Gereja nomor satu??

17 0 0
                                    

Sewaktu liburan Paskah, saya diharuskan kerja di terminal ferry. Ketika sedang istirahat makan siang dan mengantri untuk membeli burger, saya melihat sekelompok orang memakai kaos bertuliskan "Jesus saves". Mereka juga terlihat memberikan pamflet  kepada orang banyak yang berlalu lalang.

Setelah selesai mengantri, langsung saya menghampiri mereka dan memberikan mereka permen. Cuma satu orang yang menerima sedangkan yang lain memandangku dengan curiga...

Hati saya langsung deg...

"Lah mereka gak merasa orang lain juga curiga sama mereka bagi-bagiin pamflet? Kok mereka curiga sama saya??" begitu batin saya tetapi dengan wajah ramah saya tetap bertegur sapa dengan mereka sampai seorang lelaki tua yang rupanya menjadi pemimpin mereka menegur saya.

"Have you received Jesus as your savior?" tanyanya dan saya menjawab ya.

Kemudian saya diberondong dengan beberapa pertanyaan untuk memastikan bahwa saya sudah selamat. Nada dan intonasinya terdengar mengancam dan tidak ramah sehingga membuat saya heran dan langsung saja saya tanya...

"Which church are you from?" tanyaku

Kemudian mereka menjawab bahwa mereka adalah dari gereja baptis. Saya langsung heran karena setau saya gereja baptis adalah salah satu gereja yang baik. Ketika saya terus saja dicecar oleh pak tua yang menjadi pimpinan mereka langsung saja saya menjawab dengan tegas.

"I already have a church...dont waste your time on me!" jawabku sambil memberitahu asal dari gerejaku.

"What you are doing is not right!" kataku tetapi terus saja pak tua bertubi-tubi mencecarku sehingga membuatku sebal dan bete.

Langsung saja kuhardik dia dan mengatakan bahwa apa yang dilakukannya adalah kekeliruan...mana ada orang menginjili seperti dia....kasar, semena-mena dan menganggap gerejanya yang nomor satu!

Sambil berbicara aku menengok ke anak-anak muda yang menjadi anggota rombongannya. Kudapati beberapa dari mereka bersimpati kepadaku sedangkan yang lain sepertinya tidak acuh...Aku menghela nafas dan mengatakan sekali lagi...

"Whatever you are doing...make sure you do the right thing and do not embarassed God!!" kataku sambil melenggang pergi dan dijawab oleh ejekan orang itu...

"Why you are angry??? What kind of a christian are you??" katanya dengan nada sinis tetapi aku tidak meladeninya dan menganggapnya orang gila!!

Sedih rasanya melihat ada orang-orang yang menginjili di publik tetapi memiliki sikap dan perilaku seperti itu. Selain itu anggapan bahwa gerejanya adalah yang paling benar adalah sikap yang sangat arogan!!

Mereka menginjili orang bahkan mengintimidasi apakah sudah selamat??? Sekarang saya malah bertanya-tanya...apakah mereka benar-benar orang percaya??? Saya sendiri gak berani tanya apakah mereka sudah selamat karena itu urusan mereka pribadi dengan Tuhan.

Soal gereja nomor satu??

Menurutku tidak ada gereja yang sempurna karena itu sebagai sesama saudara seiman seharusnya kita bersahabat dan bergandengan tangan...tetapi sepertinya hal ini cuma sekedar angan-angan...

Aku tetap percaya di sorga nanti orang kristen tidak akan dikapling-kapling berdasarkan denominasi gerejanya melainkan berdasarkan iman mereka kepada Kristus!


Gado-gadoWhere stories live. Discover now