Bayu? Udah pernah di jelaskan di chapter sebelumnya kalau Bayu hanya menggantikan Aldo pada saat itu.

Salma-Bayu kok bisa tinggal di rumah Rasti padahal mereka punya rumah sendiri? Jadi gini, kalian harus belajar mengerti kalau mereka sahabatan bukan setahun dua tahun. Melainkan hampir belasan tahun bersama Salma dan seumur hidup bersama Bayu. Jadi wajar kalau mereka sering menginap di rumah Rasti yang notabene ibu Rasti masih jadi sahabat orangtua Bayu.

Bayu sebenernya kepsek apa dokter? Aslinya dia Dokter. Sekolahan SD itu sebenarnya punya bapaknya. Dikarenakan bapaknya Bayu sakit, Bayu menggantikan beliau untuk sementara waktu tapi tidak melalaikan tugasnya sebagai dokter.

Daton bahasanya labil. Aku-saya-gue. Sebenernya sih ini improvisasi aja. Tergantung sikon dia pake bahasa yang mana.

Ini ceritanya update setahun sekali? Nggak sih. Cuma kalau ada urusan di dunia nyata yang kepepet baru agak lama updatenya. Kalau kemarin karena insiden hape rusak dan draft gak tertolong. Jadi muter otak buat nyari ide lagi.

Itu beberapa pertanyaan yang sering gue liat di komentar. Mungkin gue akan jawab beberapa pertanyaan di komentar langsung *kalau sempet
Σ( ° △ °|||)︴

Intinya, gue minta maaf banget semaaf maafnya. Kalau sudah mengecewakan siapapun diantara kalian. Atau bahkan kalian semua. Dari upadate gue yang ngaret ini menyebabkan kalian lupa cerita sampai harus baca dari ulang.(╥_╥)(╥_╥)

Janda Vs Duda Where stories live. Discover now